Sukses

5 Kepribadian dalam Menghabiskan Uang, Kamu Masuk Mana?

Ciri-ciri kepribadian atau karakter mengenai uang dapat diklasifikasikan ke dalam kelompok-kelompok tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti hampir semua hal dalam hidup, respons Anda terhadap uang sebagian besar ditentukan oleh kepribadian Anda.

Tetapi apakah Anda sudah banyak memikirkan bagaimana Anda berperilaku sehubungan dengan keuangan dan bagaimana perilaku itu memengaruhi keuntungan Anda?

Memahami kepribadian uang Anda adalah langkah pertama yangakan membantu Anda membentuk pendekatan untuk membelanjakan, menabung, dan berinvestasi.

Mengutip laman Investopedia, Senin (17/7/2023) ciri-ciri kepribadian atau karakter mengenai uang dapat diklasifikasikan ke dalam kelompok-kelompok tertentu. Subjek ini telah dianalisis dalam berbagai cara, dan banyak orang dapat mengidentifikasi bagian dari beberapa profil kepribadian uang ini.

Kuncinya adalah menemukan tipe yang paling cocok dengan perilaku Anda. Profil utama adalah pembelanja besar, penabung, pembelanja, debitur, dan investor.

Berikut adalah 5 jenis kepribadian dalam menggunakan uang :

1. Pembelanja Besar

Pembelanja besar menyukai mobil bagus, gadget baru, dan pakaian bermerek.

Seseorang dengan tipe kepribadian pembelanja besar biasanya bukan pembeli barang murah; mereka kerap tampil modis dan selalu ingin membuat pernyataan. 

2. Penabung

Penabung adalah kebalikan dari pembelanja besar. Mereka mematikan lampu saat meninggalkan ruangan, menutup pintu lemari es dengan cepat agar tetap dingin, berbelanja hanya jika diperlukan, dan jarang melakukan pembelian dengan kartu kredit. Mereka umumnya juga hampir tidak pernah memiliki hutang.

Para penabung juga tidak peduli untuk mengikuti tren terkini, dan mereka mendapatkan lebih banyak kepuasan dari membaca minat pada laporan bank daripada memperoleh sesuatu yang baru. Mereka yang menabung pada dasarnya konservatif dan tidak mengambil risiko besar dengan investasi mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pembeli

Pembeli sering mengembangkan kepuasan emosional yang besar dari membelanjakan uang. Mereka tidak bisa menahan pengeluaran, bahkan jika itu untuk membeli barang yang tidak mereka butuhkan.

Mereka biasanya sadar akan kecanduan dan bahkan khawatir dengan hutang yang ditimbulkannya. Mereka mencari barang murah dan senang saat menemukannya.

Pembeli bervariasi dalam hal investasi. Ada beberapa berinvestasi secara teratur melalui rencana, dan bahkan mungkin ada yang menginvestasikan sebagian dari rejeki nomplok yang tiba-tiba, sementara yang lain melihat investasi sebagai sesuatu yang akan mereka dapatkan pada akhirnya.

4. Debitur

Debitur tidak mencoba membuat pernyataan dengan pengeluaran mereka, dan mereka tidak berbelanja untuk menghibur atau menghibur diri. Mereka tidak menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan uang mereka dan karena itu tidak memperhatikan apa yang mereka belanjakan dan ke mana mereka membelanjakannya.

Debitur umumnya membelanjakan lebih dari yang mereka hasilkan dan terlilit hutang tanpa banyak berpikir untuk berinvestasi. Demikian pula, mereka sering melewatkan memanfaatkan kecocokan perusahaan dalam rencana keuangan mereka.

3 dari 3 halaman

5. Investor

Investor sadar akan manfaat dari uang. Mereka memahami situasi keuangan mereka dan mencoba menggunakan uang mereka untuk bekerja.

Terlepas dari posisi keuangan mereka saat ini, investor cenderung mencari hari ketika investasi pasif akan memberikan penghasilan yang cukup untuk menutupi semua tagihan mereka. Tindakan mereka didorong oleh pengambilan keputusan yang hati-hati, dan investasi mereka mencerminkan kebutuhan untuk mengambil sejumlah risiko dalam mengejar tujuan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.