Sukses

Rahasia Hidup Bahagia dan Umur Panjang Miliarder Charlie Munger: Hindari Iri Hati

Oleh karena itu, Munger berharap banyak orang terinspirasi darinya terkait hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder sekaligus investor Charlie Munger mengatakan dia tidak pernah peduli apalagi sampai membandingkan diri dengan kekayaan orang lain. Motivasi utamanya dalam meraup harta yang melimpah seperti saat ini hanya untuk kebebasan membelanjakan yang dia inginkan dalam berbisnis dan menjalani kehidupan.

Oleh karena itu, Munger berharap banyak orang terinspirasi darinya terkait hal ini. “Dunia tidak didorong oleh keserakahan. Itu didorong oleh rasa iri,” kata Munger pada pertemuan tahunan Daily Journal seperti melansir CNBC, Rabu (14/12/2022).

Pria yang hampir menginjak usia seabad ini telah mengumpulkan kekayaan yang diperkirakan Forbes mencapai USD 2,2 miliar atau sekitar Rp 34,4 triliun. Dia menambahkan bahwa mudah dan umum bagi seseorang untuk iri. Tidak peduli berapa banyak harta yang dimiliki, pasti ada orang lain yang selalu ingin memiliki lebih banyak uang, katanya.

Ini adalah sentimen yang diungkapkan Munger di masa lalu dan yang sebelumnya dia kaitkan dengan teman lama dan mitra investasinya Warren Buffett. Namun, Munger tampaknya percaya diri bahwa dia mengatasi kecenderungan itu sendiri.

“Saya telah menaklukkan rasa iri dalam hidup saya sendiri. Saya tidak iri pada siapa pun,” kata Munger. “Saya tidak peduli apa yang dimiliki orang lain. Tapi orang lain menjadi gila karenanya.”

Tentu saja, lebih mudah mengatakan hal itu ketika Anda menjadi seorang miliarder. Forbes membuat peringkat lebih dari 1.300 miliarder lain dengan kekayaan lebih besar dari Munger, termasuk Buffett, yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih USD 106 miliar. Akan tetapi, kekayaan Munger masih lebih dari cukup untuk memastikan dia tidak menginginkan apa pun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Rasa Iri

Pada 2017, Munger mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia selalu berusaha menghindari perasaan “iri dan cemburu” dalam berbisnis. Pemikiran semacam itu dapat merusak karier karena Anda akan cenderung membuat keputusan bias yang bisa berakibat buruk, tambahnya.

Kemudian pada 2019, dia berbicara tentang iri dan menentang hal ini. Dia mengatakan bahwa menghindari rasa iri adalah salah satu rahasia “sederhana” untuk menjalani hidup yang panjang dan bahagia.

Memang, sebuah studi tahun 2018 menyebut bahwa seseorang yang memiliki rasa iri cenderung mengalami kesehatan mental dan kesejahteraan lebih buruk. Bahkan munculnya media sosial juga telah dikritik karena bisa menumbuhkan perasaan iri dan materialisme seseorang, yang dengan terus-menerus menawarkan peluang ke dalam kehidupan orang-orang yang mewah.

Kecemburuan hanya “dibangun ke dalam sifat alami”, kata Munger pada pertemuan Daily Journal. Miliarder itu menambahkan bahwa dia tidak dapat memahami alasan orang saat ini tidak lebih puas dengan apa yang mereka miliki, terutama jika dibandingkan dengan masa-masa sulit yang dialami generasi sebelumnya.

Munger sendiri hidup melalui Depresi Hebat dan menyebutkan kondisi kehidupan yang lebih buruk dan rentang hidup yang lebih pendek sejauh tahun 1800-an.

“Fakta bahwa keadaan setiap orang lima kali lebih baik daripada sebelumnya, mereka menerima begitu saja,” kata Munger. “Yang mereka pikirkan hanyalah orang lain memiliki lebih banyak sekarang, dan tidak adil jika dia memilikinya dan mereka tidak.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.