Sukses

5 Tips Sederhana Menabung, Hentikan Kebiasaan Jajan hingga Setop Utang

Menabung menjadi salah satu alternatif yang disarankan untuk mengantisipasi krisis, baik dalam menghadapi lonjakan biaya hidup atau keperluan tak terduga lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah PHK massal dan potensi resesi, satu hal yang pasti, tidak ada kata terlambat untuk mulai menabung.

Di saat  ketidakpastian ekonomi global, menabung menjadi salah satu alternatif yang disarankan untuk mengantisipasi krisis, baik dalam menghadapi lonjakan biaya hidup atau keperluan tak terduga lainnya. 

Berikut adalah berbagai tips sederhana untuk menabung, dikutip dari laman Fortune, Rabu (19/7/2023) :

1. Pahami pemasukan dan pengeluaran Anda

Kemampuan Anda untuk menabung terkait dengan kesenjangan antara pendapatan dan pengeluaran Anda. Jika tidak ada celah, Anda mungkin mendapati diri Anda hidup dari gaji ke gaji atau mengandalkan kartu kredit untuk bertahan hidup.

"Di saat-saat seperti ini, lebih penting untuk memiliki kesadaran yang kuat tentang arus kas Anda. Anda harus memperhatikan untuk apa Anda membelanjakan uang dan berapa banyak yang Anda belanjakan," kata Gerald Grant III, perencana keuangan bersertifikat, seorang profesional keuangan di G Financial Group yang bekerja dalam aliansi dengan Equitable Advisors.

Misalnya, penghasilan bersih Anda adalah berapa banyak yang dapat Anda bawa pulang setelah pajak. Meskipun Anda mungkin mengira mendapatkan jumlah tertentu, melihat penghasilan setelah pajak memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang besaran uang yang sebenarnya harus digunakan.

Pengeluaran Anda mencakup semua hal yang Anda belanjakan, besar atau kecil.

Ini termasuk tiga pengeluaran besar, yaitu biaya rumah tangga, makanan, dan transportasi. Pengeluaran utama lainnya termasuk makan di luar, kopi, keanggotaan gym, layanan streaming, asuransi, langganan, dan banyak lagi.

2. Kurangi pengeluaran Anda

"Tindakan pertama untuk mengurangi pengeluaran Anda adalah dengan melacak pengeluaran Anda dan membaginya antara pengeluaran diskresioner dan non-diskresioner. Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba mengurangi pengeluaran Anda, ada hal-hal tertentu yang tidak akan pernah hilang sepenuhnya," jelas Grant.

"Anda harus makan, Anda harus memiliki tempat tinggal, Anda harus pergi ke dan dari tempat kerja, dan lainnya. Oleh karena itu, untuk menabung, Anda harus menghabiskan sebagian besar energi Anda untuk mencari cara untuk mengurangi pengeluaran yang lebih bisa Anda kendalikan," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tingkatkan Penghasilan Anda

Mengurangi pengeluaran adalah cara yang bagus untuk memulai penghematan, tetapi ada batasan untuk apa yang dapat Anda kurangi.

Pada titik tertentu, Anda mungkin telah berhemat di setiap area yang memungkinkan dan masih menemukan bahwa Anda tidak dapat memenuhi tujuan keuangan Anda.

Jika Anda telah mencapai batas berhemat atau hanya ingin lebih banyak ruang untuk bernapas dalam anggaran Anda, meningkatkan penghasilan Anda adalah kuncinya.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan penghasilan sebagai berikut :

Kerja freelance

Jika Anda memiliki keahlian khusus, seperti menulis, desain grafis, fotografi, desain situs web, dan lainnya, Anda dapat menggunakan kemampuan Anda untuk mendapatkan pekerjaan freelance.

Beriklan di media sosial dan promosikan layanan Anda.

Pekerjaan manggung

Tidak ada kekurangan peluang manggung jika Anda membutuhkan uang tunai segera. Anda dapat mengemudi menggunakan Uber atau Lyft, melakukan DoorDash, UberEats, atau Postmates, atau membeli bahan makanan menggunakan Instacart.

Pekerjaan paruh waktu

Anda dapat mencari pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan jadwal Anda seperti mengajar kelas kebugaran, layanan pelanggan, entri data, transkripsi, dan lainnya.

Negosiasikan gaji Anda

Cara terbaik untuk menghasilkan lebih banyak tanpa melakukan lebih banyak jam kerja adalah dengan menegosiasikan gaji Anda. Kumpulkan pencapaian dan hasil terukur Anda dan tetapkan waktu untuk mendiskusikan gaji Anda dan minta lebih banyak

3 dari 4 halaman

4. Otomatiskan Tabungan Anda

Mengingat untuk menabung dan bekerja keras untuk menabung bisa jadi sulit. Penangkal terbaik untuk masalah ini adalah menghemat uang melalui transfer otomatis dari rekening giro Anda ke rekening tabungan dan investasi/pensiun.

Dengan cara ini, dapat menghilangkan proses pemikiran internal dan dapat membantu Anda membangun kebiasaan menabung, tanpa banyak usaha.

Pastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari rekening tabungan Anda dengan memilih salah satu yang memberi Anda bunga.

"Dengan banyak rekening tabungan online yang membayar lebih dari 4 persen secara tahunan, pertimbangkan untuk memindahkan kelebihan tabungan dari lembaga keuangan yang membayar bunga jauh lebih sedikit," kata McCalla.

Atur jumlah yang Anda rasa nyaman untuk disisihkan secara otomatis

Tabungan otomatis bisa sangat ampuh, tetapi jika penghasilan Anda naik, saatnya mengatur ulang tabungan otomatis Anda.. Saat menghasilkan lebih banyak, Anda bisa jatuh ke gaya hidup merayap dan secara tidak sengaja membelanjakan lebih banyak.

Jadi, jika Anda menghasilkan lebih banyak, berkomitmenlah untuk menabung dan menginvestasikan persentase yang lebih tinggi dari pendapatan Anda.

Mempertahankan pengeluaran Anda saat ini atau meningkatkan persentase kecil dapat membantu Anda meningkatkan tingkat tabungan Anda.

4 dari 4 halaman

5. Kelola Utang Anda

Kewajiban utang bulanan dapat memengaruhi seberapa banyak Anda dapat menabung. Selain itu, utang berbunga tinggi seperti kartu kredit dapat tumbuh dengan cepat, sehingga sulit untuk membayar kembali.

Memfokuskan upaya Anda untuk melunasi hutang berbunga tinggi terlebih dahulu dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

Jika Anda memiliki saldo dan tingkat bunga yang tinggi pada kartu kredit Anda atau jenis hutang lainnya, Anda mungkin ingin melihat konsolidasi hutang.

"Dalam hal utang berbunga tinggi, semakin cepat Anda dapat melunasinya, semakin baik Anda dari waktu ke waktu," kata Grant.

"Orang-orang sering datang kepada saya untuk berinvestasi, sambil tetap membawa utang berbunga tinggi. Gagal menyadari bahwa jika hutang membebani Anda lebih dari investasi yang Anda hasilkan, lebih masuk akal untuk melunasi hutang sebelum melakukan investasi baru," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.