Sukses

BRI Bidik Transaksi Rp 1 Triliun dari Kartu Kredit Papercard

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI membidik ada transaksi sekitar Rp 1 triliun lewat kartu kredit terbarunya, Papercard

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI membidik ada transaksi sekitar Rp 1 triliun lewat kartu kredit terbarunya, Papercard. Bank pelat merah itu juga membidik ada ribuan kartu kredit yang bisa digunakan.

Perlu diketahui, Papercard adalah kartu kredit dengan segmen pelaku usaha UMKM atas kolaborasi dengan Paper.id, sebuah perusahaan rintisan sistem keuangan bisnis. Nantinya, pengguna jasa Paper.id yang bakal bisa menggunakan kartu kredit Papercard.

"Targetnya, ribuan kartu itu pasti dan minimal kita berharap kartu ini bisa dipakai transaksi minimal Rp 1 triliun lah ya," ujar Division Head of Card & Digital Lending Division BRI Dewi Andjarsari usai peluncuran, di Jakarta, Sabtu (15/7/2023).

Dewi menegaskan kartu kredit ini memang menyasar para UMKM. Proses transaksi dengan Papercard juga didukung oleh jaringan Visa. Sehingga penggunaannya bisa lebih luas.

"Jadi kartu ini memang kami desain khusus untuk UMKM khususnya yang ada didalam platform Paper," kata dia.

Ada sejumlah manfaat yang bisa didapat pemegang Papercard. Mulai dari cashback, transaksi secara cicilan, dan manfaat lainnya.

"Banyak banget (benefit) ada cashback, cicilan juga, jadi semaksimal mungkin yang kita berikan kepada customer Paper dan juga UMKM di Indonesia," ungkapnya.

Dewi meyakini, kartu kredit yang bisa digunakan untuk kepentingan bisnis dan pemilik bisnis sekaligus ini adalah yang pertama di Indonesia.

"Jadi kan selama ini kami hanya menerbitkan kartu-kartu untuk bisnis aja, lalu kartu-kartu untuk individual aja, tetapi pertama kalinya Bank BRI dan saya yakin juga ini di Indonesia kita menerbitkan kartu yang manfaatnya merupakan kombinasi yang bisa dinikmati di bisnisnya dan juga di individualnya," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Dapat Kartu Papercard

Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali menghadirkan kartu kredit baru yang menyasar segmen UMKM bernama Papercard. Lantas, bagaimana cara mendapatkannya?

Perlu diketahui, Papercard adalah kartu kredit hasil kolaborasi BRI dan Paper.id, sebuah usaha rintisan untuk sistem keuangan dalam menjalankan bisnis. Kartu kredit ini menyasar para pengguna jasa Paper.id.

Division Head of Card & Digital Lending Division BRI Dewi Andjarsari menjelaskan, syarat utama untuk mendapatkan kartu kredit Papercard ini adalah bergabung dengan Paper.id. Kemudian, perlu melakukan transaksi dalam jangka waktu tertentu.

Setelah itu, pelaku usaha tersebut bisa mulai mengajukan diri untuk bisa mendapatkan kartu kredit Papercard dari BRI.

"Bergabung di Paper, rajin bertransaksi di Paper, dan nanti selama minimal 6 bulan dulu, setelah itu nanti bisa langaung apply, di websitenya Paper, untuk mendapatkan Papercard ini," jelasnya dalam momen peluncuran Papercard, di Jakarta, Sabtu (15/7/2023).

Selanjutnya, ada proses lanjutan nantinya sebagaimana pengajuan kartu kredit pada umumnya.

Kendati begitu, Dewi menegaskan ada manfaat yang lebih besar ketika pelaku usaha UMKM memiliki Papercard. Misalnya, kartu kredit bisnis ini juga bisa digunakan oleh pemilik tak sebatas untuk kebutuhan bisnis.

"Perbedaannya seperti jangka waktu due date pembayaran, itu biasanya kalo yang kartu (kredit) individu cuma sampai 45 hari, karena ini untuk kebutuhan bisnis yang biasanya itu membutuhkan waktu yang lebih lama, maka ini bisa sampai 55 hari," terangnya.

 

3 dari 4 halaman

Luncurkan Kartu Kredit PAPERCARD

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggandeng startup PT Pakar Digital Global alias Paper.id untuk merilis kartu kredit baru. Kartu kredit yang menyasar pelaku usaha UMKM itu disebut PAPERCARD.

Kartu kredit ini juga didukung oleh Visa Indonesia guna memperluas akses transasinya. Kartu kredit ini memiliki berbagai manfaat untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, terutama pebisnis di Indonesia dalam melakukan digitalisasi pembayaran.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan, kerja sama penerbitan kartu kredit co-branding PAPERCARD ini merupakan dukungan berkelanjutan BRI dan Paper.id terhadap visi pemerintah meningkatkan inklusi keuangan.

“Inklusi keuangan salah satunya melalui transaksi nontunai, bertujuan mendukung pelaku UMKM untuk melakukan transformasi digital,” katanya dalam momen peluncuran di Plaza Indonesia, Jakarta, Sabtu (15/7/2023).

Handayani membidik adanya pertumbuhan transaksi lewat lartu kredit. Dia mencatat pertumbuhan bisnis Kartu Kredit BRI dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukkan tren yang positif.

 

4 dari 4 halaman

Transaksi Kartu Kredit Meningkat

Secara year on year, volume transaksi Kartu Kredit BRI telah tumbuh di atas 40 persen. BRI optimis di tahun ini bisa tumbuh lebih besar lagi. Salah satu strategi untuk mencapai pertumbuhan tersebut adalah dengan menerbitkan kartu kredit premium untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis.

Dengan PAPERCARD, kata Handayani, pebisnis dapat bertransaksi dan mengatur pengeluaran secara mudah kapan saja dan dimana saja di platform Paper.id. Produk ini didesain untuk menjawab kebutuhan pemilik bisnis yang menginginkan kemudahan di tiap proses dan merasakan manfaat yang bisa dinikmati dalam kegiatan bisnis sekaligus untuk pemiliknya juga, sesuai dengan tema yang diusung #ItsBusinessAndItsPersonal.

Selain itu, akses kontrol terhadap informasi transaksi juga real-time dan akurat. Pengguna PAPERCARD juga dapat menikmati cashback dan berbagai promo menarik dari Kartu Kredit BRI dan Visa. Adapun pengajuan hingga akses informasi dan mutasi transaksi PAPERCARD dapat dilakukan melalui aplikasi web Paper.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia.

    BRI

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit

  • Bank BRI