Sukses

Berkat Ekspansi Pasar, Taspen Life Cetak Laba Bersih Rp 86,38 Miliar di 2022

Taspen Life konsisten membukukan laba bersih senilai Rp86,38 miliar pada 2022. Angka ini tumbuh sebesar 37,00% pada dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp63,06 miliar.

 

Liputan6.com, Jakarta Taspen Life konsisten membukukan laba bersih senilai Rp86,38 miliar pada 2022. Angka ini tumbuh sebesar 37,00% pada dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp63,06 miliar.

Kinerja keuangan Perusahaan tahun 2022 tersebut telah disahkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) yang telah diselenggarakan pada tanggal 31 Mei 2023.

“Taspen Life berkomitmen untuk terus memberikan performa kinerja yang baik dalam memberikan layanan yang profesional dan memenuhi kewajiban kepada peserta, senantiasa melakukan pengembangan teknologi, pengembangan produk yang tepat sasaran dan memberikan nilai tambah kepada peserta, dengan tentunya selalu mengutamakan prinsip kehati-hatian (Good Corporate Governance) untuk kepentingan seluruh peserta," ujar Direktur Utama Taspen Life Ibnu Hasyim, Senin (5/6/2023).

Kinerja baik Perusahaan tahun 2022 juga didasarkan atas capaian premi bruto sebesar Rp1,45 triliun atau naik 14,69% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp1,26 triliun.

Angka tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan total pendapatan premi industri yang mengalami penurunan sebesar 5,3%. Atas capaian peningkatan laba bersih, berdampak juga pada kenaikan total aset yang tumbuh dari tahun sebelumnya sebesar Rp6,02 triliun pada tahun 2021 menjadi sebesar Rp6,60 triliun pada tahun 2022 atau naik sebesar 9,63%.

Kondisi perusahaan dalam kondisi yang sehat juga tercermin pada rasio Risk Based Capital (RBC) tahun 2022 sebesar 209,67% yang meningkat dari RBC sebelumnya sebesar 175,37%.

Pertumbuhan kinerja Taspen Life di tahun 2022 tak lepas dari perluasan pangsa pasar, diversifikasi produk dan peningkatan layanan kepada peserta. Dengan pertumbuhan kinerja yang terus positif, diharapkan memberikan keyakinan dan kenyamanan bagi para peserta dalam mempercayakan pengelolaan asuransi kepada Taspen Life.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kinerja Positif

Konsistensi Taspen Life untuk mencapai kinerja yang terus positif secara berkelanjutan, tercermin juga pada capaian Triwulan I 2023, yang membukukan kinerja positif dengan capaian laba sebesar Rp20,62 miliar atau tumbuh sebesar 85,18% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp11,13 miliar.

Pendapatan premi bruto Perusahaan juga mengalami pertumbuhan sebesar 15,22% atau mencapai Rp341,17 miliar jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebear Rp296,11 miliar.

Sejalan dengan laju pendapatan Perusahaan, total aset Perusahaan per Maret 2023 mengalami kenaikan mencapai Rp6,89 triliun atau naik 17,77% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu Rp5,85 triliun. Pencapaian tersebut didukung juga oleh peningkatan hasil investasi Taspen Life yang naik 26,97% dari tahun sebelumnya sebesar Rp76,09 miliar menjadi Rp96,62 miliar pada tahun 2023.

Taspen Life merupakan anak perusahaan dari PT TASPEN (Persero) yang menawarkan beragam produk asuransi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mulai dari produk yang memberikan manfaat untuk perencanaan masa depan, proteksi diri dan produk kesehatan. Diharapkan dengan variasi produk yang dimiliki, Taspen Life dapat menjadi one stop solution untuk masyarakat Indonesia, khususnya ASN di seluruh Indonesia.

3 dari 4 halaman

Asik, Taspen Cairkan Gaji ke-13 Pensiunan PNS Juni 2023

Sebelumnya, PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN tengah bersiap untuk menyalurkan dana gaji ke-13 pada Juni 2023 mendatang. Perusahaan memastikan pencairan dana akan berjalan sesuai jadwal.

Informasi, penyaluran gaji ke-13 tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 39 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2023 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Corporate Secretary TASPEN Mardiyani Pasaribu mengatakan pihaknya bakal mengikuti aturan yang sudah dikeluarkan tersebut. Merujuk Pasal 12 Ayat (1) beleid itu pemberian manfaat gaji ketiga belas kepada peserta paling cepat dilakukan pada Juni 2023.

"Maka dari itu sebagai bentuk komitmen TASPEN kepada peserta, proses pembayaran gaji ketiga belas akan dilaksanakan sesuai ketentuan karena merupakan kewajiban dalam penyaluran manfaat Program Pensiun," kata dia dalam keterangannya, Rabu (10/5/2023).

Marsiyani menjelaskan, pembayaran gaji ketiga belas kepada peserta Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan tahun 2023 dilaksanakan secara otomatis oleh TASPEN sehingga tidak memerlukan pengajuan persyaratan dari Peserta.

"Kewajiban peserta pensiun adalah melakukan proses verifikasi dan autentikasi secara mandiri melalui Aplikasi Taspen Otentikasi pada smartphone," ujarnya.

Hal ini perlu dilakukan sebagai proses validasi identitas peserta TASPEN secara sistem untuk meningkatkan kemananan dan kemudahan klaim manfaat para peserta TASPEN. Proses ini berkaitan dengan kombinasi penggunaan username dan password, fingerprint, retina scan, tanda tangan, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Program Taspen

Informasi, sebagai pengelola Program Jaminan Sosial, TASPEN memiliki beragam program yang bermanfaat bagi para peserta aktif dan pensiunan. Antara lain Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Program Jaminan Kematian (JKM).

Secara khusus, Program Pensiun adalah program yang memberikan penghasilan kepada penerima pensiun setiap bulan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa-jasa pegawai negeri selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas Pemerintah.

"Manfaat yang diterima peserta pada program Pensiun meliputi Pensiun Bulanan, Uang Duka Wafat, Pensiun Terusan, Pensiun Janda/Duda/Yatim-Piatu, gaji ketiga belas, dan Tunjangan Hari Raya," pungkas Mardiyani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini