Sukses

Deretan Kualitas dan Kepribadian Wanita Karier

Sosok wanita karier juga memiliki kepribadian dan kualitas yang dapat diperhatikan. Berikut sejumlah kepribadian, kualitas dan tipe wanita karier.

Liputan6.com, Jakarta - Wanita karier tidak hanya memiliki pelajaran untuk mengajari tentang bagaimana membentuk karier dengan cara terbaik. Namun, ada hal lain bagaimana menjalani hidup dengan caranya sendiri.

Berikut delapan kualitas dan kepribadian yang dimiliki wanita karier dikutuip dari laman wforwoman, ditulis Rabu (23/8/2023):

1.Punya kemauan keras

Perempuan yang berorientasi pada karier tidak mudah menyerah pada Impian dan aspirasinya. Mereka berkemauan keras dan bertekad mencapai apa yang diinginkan. Hal ini dinilai tidak hanya membantu kehidupan profesional, tapi juga meningkatkan kehidupan pribadi secara signifikan.

2.Membiarkan pilihan tetap terbuka

Wanita karier lebih suka membiarkan pilihan tetap terbuka. Tidak peduli seberapa situasi buruk yang dihadapi, mereka selalu simpan rencana cadangan untuk membantu menemukan jalan.

Dengan mempersiapkan rencana B harus selalu menjadi bagian dari rencana awal Anda, seperti yang dilakukan wanita yang berorientasi pada karier.

3.Fokus belajar ketimbang uang

Motif utama mereka mempelajari keterampilan baru dan menjadi individu yang berpengetahuan luas. Mereka percaya pada pertumbuhan terus menerus, dan menekankan pada pengembangan karier ketimbang hasilkan uang. Mereka suka ambil tantangan baru dan tidak menghindari untuk keluar dari zona nyaman.

4.Bertahan meski alami kegagalan

Perempuan yang didorong oleh karier menganggap kegagalan sebagai bagian dari proses pembelajarannya. Daripada terus terjebak di masa lalu dan terlalu memikirkan kegagalan masa lalu. Mereka fokus menjadikan masa kini dan masa depan lebih baik dengan membuat rencana yang baik.

Selain itu, mereka tidak membiarkan kegagalan masa lalu hentikan mereka dari mengambil risiko yang diperhitungkan dengan baik pada masa depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Beradaptasi hingga Berkomitmen

5.Beradaptasi terhadap perubahan

Perubahan adalah bagian penting dari kehidupan baik profesional, pribadi dan memahaminya dengan baik. Alih-alih takut, mereka menerimanya secara terbuka. Apapun besarnya perubahan, mereka hadapi tanpa rasa takut dan beradaptasi.

6.Pekerja keras

Mereka tetap mengerjakan pekerjaan baru dan proyek dengan dedikasi dan kerja kerasnya. Mereka berupaya membuat lancar hal tersebut.

7.Berkomitmen

Wanita karier juga menunjukkan komitmennya terhadap pekerjaan yang dilakukan. Mereka berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas dengan komitmen.

8. Mandiri

Meski mereka juga bergabung dalam tim, tetapi tidak suka bergantung pada seseorang melebihi batas tertentu. Mereka juga kadang ambil inisiatif dan menyelesaikan sesuatu.

3 dari 5 halaman

7 Tipe Wanita Karier

Dikutip dari laman Hakuhodo dalam laporan 21 September 2017 disebutkan sejumlah tipe wanita karier. Caree Woman Lab melakukan survei terhadap 900 wanita pekerja berusia 20 dan 30-an.

Hasil survei itu menyimpulkan subjek tertentu yakni sikap terhadap pekerjaan, konsumsi dan dapat diklasifikan dalam tujuh tipe yang masing-masing memiliki ciri tertentu. Berikut penjelasannya:

1.The Professional Type

Tipe ini spesialis membuat perbedaan dan mencakup 16,2 persen dari seluruh wanita karier. Mereka memiliki keinginan kuat untuk diandalkan dan dihargai oleh orang lain.

Kehidupan mereka berkisar pada pekerjaan. Berikut ciri-cirinya:

-Mereka sangat termotivasi dalam pekerjaan. Pekerjaan mereka adalah hobi dan kehidupannya.

-Mereka bijaksana. Saat berbelanja mereka memilih dengan mata kepala sendiri.

-Mereka ingin hubungan yang setara dengan pasangannya dan tidak terpaku pada pernikahan.

2.The gung-ho type

Tipe ini tanpa henti di setiap lini depan. Mereka masuk Perempuan yang optimistis dengan berupaya memenuhi dirinya di segala bidang baik profesional dan pribadi. Mereka sekitar 12,8 persen dari semua wanita karier.

Sosok ini termasuk perfeksionis untuk melakukan segalanya dengan sempurna tetapi tetap tidak puas. Berikut ciri-cirinya:

-Mereka berusaha sekuat tenaga baik di dalam dan luar pekerjaan. Mereka memiliki kehidupan cinta yang aktif dan seluruh kehidupan direncanakan.

-Mereka punya banyak kenalan dan berteman dengan siapa saja. Mereka selalu sibuk membuat koneksi.

-Mereka memanfaatkan segala bentuk media untuk kumpulkan informasi dan memanfaatkan sepenuhnya situs perbandingan belanja.

4 dari 5 halaman

The Showy Type hingga Tren Follower

3.The showy type

Tipe ini termasuk yang mencolok. Wanita yang mendambakan pekerjaan mencolok yang akan membuat mereka dikagumi orang lain dan membiarkan mereka menunjukkan kemampuannya. Mereka mempunyai kehidupan nyata di luar jaringan.

Mereka semangat mengunjungi tempat populer dan suka mengobrol dengan orang lain. Tipe ini mencapai 14,3 persen dari seluruh wanita karier. Berikut ciri-cirinya:

-Mereka percaya dalam mendapatkan banyak teman, bahkan yang biasa-biasa saja. Mereka bertukar informasi dan jaringan.

-Mereka fokus bersenang-senang sekarang dari pada di masa depan.

-Mereka peduli dengan apa yang modis dan trendi.

4.The Tren Follower

Tipe ini seorang pengikut tren. Perempuan yang sadar akan merek dan kurang berorientasi pada pekerjaan. Mereka juga punya tujuan mencari suami berstatus tinggi. Tipe ini mencakup 16,2 persen dari seluruh wanita karier.

Sosok ini tidak kenal kompromi dalam memilih pasangan dan tidak akan sia-siakan upaya mencapai tujuan tersebut. Berikut ciri-cirinya:

-Mereka peduli penampilan dalam pernikahan. Mereka juga menuntut calon suami dibandingkan tipe lainnya.

-Mereka tidak terlalu memikirkan sifat pekerjaan mereka dibandingkan prestise

-Mereka ingin menjadi populer di kalangan pria dan ingin semua orang menyukainya.

5 dari 5 halaman

The casual career woman hingga the oddball

5.The casual career woman

Tipe ini termasuk wanita karier yang biasa. Mereka hargai stabilitas dan mencari kebahagiaan biasa dalam jangkauan mereka. Tipe ini mencakup 9,9 persen dari semua wanita karier. Jumlah mereka relative sedikit. Berikut ciri-cirinya:

-Mereka memiliki tujuan agak konvensional untuk berhenti dari pekerjaannya suatu hari untuk menikah dan menjadi ibu rumah tangga. Bagi mereka, kebahagiaan seorang Perempuan terletak pada perkawinan.

-Mereka puas dengan beberapa teman dekat. Di media sosial, mereka bereaksi terhadap komentar dan unggahan orang lain dengan menyukainya ketimbang unggah sendiri.

-Mereka tidak suka belanja dengan boros. Namun, mereka nikmati tren terbaru dengan memanfaatkan hadiah dan barang murah.

6.The oddball

Tipe ini termasuk eksentrik. Perempuan yang ingin menikmati hal-hal favorit dengan kecepatan mereka sendiri dan tidak pedulikan fakta kalau mereka hanya bekerja demi mata pencaharian dan kepentingan mereka. Anggota tipe ini mencapi 12,1 persen dari seluruh wanita karier. Mereka tidak peduli pernikahan dan mode. Mereka punya jalan hidup sendiri dan tidak terlalu feminin. Berikut ciri-cirinya:

-Mereka melakukan berbagai hal dengan kecepatan mereka sendiri.

-Mereka cukup puas sendirian dan tak suka dibelenggu

-Mereka senang membeli barang bekas karena memilih hemat

-Mereka hanya bekerja untuk hasilkan uang dan utamakan kehidupan pribadinya.

7.The humdrum type

Tipe ini termasuk membosankan. Perempuan yang tidak pandai berkomunikasi dengan orang lain dan hanyut dalam dunia kecilnya. Mereka mengambil hal-hal dengan kecepatan mereka sendiri, pasif dan tidak ambisius. Tipe ini mencakup 18,4 persen dari total wanita karier. Berikut ciri-cirinya:

-Mereka suka bimbang

-Mereka belum begitu paham informasi dan pasif dalam konsumsi media

-Mereka ingin menikah, tetapi berhati-hati dan tidak pandai dalam berpetulang.

Tipe ini ditandai dengan ketidakpuasan terhadap keadaan mereka saat ini dan kurangnya ambisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.