Sukses

Tugas Khusus Rosan Roeslani dari Erick Thohir: Urus Restrukturisasi BUMN Karya dan Kereta Cepat

Menteri BUMN Erick Thohir mengkonfirmasi bahwa Rosan Perkasa Roeslani akan diberi tugas sebagai Wakil Menteri atau Wamen BUMN II, menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang digeser menjadi Wamen BUMN I.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir mengkonfirmasi bahwa Rosan Perkasa Roeslani akan diberi tugas sebagai Wakil Menteri atau Wamen BUMN II. Rosan Roeslani menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang digeser menjadi Wamen BUMN I.

Erick Thohir mengapresiasi kinerja Tiko, panggilan akrab Kartika yang sudah membantunya mengurusi BUMN di sektor komunikasi hingga perbankan.

"Sekarang pak Tiko saya tugaskan jadi Wamen I berfokus di energi, pangan, pupuk, dan lain-lain. Untuk pak Rosan menggantikan pak Tiko di Wamen II, untuk fokus kepada industri perbankan dan lain-lain," ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Sejumlah tugas pun bakal diberikan kepada Rosan Roeslani, termasuk restrukturisasi BUMN karya dan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung yang berada di bawah koordinasi Wamen BUMN II.

"Ada beberapa kegiatan yang memang harus ditransisikan, seperti kereta cepat, restrukturisasi karya, karena memang ini sudah berjalan. Jangan sampai nanti ada pergantian justru nanti malah terhambat," pinta Erick.

Nanti malam, Erick mengatakan, dirinya bakal mengadakan rapat dengan jajaran Kementerian BUMN, Termasuk di antaranya Rosan dan Tiko.

"Kita marathon, untuk mendorong bahwa waktunya berjalan terus. Jadi bukan berarti ini pelantikan tenang-tenang. Jadi saya dorong, kita pastikan masing-masing Wamen kemudian deputi mengerti apa yang kita dorong untuk percepatan," tegasnya.

Meskipun ada pergeseran posisi, Erick tetap meminta Tiko untuk mendampingi Rosan di posisi barunya sebagai Wamen BUMN II. Sebab, ia tak ingin Rosan kewalahan dengan tuntutan atas tugas barunya.

"Kalau perbankan pak Rosan mah hatam. Proyek-proyek besar yang sekarang sedang restrukturisasi jangan tiba-tiba malah ter-delay karena ada alasan pergantian Wamen BUMN. Jadi pendampingan," kata Erick Thohir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Malang Melintang Jadi Pebisnis, Rosan Roeslani Bakal Bawa BUMN Jadi Pemain Global

Presiden Joko Widodo baru saja melantik Rosan Roeslani menjadi Wakil Menteri BUMN. Latar belakang Rosan Roeslani sebagai pebisnis dinilai jadi modal kuat kiprahnya membawa perusahaan pelat merah.

Pengamat BUMN Toto Pranoto mengungkapkan, Rosan Roeslani bisa mendorong BUMN dalam kemitraan global. Artinya, bisa membawa BUMN menjadi lebih mendunia lagi.

"Pengalaman wamen baru BUMN sebagai chairman KADIN dan dubes di AS mustinya bisa buka akses BUMN dalam kemitraan global," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (17/7/2023).

Aksi korporasi menjadikan BUMN berkelas dunia memang menjadi cita-cita Menteri BUMN Erick Thohir. Memiliki pengalaman yang sama, digadang jadi modal kuat mengejar target tersebut.

"Pengalaman dia sebagai businessman sekaligus ketua asosiasi kamar dagang mustinya bisa membantu yang bersangkutan (Rosan) dalam melakukan terobosan di corporate actions pada BUMN," tegasnya.

Rosan Roeslani Gantikan Pahala Nugraha Mansury

Diketahui, Rosan Roeslani resmi menggantikan Pahala Nugraha Mansury dari kursi Wamen BUMN. Meski belum jelas pos BUMN sektor mana yang bakal dimakhodai Rosan, Toto melihat peluang untuk pengembangan kedepannya.

Beberapa hal yang bisa dibidik menurutnya adalah menyelesaikan sejumlah tugas di sektor energi dan pangan. Mengingat, di kedua sektor ini BUMN punya porsi yang cukup bagus.

"Jadi sebaiknya Wamen BUMN fokus menyelesaikan PR dari Wamen lama Pahala Mansury, misal membawa IPO untuk Pertamina Hulu Energi, dan Pupuk Kaltim. Serta membawa investor strategis di bidang energi dan pangan untuk memperkuat BUMN di sektor tersebut," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Profil Rosan Roeslani

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Rosan Perkasa Roeslani untuk menduduki jabatan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Reshuffle Kabinet di Istana Negara, Senin (17/7/2023).

Sebelum jadi Wakil Menteri (Wamen) BUMN, pria kelahiran 31 Desember 1968 itu pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat pada 2021 hingga 2023. Rosan sempat menjabat Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Perbankan dan Finansial. Rosan Roeslani juga aktif dalam lingkup organisasi.

Mulai dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) hingga menjabat Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Perbankan dan Finansial. Puncaknya, Rosan terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021 pada 24 November 2025.

Kiprahnya sebagai pengusaha juga sempat dikenal sebagai salah satu pemilik klub sepakbola Inter Milan, bersama Erick Thohir dan Handy Soetedjo. Ketiganya sempat memiliki saham il Nerazzurri sebesar 70 persen. Sebelum terjun ke dunia bisnis, Rosan menempuh pendidikan Management, General Business and Finance di Oklahoma State University (Amerika Serikat/AS).

Ia juga meraih gelar MBA (Master of Business Administration) dan MA (Master of Arts) di Antwerp European University dengan predikat cumlaude. Rosan diketahui merupakan Chairman Grup Recapital. Mulanya, Rosan bersama dua sahabatnya, Sandiaga Uno dan Hasbi Hafani, Rosan mulai merintis usaha sebagai penasihat keuangan (financial advisors).

4 dari 4 halaman

Merintis Perusahaan

Mereka merintis perusahaan sejak 1996, hingga resmi berdiri pada 1997 dengan nama PT Republik Indonesia Funding. Krisis ekonomi yang menerpa Indonesia sejak akhir 1997 menuntut perusahaan-perusahaan nasional untuk mencari orang-orang yang mampu menyehatkan kembali perusahaan dan bisnis yang dikelola.

Kondisi itu rupanya menjadi berkah bagi perusahaan rintisan Rosan cs. Pada 2002, Indonesia Finance berganti nama menjadi Recapital. Dari sebuah perusahaan penasihat keuangan kecil, Recapital menjadi perusahaan terkemuka, dan kompeten dalam hal kerja sama strategis, manajemen aset keuangan dan investor.

Bisnis Recapital semakin luas dan menjangkau sektor-sektor lain seperti sektor pertambangan, infrastruktur, properti, hingga sektor media dan komunikasi.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.