Sukses

Situs Web Hiburan Reddit PHK Puluhan Karyawan

Reddit mengatakan akan mengurangi perekrutan untuk sisa tahun ini menjadi sekitar 100 orang dari rencana awal 300 orang.

Liputan6.com, Jakarta Platform hiburan asal Amerika Serikat, Reddit mengungkapkan pihaknya melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sekitar 5 persen tenaga kerjanya, atau 90 karyawan.

PHK di Reddit menjadi babak terbaru dalam serangkaian pemangkasan karyawan di perusahaan teknologi di AS.

Melansir Channel News Asia, Rabu (7/6/2023) Reddit, yang dipisahkan dari konglomerat majalah Conde Nast pada tahun 2011, mengalami lonjakan daya tarik baru-baru ini karena popularitas WallStreetBets dan forum lain di platformnya yang telah menjadi tempat bagi investor ritel untuk berspekulasi mengenai saham.

Wall Street Journal adalah media yang pertama kali melaporkan kabar PHK di Reddit pada Selasa (6/6), mengutip pesan email yang dikirim ke karyawan dari Chief Executive Steve Huffman.

Huffman mengatakan perusahaan juga akan mengurangi perekrutan untuk sisa tahun ini menjadi sekitar 100 orang dari rencana awal 300 orang, menurut laporan WSJ.

Pada Desember 2021, Reddit secara rahasia mengajukan penawaran umum secara perdana dengan regulator sekuritas AS, setelahmenjadi tujuan utama para investor yang mengamati saham platform tersebut.

Seperti diketahui, perusahaan teknologi di AS termasuk Meta Platforms telah memangkas pekerjaan setelah merekrut secara besar besaran selama pandemi, karena industri bersiap menghadapi penurunan ekonomi.

Meta, pemilik Facebook, memangkas pekerjaan di seluruh unit bisnis dan operasinya bulan lalu, saat melakukan gelombang terakhir dari putaran PHK tiga bagian, yang pertama kali diumumkan pada bulan Maret untuk memangkas 10.000 posisi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spotify PHK 200 Karyawan di Unit Podcasting

Badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terjadi pada sekitar 200 karyawan unit podcasting di platform layanan musik digital, Spotify. 

Jumlah itu setara dengan 2 persen tenaga kerja Spotify secara global.

Dilansir dari CNN Business, Selasa (6/6/2023) dalam sebuah pernyataan tertulis, Spotify mengatakan telah membuat keputusan yang sulit tetapi perlu untuk membuat penataan kembali strategis dalam departemen podcastnya. 

Perombakan ini termasuk menggabungkan studio Parcast dan Gimlet Media.

"Kami memperluas upaya kemitraan kami dengan podcaster terkemuka dari seluruh dunia dengan pendekatan khusus yang dioptimalkan untuk setiap acara dan pembuat konten," demikian pernyataan VP Spotify, Sahar Elhabashi.

"Poros fundamental dari proposisi yang lebih seragam ini akan memungkinkan kami mendukung komunitas kreator dengan lebih baik," ungkapnya.

Ini adalah PHK putaran kedua Spotify di tahun ini. Pada bulan Januari 2023, Spotify memberhentikan sekitar 6 persen tenaga kerja globalnya  karena perlambatan belanja iklan.

"Seperti banyak pemimpin lainnya, saya berharap untuk mempertahankan angin kencang dari pandemi dan percaya bahwa bisnis global kami yang luas dan risiko yang lebih rendah terhadap dampak pelambatan iklan akan melindungi kami. Kalau dipikir-pikir, saya terlalu ambisius untuk berinvestasi sebelum pertumbuhan pendapatan kami," kata CEO Spotify Daniel Ek, saat itu.

 Salah satu eksekutif yang terdampak PHK saat itu adalah Dawn Ostroff, chief content officer, yang menandatangani sejumlah kesepakatan podcasting selama masa jabatannya yang singkat.

3 dari 3 halaman

Goldman Sachs Kembali Umumkan Bakal PHK 250 Karyawan

Goldman Sachs kembali mengumumkan akan mengurangi karyawan. Chief Operating Officer  Goldman Sachs John Waldron mengatakan,  perusahaan sekarang membuat putaran baru pengurangan karyawan yang “ditargetkan”. Goldman Sachs telah menjadi salah satu beberapa raksasa wall street yang memangkas pekerjaan di tengah kemerosotan kesepakatan.

Dikutip dari Yahoo Finance, ditulis Sabtu (3/6/2023), menurut sumber, Goldman Sachs akan melakukan 250 PHK dari sekitar 45.000 tenaga kerja. PHK itu ikuti putaran PHK yang terpisah pada Januari, ketika Goldman Sachs memangkas 3.200 pekerja dan PHK tambahan pada September lalu.

Saat berbicara di konferensi di New York pada Kamis, 1 Juni 2023, Waldron menuturkan, lingkungan yang cukup sulit bagi wall street sebagai alasan pemangkasan tenaga kerja yang akan membantu tujuan perseroan untuk kurangi USD 600 juta dari gaji.

Adapun pendapatan perdagangan Goldman Sachs turun 25 persen pada kuartal II 2023. “Kami lebih berhati-hati. Kami jalankan perusahaan lebih ketat,” ujar dia.

Saham Goldman Sachs turun 2,3 persen pada Kamis, 1 Juni 2023.

Persiapkan Kondisi yang Lebih BeratGoldman Sachs bukanlah satu-satunya perusahaan wall street yang alami pengurangan kesepakatan. Perlambatan ini sebagian besar didorong kenaikan bunga yang cepat, ketidakpastian ekonomi dan gejolak industri perbankan.

Selama kuartal I, sebagian bank besar yang beri konsultasi merger dan penjaminan emisi penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) alami penurunan pendapatan biaya.

Penurunan terbesar 26 persen milik Goldman Sachs, diikuti pemangkasan 25 persen di Citigroup, dan 20 persen di Bank of America. JPMorgan Chase mencatat penpatan perbankan investasi terpangkas 19 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini