Sukses

Daftar Kota Punya Penduduk Sangat Kaya di Dunia, Mana Saja?

Altrata yang berbasis di London telah melacak orang super kaya.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah laporan dari salah satu organisasi nirlaba Altrata menunjukkan bahwa Hong Kong menjadi kota di Asia yang penduduknya kaya atau individu Ultra-High-Net-Worth (UHNW). Dengan perkiraan penduduk 15.175 jiwa, negara itu unggul dibanding kota lainnya.

Lantas, kota mana dengan penduduk terkaya?

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu (8/3/2023), New York berada di urutan kedua yang punya 21.714 penduduk dengan kekayaan bersih setidaknya USD 30 juta. Lalu di posisi selanjutnya ada London dengan 15.907 penduduk.

Altrata yang berbasis di London telah melacak orang super kaya. Hanya sekitar 400.000 orang dari perkiraan populasi global yaitu 8 miliar yang menjadi anggota klub elit ini, kata laporan tersebut.

Laporan itu berdasarkan temuannya pada database Wealth-X, yang menghitung jumlah orang kaya di setiap kota berdasarkan keberadaan tempat tinggal.

“Wilayah ini memiliki total jejak UHNW [kekayaan bersih sangat tinggi] sebanyak 15.175 individu,” tulis laporan itu.

“Ini sebagian besar terdiri dari tempat tinggal utama orang kaya, tertarik dengan hubungannya yang tak tertandingi ke Cina daratan, pajak rendah, dan status sebagai pusat layanan keuangan global utama. Namun, perkembangan politik baru-baru ini telah mengurangi daya tarik Hong Kong bagi perusahaan internasional non-keuangan.”

Hong Kong secara agresif merayu perusahaan internasional dan investor kaya dengan tujuan mengamankan kepulangannya ke kota.

Hal ini karena negara itu berusaha untuk mendapatkan kembali statusnya sebagai pusat keuangan utama Asia setelah tiga tahun melewati masa sulit akibat ketidakpastian politik, Covid-19, dan penahanan pandemi.

Kota ini menawarkan banyak insentif, seperti pengembalian bea meterai tambahan yang dibayarkan oleh warga non-lokal saat membeli properti hunian Hong Kong, selama mereka tinggal di Hong Kong selama tujuh tahun dan mendapatkan tempat tinggal permanen.

Keistimewaan lainnya termasuk visa dua tahun baru untuk individu yang berpenghasilan tidak kurang dari USD 318.000 pada tahun lalu dan lulusan dari 100 universitas terbaik dunia dengan pengalaman kerja setidaknya tiga tahun dalam lima tahun sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Lainnya

Sementara itu, Beijing pun telah melampaui Singapura sebagai kota Asia dengan konsentrasi individu terkaya tertinggi kedua dengan 8.923 penduduk super kaya dibandingkan dengan Singapura 7.471. Secara global, Ibu Kota Cina berada di peringkat ketujuh, sedangkan Singapura berada di urutan kedelapan.

“Jejak UHNW di pasar kekayaan terbesar China terus meningkat selama beberapa tahun terakhir, didorong oleh permintaan yang kuat dari UHNW second-homers,” kata laporan itu.

Sementara itu, kota-kota AS mendominasi 20 peringkat teratas. Selain New York, kota-kota Amerika lainnya yang masuk 10 besar antara lain Los Angeles, Miami, San Francisco, Chicago, dan Washington.

"Pusat keuangan pasar kekayaan terbesar dunia dan ekonomi regional terbesar di AS, New York berada di peringkat teratas kota, dengan total jejak UHNW mendekati 22.000 orang," kata laporan itu.

“Lima wilayahnya di Brooklyn, Queens, Manhattan, The Bronx, dan Staten Island menawarkan perpaduan yang kaya antara budaya, konsumsi mewah, pendidikan berkualitas tinggi, dan real estat utama. Status dominan New York tercermin dalam peringkat teratasnya tidak hanya untuk jumlah individu UHNW berdasarkan tempat tinggal utama tetapi juga untuk orang rumah kedua,” demikian informasi lebih lanjut.

Di Eropa, selain London, Paris masuk dalam daftar 20 teratas, menempati posisi ke-13 dengan 5.235 orang kaya. “Jerman, pasar UHNW terbesar ketiga di dunia, tidak memiliki perwakilan kota di 25 besar. Hal ini sebagian besar dijelaskan oleh stok kekayaan pribadi yang tersebar lebih merata di seluruh pusat kota domestik negara daripada di pasar UHNW terkemuka lainnya, ” kata penelitian itu.

“Hong Kong menonjol di antara kota-kota global papan atas, dengan satu penduduk sangat kaya atau penduduk kedua untuk setiap 351 penduduk kota, sekitar tiga kali tingkat kepadatan UHNW di New York dan Los Angeles,” kata Altrata.

Monaco menduduki puncak tabel ini, memimpin dengan selisih tertentu dengan satu pemilik rumah UHNW untuk setiap 39 penduduk. Laporan tersebut mengutip daya tarik kerajaan kecil tapi kaya seperti iklim dan lokasi, lingkungan dengan pajak rendah, dan tingkat keamanan yang tinggi untuk menarik individu kaya.

"Permintaan real estat jauh melebihi pasokan terbatas di kerajaan pesisir, menambah eksklusivitasnya," kata laporan itu.

Adapun Jenewa yang berada di urutan kedua dengan satu untuk setiap 213 penduduk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.