Sukses

Cek Email, Lion Air Group Ubah Jadwal Penerbangan ke Bali Dampak KTT G20

Lion Air Group mengubah jadwal penerbangan berdasarkan SE Nomor 12 Tahun 2022 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT Presidensi G20 Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Seluruh maskapai di bawah Lion Air Group melakukan penyesuaian operasional dan layanan penerbangan untuk rute domestik dari dan menuju Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali. Penyesuaian ini untuk periode perjalanan udara 13 hingga 17 November 2022.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, penyesuaian atau perubahan jadwal penerbangan ini dilakukan dalam rangka mendukung selama rangkaian kegiatan penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Indonesia di tahun ini memegang tongkat Presidensi G20.

Menurut Danang, perubahan jadwal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2022 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

"SE mengatur jam operasional ditetapkan selama 24 jam dan penerbangan komersial dilarang melakukan parkir menginap atau Remain Over Night (RON). Penerapan pada 12-18 November 2022 di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Pemberlakukan pembatasan operasi penerbangan (limited operation) untuk penerbangan reguler berlaku pada 13-17 November 2022," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/11/2022).

Menurut ketentuan regulasi, tetap memastikan jadwal layanan penerbangan regular berjalan dengan jumlah pergerakan frekuensi terbang tertentu mengikuti jadwal operasional bandar udara khusus penerbangan komersial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemberitahuan Lewat SMS, WA atau Email

Terkait hal tersebut, Lion Air Group pun menghimbau kepada calon penumpang untuk melakukan pengaturan kembali rencana perjalanan udara dari dan menuju Bali melalui pilihan penerbangan langsung dan terkoneksi (via transit).

Apabila terdapat penyesuaian jadwal terbang terbaru selama periode dimaksud, Lion Air akan memberikan informasi kepada calon penumpang.

"Harap memastikan nomor telepon (handphone) dan alamat surat elektronik (e-mail) aktif adalah sesuai dengan calon penumpang yang akan berangkat," kata Danang.

Calon penumpang akan menerima pemberitahuan melalui e-mail atau SMS atau WA yang didaftarkan ketika pembelian tiket.

Jika calon penumpang tidak setuju pada jadwal terbaru, maka dapat melalukan pengaturan kembali jadwal terbang dengan mengakses tautan (link) pada e-mail pemberitahuan yang dikirimkan oleh Lion Air Group.

Bagi calon penumpang yang melakukan pembelian tiket pesawat udara melalui agen perjalanan (tour and travel) dan online travel agen atau daring (OTA) dapat menghubungi agen perjalanan terkait dan customer service Lion Air Group.

Apabila akan melakukan perubahan jadwal dapat menghubungi travel agent dan atau contact center Lion Air Group dengan memanfaatkan layanan live chat melalui website resmi Lion Air Group.

 

3 dari 3 halaman

Check-In Mandiri

Apabila calon penumpang setuju dengan jadwal terbang terbaru, maka harap memperhatikan jadwal penerbangan.

Danang meminta kepada calon penumpang memenuhi persyaratan perjalanan udara menurut aturan atau ketentuan terbaru yang sudah ditetapkan oleh kota tujuan dan tiba di bandar udara keberangkatan lebih awal.

Selain itu juga sebaiknya melalukan pelaporan mandiri. Sistem check-in di bandar udara tutup 30 menit sebelum keberangkatan domestik dan 40 menit penerbangan internasional. Sedangkan sistem ruang tunggu tutup 10 menit sebelum keberangkatan.

Hal tersebut bertujuan guna memastikan atau mengutamakan proses pelaksanaan pengaturan layanan dan operasional penerbangan bagi para tamu (setiap penumpang) berjalan lancar, tertib dan aman (safety first).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.