Sukses

Terkuak, Gaji Pekerja Pria Lebih Besar dari Wanita Bikin Ekonomi Dunia Rugi USD 7 Triliun

Laporan itu mengatakan, mempersempit kesenjangan gaji di pasar negara berkembang, seperti India, akan meningkatkan potensi itu lebih jauh lagi.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah laporan yang dikeluarkan Moody’s Analytics mengungkapkan, kesenjangan upah atau gaji antara laki-laki dan perempuan dalam angkatan kerja ternyata bisa menimbulkan kerugian bagi ekonomi dunia. Kerugian yang ditanggung dunia bisa mencapai sekitar USD 7 triliun (Rp 107 kuadriliun).

Pada tingkat ini, mungkin diperlukan 132 tahun bagi dunia untuk menutup kesenjangan gender ekonomi. Demikian hasil studi Moody’s.

Laporan itu mengatakan, sebenarnya dorongan ekonomi akan datang karena lebih banyak saat perempuan bergabung dengan angkatan kerja sehingga terjadi peningkatan produktivitas.

Bahkan lebih banyak perempuan mampu memegang peran manajerial dan profesional yang lebih produktif juga akan membantu.

“Menutup kesenjangan gender dalam partisipasi angkatan kerja dan kesenjangan gender dalam manajemen di negara-negara OECD dapat meningkatkan aktivitas ekonomi global sekitar 7 persen atau sekitar USD 7 triliun dalam dolar saat ini,” tulis Direktur Dawn Holland dan Katrina Ell dalam laporan tersebut seperti melansir CNBC, Selasa (7/3/2023).

Laporan itu mengatakan, mempersempit kesenjangan gaji di pasar negara berkembang, seperti India, akan meningkatkan potensi itu lebih jauh lagi.

Sebelumnya laporan dibuat berdasarkan kenaikan gaji yang akan dilihat oleh wanita di negara-negara OECD, antara usia 25 dan 64 tahun, apakah gaji mereka sama dengan rekan pria pada rentang usia yang sama pada tahun 2021.

“Ini saja akan meningkatkan output potensial di OECD hampir 10 persen dan output global sebesar 6,2 persen,” tulis Moody’s Analytics.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diskriminasi Jadi Penyebab

 

Laporan tersebut menunjuk pada “tanggung jawab keluarga yang dipikul oleh perempuan” dan kurangnya koneksi jaringan yang sama di antara akar penyebab kesenjangan upah antara laki-laki dan perempuan.

Hal ini menyoroti bahwa wanita “kecil kemungkinannya” untuk meminta promosi sekaligus memegang standar yang lebih tinggi daripada pria.

“Mengubah norma sosial adalah proses yang panjang dan rumit, tetapi politik seperti menegakkan kondisi kerja yang fleksibel, menyediakan pengasuhan anak yang terjangkau, dan memberikan cuti ayah dan ayah yang dibayar membantu mendorong perubahan ke arah yang benar,” tulis Moody’s.

Sementara itu, Bank Dunia dalam sebuah laporan baru-baru ini menambahkan bahwa diskriminasi telah membuat kesenjangan upah gender tetap ada.

“Bias gender dan ketidaksetaraan yang telah menempatkan perempuan dalam pekerjaan berupah rendah, seperti perbedaan pekerjaan dan jam kerja, serta tanggung jawab mengasuh perempuan yang tidak proporsional, berkontribusi pada kesenjangan upah gender,” kata Bank Dunia.

“Kesenjangan pendapatan antara laki-laki dan perempuan yang terus berlanjut berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara,” katanya, seraya menambahkan bahwa 119 negara di dunia memiliki ruang untuk memperbaiki kerangka hukum mereka untuk mengurangi kesenjangan upah antar gender.

Bank Dunia mencatat hampir setengah dari ekonomi dunia tidak mengamanatkan upah yang sama berdasarkan undang-undang.

 

3 dari 3 halaman

Wanita yang terlalu memenuhi syarat

Jumlah perempuan di negara-negara OECD yang memegang gelar master atau setara melebihi jumlah laki-laki, kata Moody’s. Akan tetapi, masih kurang terwakili secara signifikan dalam peran manajemen menengah dan senior.

Hal ini menghasilkan apa yang mereka sebut sebagai “kekurangan keterampilan” perempuan yang konsisten, merujuk pada kurangnya penggunaan keterampilan dan waktu perempuan.

Akibatnya, ini dapat menyebabkan “kerugian ekonomi pada tingkat individu dan ekonomi makro,” karena ekonomi melihat kemajuan “terbatas dan berbeda” dalam mengangkat perempuan selama 10 tahun terakhir, kata Moody’s.

“Rata-rata, perempuan melakukan investasi awal yang lebih tinggi dalam pendidikan tetapi cenderung mendarat di posisi tingkat rendah dan bergaji rendah, bekerja di bawah tingkat keahlian mereka, sebagaimana diukur dengan pencapaian pendidikan mereka,” kata para penulis.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.