Sukses

Soal Harga Bapok di Pasar Palapa Riau, Mendag Zulhas: Terjangkau dan Dapat Belanja dengan Tenang

Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, ada beberapa harga komoditas yang turun misalnya, bawang merah dan ayam potong. Namun, ada sedikit kenaikan harga untuk komoditas beras premium. T

Liputan6.com, Pekanbaru Harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Palapa, Pekanbaru, Riau terpantau terjangkau. Demikian dikatakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. 

Saat memantau bapok di Pasar Palapa, Mendag Zulkifli mengatakan bahwa ketersediaan stok bapok harus banyak dan harga yang terkendali, pada Jumat (15/9). Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. 

Dalam kesempatan itu, turut hadir Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Sementara Mendag Zulkifli didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim serta Kepala Badan Kebijakan dan Perdagangan Kemendag Kasan.

"Dari hasil pantauan pagi ini di Pasar Palapa, harga bapok terjangkau, pasokan pun cukup. Jadi, Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu dapat berbelanja dengan tenang," ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, ada beberapa harga komoditas yang turun misalnya, bawang merah dan ayam potong. Namun, ada sedikit kenaikan harga untuk komoditas beras premium. Tetapi, lanjut Mendag Zulkifli Hasan, kenaikan harga tersebut sudah dimitigasi melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). "Beras naik sedikit. Untuk itu, saya minta Bulog segera melakukan operasi pasar," kata Mendag Zulkifli Hasan.

 

Berdasarkan pantauan hari ini di Pasar Palapa, tercatat harga komoditas yang stabil dibandingkan minggu lalu yaitu gula pasir Rp15.000/kg, minyak goreng curah Rp12.600-13.500/liter, daging ayam ras Rp31 ribu/kg, bawang putih honan Rp40 ribu/kg, Minyakita Rp14 ribu/liter, dan tepung terigu Rp12 ribu/kg.

Sedangkan harga komoditas yang turun misalnya cabe merah keriting turun 4% dari Rp50 ribu/kg menjadi Rp48 ribu/kg, cabe rawit merah turun 12,72% dari Rp55 ribu/kg menjadi Rp48 ribu/kg, serta bawang merah turun 9,09% dari Rp22 ribu/kg menjadi Rp20 ribu/kg.

Sementara itu, harga bapok yang naik adalah telur ayam ras naik 10,78% dari Rp28 ribu/kg menjadi Rp31 ribu/kg.

Selain memantau harga bapok, Mendag Zulkifli Hasan juga mengecek pembangunan di Pasar Palapa yang merupakan salah satu pasar yang mendapat bantuan revitalisasi dari Kementerian Perdagangan.

"Saya juga mengecek di sisi selatan pasar yang sedang direvitalisasi dengan luas 750 m² untuk 80 kios. Pembangunan pasar ini sedang ada di tahap penyelesaian pengecoran lantai dan pemasangan rangka baja. Revitalisasi pasar ini diperkirakan selesai pada akhir Oktober 2023," jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan, masih dalam kesempatan itu juga membagikan bantuan beras SPHP dengan total 1,5 ton kepada masyarakat melalui Satgas Bulog dengan harga Rp10.600/kg atau Rp53 ribu/kemasan 5kg (HET Wilayah 2 sebesar Rp11.500/kg atau Rp57 ribu/kemasan).

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini