Sukses

Harga Minyak Anjlok 4 Persen, Level Terendah Sejak Desember 2021

Harga minyak Brent berjangka turun USD 2,99 atau 4 persen menjadi USD 72,33 per barel. Ini menjadi harga minyak patokan global terendah sejak Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun 4 persen pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta). Hal ini memperpanjang penurunan tajam harga minyak dari sesi sebelumnya setelah Bank Sentral Amerika Serikat AS, Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga dan karena investor resah tentang ekonomi.

Dikutip dari CNBC, Kamis (4/5/2023), harga minyak Brent berjangka turun USD 2,99 atau 4 persen menjadi USD 72,33 per barel. Ini menjadi harga minyak patokan global terendah sejak Desethe mber 2021. Harga minyak Brent mencapai sesi terendah sejak 20 Maret ke level USD 71,70 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun USD 3,06 atau 4,3 persen menjadi USD 68,60. Sesi terendah WTI adalah USD 67,95 per barel. Ini menjadi harga terendah sejak 24 Maret.

Sehari sebelumnya, kedua patokan harga minyak dunia ini turun 5 persen dan menjadi  persentase penurunan harian terbesar sejak awal Januari.

Pada Rabu sore, The Fed menaikkan suku bunga sebesar seperempat persentase poin, menekan harga minyak karena para pedagang khawatir pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat dapat menekan permintaan energi.

Tetapi Fed juga mengisyaratkan akan menghentikan kenaikan lebih lanjut, memberikan waktu kepada pejabat untuk menilai dampak dari kegagalan bank baru-baru ini, menunggu penyelesaian kebuntuan politik atas plafon utang AS dan memantau inflasi.

Kekhawatiran sektor perbankan kembali menjadi sorotan pada hari Senin setelah regulator AS menyita First Republic, lembaga besar AS ketiga yang gagal dalam dua bulan, dengan JPMorgan Chase & Co setuju untuk mengambil USD 173 miliar pinjaman bank, USD 30 miliar sekuritas, dan USD 92 miliar pinjaman bank. deposito.

“The Fed yang memasuki mode jeda seharusnya sangat mendukung harga minyak. Pertanyaan besarnya adalah apakah kita akan mengalami lebih banyak kegagalan di sektor perbankan,” kata Phil Flynn, Seorang Analis di Price Futures Group. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bank Sentral Eropa

Bank Sentral Eropa juga diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada pertemuan kebijakannya pada hari Kamis.

Juga menekan harga minyak, data pemerintah menunjukkan persediaan bensin AS secara tak terduga naik 1,7 juta barel pekan lalu. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan 1,2 juta barel.

“Hal yang paling menonjol adalah bahwa permintaan bensin mengembalikan semua kenaikan yang telah kita lihat di minggu-minggu sebelumnya,” kata Presiden Lipow Oil Associates di Houston, Andrew Lipow.

Persediaan minyak mentah AS turun 1,3 juta barel dalam seminggu, dibandingkan dengan perkiraan penurunan 1,1 juta barel.

Di China, data akhir pekan menunjukkan aktivitas manufaktur April turun secara tak terduga di konsumen energi terbesar dunia dan pembeli utama minyak mentah.

Morgan Stanley menurunkan perkiraan harga Brent menjadi USD 75 per barel pada akhir tahun.

“Risiko penurunan pasokan Rusia dan risiko kenaikan permintaan China sebagian besar terjadi dan prospek pengetatan 2H telah melemah,” kata bank dalam sebuah catatan, mengacu pada ekspor yang kuat dari Rusia meskipun ada sanksi Barat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.