Sukses

Ada 7 Tipe Kepribadian Atur Uang, Anda Termasuk yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta Kita sering mempelajari soal literasi keuangan tetapi ketika menyangkut kesehatan finansial masih banyak yang acuh. Masing-masing orang memiliki keyakinan dan emosinya sendiri terhadap uang.

Biasanya hal itu terjadi dari pengalaman hidup kita, misalnya dipengaruhi oleh situasi saat ini. Melakukan identifikasi tentang tipe kepribadian uang mana yang termasuk dalam diri Anda dan memahami jebakannya masing-masing dapat meningkatkan hubungan anda dengan uang secara signifikan.

Ini dapat membantu Anda seperti menghemat uang agar tidak impulsif, anggarannya menjadi lebih baik, melakukan investasi dan menyiapkan dana pensiun.

Menurut Ken Honda, seorang penulis Happy Money, kepribadian uang terbagi menjadi 7, berikut di bawah ini penjelasannya, melansir laman CNBC, Senin (28/11/2022).

1. The Compulsive Saver

Ciri-ciri

• Anda menyisihkan uang tanpa henti, terkadang tanpa memikirkan tujuan akhir apa yang sebenarnya ingin anda capai

• Anda percaya menabung adalah satu-satunya cara untuk merasa lebih aman dalam hidup

• Anda sangat hemat

Jebakannya adalah beberapa tipe ini sangat takut kehilangan uangnya sehingga mereka banyak menghabiskan seluruh hidupnya tanpa menghabiskan apapun yang telah mereka tabung dengan susah payah.

Bagi tipe kepribadian uang ini akan lebih baik jika anda belajar menemukan keseimbangan antara menabung dan menikmati hidup.

2. The Compulsive Spender

Ciri-ciri:

• Anda cenderung menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan

• Anda memiliki kepribadian yang ramah dan suka memperlakukan orang dengan sesuatu yang istimewa, terkadang tanpa alasan tertentu

• Saat Anda berada dalam tekanan emosional, solusi Anda adalah belanja untuk kepuasan sesaat.Jebakannya adalah jika tipe ini memiliki hutang dalam jumlah banyak pun tidak akan menghentikan mereka untuk tetap berbelanja

Bahkan dalam kasus yang ekstrim, mereka berisiko untuk bangkrut jika mereka terus-menerus berbelanja lebih dari pendapatan yang mereka hasilkan

Bagi tipe kepribadian uang ini sebaiknya membuat rencana anggaran karena hal itu dapat membantu anda melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tipe Lain

3. The Compulsive Moneymaker

Ciri-ciri:

• Anda percaya bahwa dengan menghasilkan lebih banyak uang adalah rahasia menuju kebahagiaan

• Anda menghabiskan sebagian besar energi anda untuk mencoba menghasilkan uang sebanyak mungkin

• Anda menikmati pengakuan dari orang lain atas kesuksesan finansial Anda.Jebakannya adalah karena mereka terlalu fokus pada menghasilkan lebih banyak uang sehingga membuat mereka terkadang melupakan hal lainnya.

Contoh, lebih memilih kerja pada akhir pekan daripada kumpul dengan keluarga.Bagi tipe kepribadian uang ini sebaiknya tujukan juga uang yang anda hasilkan untuk membantu orang lain seperti menyumbang ke panti, mengajak keluarga liburan atau memanjakan diri.

4. The Indiferrent to Money

Ciri-ciri:

• Anda jarang memikirkan soal uang

• Dalam kasus ekstrim, Anda percaya bahwa uang itu buruk atau jahat secara turun-temurun

• Anda sangat yakin bahwa uang seharusnya tidak memengaruhi keputusan penting dalam hidup.Sebenarnya orang dengan kepribadian ini termasuk orang dengan pola pikir yang sehat karena mereka bisa bahagia walaupun hanya punya sedikit uang

Tapi hal itu bisa menjadi buruk jika mereka tidak bertanggung jawab terhadap keuangan mereka terutama kalau mereka menjadi menggantungkan hidupnya ke orang lain.

Walaupun orang dengan kepribadian uang ini merasa nyaman secara finansial tapi anda juga harus tetap peduli tentang kemana saja uang anda pergi dan untuk apa saja pemakaiannya. Karena hal ini dapat mengurangi banyak tekanan finansial di masa depan.

5. Saver Splurger

Ciri-ciri:

• Anda suka menabung tapi juga suka boros.

• Anda menabung banyak uang tapi di saat bersamaan anda juga suka berbelanja hal-hal yang sebenarnya tidak anda butuhkan atau jarang digunakan.

Jebakannya adalah orang dalam tipe ini biasanya mengalami kekecewaan karena uang yang dihasilkan dari kerja keras mereka kerap kali habis begitu saja untuk hal-hal yang tidak penting

Bagi tipe kepribadian ini supaya tidak mengalami kekecewaaan sebelum membeli apapun, coba bayangkan bagaimana perasaan anda satu atau dua minggu setelah membelinya. Jangan lupakan juga tujuan keuangan anda.

 

3 dari 3 halaman

Lainnya

6. The gambler

Ciri-ciri:

• Anda suka menghasilkan uang tapi juga boros

• Sensasi risiko dan janji imbalan adalah kesenangan tersendiri bagi anda yang sebenarnya bisa membuat Anda tersesat dengan cepat

• Anda terkadang mempertaruhkan uang Anda untuk menghindari kebosanan.Jebakannya adalah orang dengan tipe ini banyak yang menghalalkan segala cara seperti meminjam, menjual bahkan yang paling seramnya adalah mencuri untuk memenuhi kesenangan dirinya dan untuk menutupi kerugian yang telah dialaminya.

Orang dengan kepribadian uang seperti ini harus mulai aware tentang pentingnya menyisihkan tabungan sebelum membuat keputusan besar soal keuangan. Anda boleh bersenang-senang tapi harus tau batas.

7. The Worrier

Ciri-ciri:

• Tidak peduli berapa banyak pun uang yang dimilik, anda akan terus-menerus merasa khawatir akan kehilangannya kapan saja

• Anda kurang percaya diri pada kemampuan Anda untuk mencapai kebebasan finansial

• Anda terus-menerus terobsesi pada skenario terburuk di otak anda tentang apa yang akan terjadi jika anda kehabisan uang

Jika anda terjebak pada rasa khawatir dan cemas ini maka anda bisa kehilangan kebahagiaan anda dan itu bukan hal yang baik.Sebaiknya anda mencoba cari tahu darimana asal kekhawatiran finansial anda tersebut. Mungkin anda bisa coba berkonsultasi pada penasihat keuangan atau mendatangi terapis.

Penulis: Nita Suci Lydiarti

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS