Sukses

China Bakal Konsumsi 40 Persen Minyak Dunia di 2023

China diprediksi akan menyumbang sekitar 40 persen peningkatan permintaan minyak dunia di 2023.

Liputan6.com, Jakarta - China diperkirakan akan menyumbang sekitar 40 persen dari peningkatan permintaan minyak dunia tahun ini karena ekonominya yang mulai pulih kembali dari lockdown Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh perusahaan penelitian dan konsultasi global Wood Mackenzie. 

Melansir Channel News Asia, Kamis (23/3/2023) Wood Mackenzie dalam laporannya mengatakan bahwa, dalam skenario kasus dasar, ekonomi China diperkirakan akan tumbuh sebesar 5,5 persen tahun ini setelah mencabut pembatasan Covid-19. 

Angka tersebut akan mendorong setara permintaan minyak 1 juta barel per hari (bpd) dari peningkatan 2,6 juta bpd dalam permintaan minyak dunia tahun ini.

Skenario pertumbuhan tinggi, di mana PDB naik 7 persen, akan menambah permintaan minyak 400.000 barel per hari dari China, kata laporan itu.

"Harga rata-rata minyak mentah Brent tahun ini, bagaimanapun, akan tetap di bawah rata-rata USD 99 per barel yang terlihat pada tahun 2022 karena pasar sekarang telah beradaptasi dengan hambatan yang disebabkan oleh perang Rusia-Ukraina," ungkap laporan Wood Mackenzie.

Namun bila ada resesi yang signifikan, Wood Mackenzie melihat harga minyak mentah Brent dari level saat ini sekitar USD 75/bbl, akan naik menjadi rata-rata USD 89,40/bbl tahun ini.

Selain itu, menyusul gejolak pasar bulan ini di sektor perbankan, Wood Mackenzie tidak melihat perubahan besar pada fundamental penawaran dan permintaan dan memprediksi harga minyak akan menutup kerugian, kata direktur riset minyak jangka pendek WoodMac, Mark Williams kepada wartawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapasitas Kilang Global

Margin kilang minyak dunia juga akan menurun menjadi sekitar USD 6/bbl pada kuartal keempat dibandingkan dengan USD 11/bbl di tahun sebelumnya, kata WoodMac, karena penambahan kapasitas pengilangan global melebihi pertumbuhan permintaan untuk bahan bakar transportasi.

Selain itu, skenario pertumbuhan PDB yang lebih tinggi akan menurunkan ekspor bensin, jet, diesel, dan gasoil China karena konsumsi domestik meningkat, mendukung margin penyulingan global sebesar 50 sen/bbl lebih lanjut pada kuartal keempat, menurut laporan Wood Mackenzie.

"Kami memiliki lebih dari 2 juta barel per hari kapasitas (pemurnian) mulai online tahun ini. Kehilangan tambahan 100.000 barel per hari dari ekspor China bukanlah akhir dari dunia,"ujar Williams.

Wood Mackenzie juga memperkirakan margin keuntungan diesel terhadap minyak mentahakan mencapai rata-rata USD 30/bbl pada kuartal keempat, sementara bensin diperkirakan rata-rata sekitar USD 5-6/bbl, beber Williams.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Naik ke Level Tertinggi Seminggu

Harga minyak naik sekitar 2 persen ke level tertinggi satu minggu pada hari Rabu. Kenaikan harga minyak ini terjadi karena dolar AS merosot ke level terendah enam minggu setelah AS.

Federal Reserve memberikan kenaikan suku bunga kecil yang diharapkan sambil mengisyaratkan bahwa itu hampir menghentikan kenaikan suku bunga di masa depan.

Dikutip dari CNBC, Kamis (23/3/2023), harga minyak mentah berjangka Brent naik $1,37, atau 1,8 persen, menjadi menetap di USD 76,69 per barel, sementara minyak mentah A.S. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) berakhir USD 1,23, atau 1,8 persen, lebih tinggi pada USD 70,90.

Itu adalah penutupan tertinggi untuk kedua tolok ukur minyak mentah sejak 14 Maret.

The Fed menaikkan suku bunga sebesar seperempat persentase poin, tetapi mengindikasikan bahwa itu hampir menghentikan kenaikan lebih lanjut dalam biaya pinjaman di tengah gejolak baru-baru ini di pasar keuangan yang didorong oleh runtuhnya dua bank AS. bank.

"Kenaikan suku bunga 25 poin hari ini oleh Fed tidak memberikan kejutan tetapi bahasa yang menyertainya mendorong beberapa peningkatan selera risiko yang dengan mudah tumpah ke ruang minyak," analis di perusahaan konsultan energi Ritterbusch and Associates mengatakan kepada pelanggan dalam sebuah catatan.

4 dari 4 halaman

Dolar AS Jatuh

Dolar AS jatuh ke level terendah sejak 2 Februari terhadap sekeranjang mata uang lainnya, mendukung permintaan minyak dengan membuat minyak mentah lebih murah bagi pembeli yang menggunakan mata uang lainnya.

Pasar minyak mengabaikan AS. Data mingguan Administrasi Informasi Energi (EIA) yang menunjukkan stok minyak mentah naik 1,1 juta barel pekan lalu ke level tertinggi 22 bulan.

Analis dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan penarikan 1,6 juta barel. Tetapi data resmi EIA menunjukkan kenaikan yang lebih kecil dari kenaikan 3,3 juta barel yang dilaporkan pada Selasa oleh American Petroleum Institute (API), sebuah kelompok industri.

“Kami hanya memiliki banyak minyak mentah dalam penyimpanan dan tidak akan hilang dalam waktu dekat,” kata Bob Yawger di Mizuho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.