Sukses

Deretan Hal Viral yang Dialami Maskapai Grup Lion Air

Berikut sejumlah deretan viral terkait maskapai grup Lion Air yang dihimpun pada 2022 dan awal 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai grup Lion Air sering menjadi sorotan publik di media sosial. Viral tersebut antara lainpengalaman yang kurang menyenangkan dari penumpang hingga harga tiket.

Terbaru ada akun di Twitter ada akun Pemburu Kebenaran @Mencaricinta 99 yang unggah video menarasikan tentara China memakai seragam militer tiba di bandara. Pada saat itu memang kondisi malam hari dan tentara dekat di pesawat Lion Air.

Akun tersebut menulis dengan teks "Sudah terang2an pakai seragam militer? Gila ini beneran...... Tentara Cina sudah masuk Indonesia, tengah malam, untuk Apa.?!? Siap² saja Anak Cucu dijajah Aseng, atau siap jadi Mata² Cina / Pengkhianat bagi Negeri ini.!!!*Mentri Pertahannya bahkan tidak merasakan bahaya ??"

Video tersebut seolah-olah tentara itu menggunakan maskapai Lion Air. Padahal video itu dinilai misdisinformasi.

Mengutip Kanal News Liputan6.com, Dansat Intel Korps Brimob Polri Kombes Pol Mulyadi menuturkan, video puluhan tentara tersebut adalah pasukan Brimob yang tiba setelah tugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua.

"Intinya, pasukan tersebut adalah personel Brimob yang baru selesai operasi satgas Damai Cartenz Papua," ujar Mulyadi saat dikonfirmasi merdeka.com, Jumat, 3 Februari 2023.

Dengan demikian, narasi dalam unggahan Twitter itu yang menyebutkan tentara dari China adalah salah. Hal itu lantaran tentara tersebut adalah pasukan Brimob yang tiba di bandara sekitar Januari 2023.

"(Kejadian) sekitar Januari 2023," ujar dia.

Memang viral video kali ini seperti memakai kesempatan pesawat lion air yang sedang parkir di bandara sehingga bangun narasi yang tidak tepat.

Sebelum viral tentara ini ada sejumlah viral di media sosial yang di alami maskapai Lion Air pada 2022 dan awal 2023. Berikut deretan hal viral yang pernah dialami Lion Air yang dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1.Viral Tiket Pesawat Jakarta-Aceh Tembus Rp 9,6 Juta

Sebelumnya, harga tiket pesawat terpantau naik. Salah satunya untuk rute Jakarta-Aceh yang tembus hingga Rp 9,6 juta sekali jalan.

Sejumlah warganet mengeluhkan harga tiket pesawat yang mengalami kenaikan. Harga tinggi ini untuk keberangkatan 28-29 April 2022.

Mengutip salah satu aplikasi perjalanan, tiket Batik Air plus Wings Air dari Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp 9.698.700 untuk sekali jalan.

Harga ini berlaku untuk perjalanan satu kali transit di Bandara Kualanamu Medan.

Untuk keberangkatan langsung dari bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Sultan Iskandarmuda Banda Aceh hanya ada satu penerbangan. Harga tiket dipatok sebesar Rp 2.805.700 dengan maskapai Batik Air.

Sementara itu, harga berbeda terpantau untuk keberangkatan pada 30 april 2022. Meski, masih ada tiket pesawat yang dipatok sebesar Rp 9,6 jutaan.

Penerbangan maskapai Batik Air plus Wings Air dari Jakarta ke Aceh dipatok sebesar Rp 6.703.900. Harga ini terpantau untuk perjalanan satu kali transit di bandara Kualanamu Medan.

Namun masih ada tiket dengan harga Rp 9.698.700 dengan rute transit yang sama. Dengan waktu tunggu pesawat yang berbeda.

Sebelumnya, warganet di berbagai platform media sosial mengeluhkan tingginya harga tiket ini. Bahkan ada yang menyebut, harga tiket penerbangan ke London, Inggris lebih murah.

3 dari 9 halaman

Lion Air Buka Suara Terkait Viral Tiket Pesawat Jakarta-Aceh

Lion Air Group bersama maskapai anggota (afiliasi) buka suara terkait tarif tiket pesawat udara satu kali jalan (one way) Rp 9,6 juta rute Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) tujuan Banda Aceh melalui Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh Besar (BTJ).

Lion Air Group menyebutkan jika pemberlakuan tarif tersebut masih sesuai dengan koridor ketentuan yang berlaku.

"Sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat selama masa liburan dan Lebaran 2022, Batik Air  mengoperasikan penerbangan reguler dan menambah penerbangan (extra flight) non stop (tanpa henti) Jakarta ke Banda Aceh, namun semua kursi (seat) layanan penerbangan dimaksud sudah terjual habis (sold out)," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 29 April 2022.

Atas dasar itu, lanjut Danang, maka sistem memberikan alternatif kepada calon penumpang untuk dapat menuju Banda Aceh dengan transit dan transfer (singgah dan ganti pesawat) menggunakan maskapai lain melalui Bandar Udara Internasional Kualanamu. Alurnya, Jakarta – Kualanamu dengan maskapai Batik Air (transit) dan Kualanamu-Banda Aceh dilanjutkan dengan (connecting flight) maskapai Wings Air (transfer)

4 dari 9 halaman

2.Viral Video Petugas Lion Air Gelindingkan Barang dari Tangga Pesawat, Ini Penjelasannya

Manajemen maskapai Lion Air Group memberikan penjelasan atas video viral yang menampilkan seorang petugas yang menurunkan barang dengan cara digelindingkan melalui tangga pesawat Lion Air di landas pacu bandara.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menyatakan, pihaknya sejauh ini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait video viral tersebut.

"Penjelasan Lion Air dari video yang beredar dan berkembang, bahwa Lion Air saat ini masih melakukan proses investigasi lebih lanjut," ujar Danang kepada Merdeka.com di Jakarta, Minggu, 30 Januari 2022.

Pihaknya mengaku, belum mengetahui kategori barang yang digelindingkan petugas tersebut merupakan barang milik penumpang atau bukan. Akan tetapi, Danang menjelaskan, seharusnya bagasi titipan penumpang tidak ditempatkan dalam kabin pesawat.

Sebab, pengaturan dan penempatan bagasi penumpang berada di bagian bawah pesawat. Ini sebagaimana ketentuan yang berlaku.

"Bagasi titipan penumpang tidak ditempatkan di dalam kabin pesawat. Pengaturan dan penempatan bagasi penumpang berada di bagian bawah pesawat," ujar dia.

5 dari 9 halaman

3. Curhat Kaesang, Naik Batik Air ke Surabaya tapi Koper Sampai ke Kualanamu

Cuitan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, tengah ramai jadi bahan pembicaraan netizen. Lewat medsos tersebut, Kaesang curhat bahwa dirinya tiba di Surabaya dengan Batik Air, tetapi koper miliknya malah sampai ke Kualanamu. 

Curhatan calon suami Erina Gudono itu diunggah pada Minggu, 13 November 2022, dan sampai saat ini, Batik Air menjadi trending topic di Twitter. 

Lucunya dalam cuitan, kekecewaan Kaesang Pangarep tidak digambarkan dengan menyalahkan Batik Air secara langsung, tetapi justru berterima kasih atas pelayanan maskapai ini. 

“Horeeee naik Batik Air ke Surabaya tapi koperku selamat sampe bandara Kualanamu. Terima kasih Batik Air,” begitu cuit Kaesang lewat akun Twitter @kaesangp, dikutip Senin, 14 November 2022.

"Mungkin emang aku sama koperku udah gak sejalan," tulisnya di bawah cuitan pertama. 

Kelakar Kaesang di Twitter berlanjut saat netizen bertanya mengenai keberadaan koper Kaesang apakah sudah kembali ke tangannya atau belum. Ia menyebutkan koper yang nyasar hingga Kualanamu itu menjadi alasan dirinya tidak perlu mandi malam karena harus menunggu koper di Bandara.

"Belum terima sampai sekarang. Positifnya ya gak perlu mandi malam. Positifnya lagi, koper saya bisa jalan-jalan gratis. Terima kasih Batik Air," kata Kaesang dalam cuitan.

Kaesang juga menjawab beberapa permintaan netizen untuk berprasangka baik. Dia pun membawa-bawa nama Wali Kota Medan Bobby Nasution yang tidak lain adalah kakak iparnya. 

"Siap. Mungkin Batik Air tau kalo di koper itu ada oleh-oleh untuk anaknya Mas Wali Medan," tutur Kaesang.

6 dari 9 halaman

4.Viral, Ari Lasso Dikecewakan Maskapai Batik Air di Singapura

Musisi kondang Ari Lasso membagikan pengalaman yang kurang menyenangkan. Yakni, ditinggal pesawat Batik Air penerbangan dari Singapura ke Indonesia.

Pengalaman itu dia bagikan melalui akun Instagram pribadinya. Setidaknya, ada 7 unggahan yang membahas soal keluhannya terhadap Batik Air. Kebanyakan unggahan itu berupa video singkat.

Awalnya, dia menceritakan ketika dia ditinggal oleh pesawat di bandara Singapura. Ari Lasso memperlihatkan sebuah tiket pesawat sambil dia menceritakan kronologinya.

Ari Lasso dan timnya, dengan total 3 orang dijadwalkan berangkat pukul 17.35 waktu setempat. Di hari yang sama, pagi hari, dia mendapat pesan singkat kalau penerbangan dialihkan ke pukul 19.35 waktu setempat.

"Halo teman-teman di Batik Air, di Lion Group,, saya ditinggal pesawat anda di Singapura. Saya beli bisnis, ini 17.35 ya, (nomor penerbangan) ID 7150. Tapi kemudian mendapat WA di pagi hari, bahwa pesawat saya dirubah menjadi 19.35," kata dia, dikutip Kamis, 20 Oktober 2022.

"Ketika saya di depan gate saya masuk gate dirumah gate-nya, Dibilang, "this is not your flight", saya pindah ke gate satunya, "ur flight is already fly"," bebernya mengisahkan.

Ari Lasso menyayangkan hal tersebut. Ia mengaku memiliki hubungan baik, karena pernah tampil di acara maskapai tersebut. Dia pun meminta adanya pertanggungjawaban dari Batik Air.

"Mohon perhatiannya, bantuannya, saya hanya rakyat kecil biasa saja, sekarang rugi besar harus beli tiga tiket, saya beli hotel lagi dan terpenting saya besok harus ke Surabaya untuk manggung. Teman-teman mohon di tag (Batik Air) untuk memperbaiki kinerjanya. Ini kritikan fair buat saya karena ini terjadi ke saya. Dan saya orang yang tak pernah terlambat naik pesawat seumur hidup," ujar dia.

7 dari 9 halaman

Lion Air Buka Suara Terkait Keluhan Ari Lasso

Maskapai anggota Lion Air Group memberikan klarifikasi atau penjelasan penanganan operasional dan layanan tamu (penumpang) berjadwal internasional bernomor ID-7150 rute Bandar Udara Internasional Changi, Singapura (SIN) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK) pada Rabu, 19 Oktober 2022.

"Menanggapi keluhan dari salah satu penumpang atas nama Lasso, Ari Bernadus dan perkembangan berita bahwa penerbangan ID-7150 mengalami penyesuaian jadwal keberangkatan menjadi pukul 19.35 (GMT+ 08) dari Singapura dikarenakan alasan operasional yaitu dampak dari cuaca kurang baik (bad weather) pada rotasi (pergerakan pesawat) rute sebelumnya," jelas Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya.

Dia menjelaskan akibat dari kondisi yang ada maka pada 18.55, Batik Air penerbangan ID-7150 akhirnya diberangkatkan menuju Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta dari Singapura.

Danang menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul oleh Batik Air. Sebagai salah satu upaya bentuk pelayanan Batik Air, rencana perjalanan (tiket pesawat) berupa pemindahan penerbangan berikutnya menggunakan nomor penerbangan ID-7152 Singapura – Jakarta pada Kamis, 20 Oktober 2022.

"Batik Air saat ini masih melakukan proses investigasi di internal mengenai kejadian dimaksud. Hasil penyelidikan berupa rekomendasi atau referensi yang diperoleh akan dipergunakan (implementasikan)dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada tamu," ujar dia.

 

 

8 dari 9 halaman

5.Viral Video Pramugari-Pilot Lion Air Digrebek saat Selingkuh di Surabaya, Begini Respons Lion Air

Pada 2022, warganet dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang bernarasikan penggerebekan di sebuah hotel di Surabaya, terhadap pilot dan pramugari Lion Air. 

Penggerebekan di salah satu hotel di Jalan Darmo, Surabaya itu terjadi lantaran diduga adanya perselingkuhan.

Dalam video yang beredar di akun Instagram @lambe_turah, terdengar suara seorang perempuan yang diyakini sebagai istri dari pilot, didampingi sejumlah petugas keamanan hotel saat penggerebekan dilakukan.

Dalam tanggapannya atas video penggerebekan yang beredar tersebut, pihak Lion Air mengatakan akan menindak pegawai yang melakukan pelanggaran sesuai dengan peraturan perusahaan.

"Lion Air tidak mencampuri ke ranah pribadi. Mengenai tindakan yang dilakukan dari oknum kedua belah pihak menjadi tanggungjawab keduanya, karena sudah sama-sama dewasa," jelas Corporate Communications Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis pada Senin, 30 Mei 2022.

Lion Air melanjutkan, pihaknya juga sangat menghormati dan mendukung upaya penanganan dan penyidikan yang sedang dilakukan oleh piihak terkait dan berkepentingan.

"Upaya-upaya penanganan yang sudah dilakukan oleh pihak terkait dan berkepentingan, diharapkan diselesaikan menurut pedoman yang berlaku," lanjut pernyataan maskapai tersebut. 

"Lion Air meminta agar tidak melibatkan perusahaan (institusi Lion Air) yang bersifat tendensius, berdampak merugikan perusahaan," pungkasnya. 

9 dari 9 halaman

6.Pesawat Lion Air Tabrak Garbarata di Merauke, Penumpang Batal Terbang

Sebelumnya, sayap kanan pesawat Lion Air menabrak atap garbarata di Bandara Mopah, Merauke, Papua Selatan. Akibatnya, 122 penumpang dan 7 kru pesawat batal terbang.

Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengonfirmasi kejadian tersebut. Dia pun, atas nama manajemen meinta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Pesawat ini dijadwalkan untuk terbang dari Bandara Mopah Merauke menuju Bandara Sentani Jayapura, Papua. Dia menerangkan, Lion Air dengan kode terbang JT-797 ini mengoperasikan Boeing 737-900ER registrasi PK-LFO

"Lion Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul," kata Danang dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Kamis (26/1/2023).

Sebelum keberangkatan pesawat sudah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan lebih awal (pre-flight check) dengan hasil layak dan aman dioperasikan (airworthy for flight). Penerbangan ini akan membawa 7 (tujuh) awak pesawat serta 122 penumpang.

"Lion Air menyediakan fasilitas kepada seluruh penumpang berdasarkan ketentuan yang berlaku antara lain memindahkan penerbangan (transfer flight) pada maskapai lain yang disesuaikan ketersediaan kursi, proses pengembalian dana tiket (refund) sesuai permintaan penumpang serta lainnya," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.