Sukses

Bawa Mobil Listrik ke Bandara Soetta Tak Lagi Deg-degan, Sudah Ada SPKLU

Pada tahap awal, SPKLU di Bandara Soetta difungsikan sebagai layanan non-komersial mendukung armada operasional Presidensi G20 Indonesia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II pada Rabu telah membuka Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. SPKLU ini terletak di area parkir domestik T3.

SPKLU di Bandara Soekarno Hatta ini dilengkapi 1 unit mesin DC fast charging berkapasitas 40 kWh dengan 2 socket (Combined Charging System-2 dan CHAdeMo) dan 1 unit mesin AC charging berkapasitas 22 kWh dengan 2 socket (type 2 dan GBT).

“SPKLU di Bandara Soekarno-Hatta merupakan yang pertama di kawasan bandara di Indonesia yang disediakan langsung oleh operator bandara dalam hal ini adalah AP II,” ujar President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dalam keterangan tertulis, Kamis (10/11/2022).

Pada tahap awal, SPKLU difungsikan sebagai layanan non-komersial mendukung armada operasional Presidensi G20 Indonesia 2022. Dibukanya SPKLU juga sebagai upaya mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Bandara Soekarno-Hatta.

Muhammad Awaluddin menjelaskan, jumlah kendaraan listrik di Indonesia baik roda empat maupun roda dua terus bertambah, pemerintah terus mendorong penambahan fasilitas untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik, dan Angkasa Pura II sebagai operator bandara tidak ketinggalan untuk menyediakan fasilitas yakni dengan menghadirkan SPKLU di Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini juga sebagai upaya kami dalam membangun ekosistem kendaraan listrik dan mendorong lebih banyak lagi penggunaan kendaraan listrik di bandara.” kata dia. 

“Penyedia layanan transportasi publik di Bandara Soekarno-Hatta seperti Blue Bird, Grab, Gojek dan sebagainya telah mentransformasikan armada menjadi kendaraan berbasis listrik. AP II pada tahun depan juga mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik. Secara bertahap, penggunaan kendaraan operasional di AP II termasuk di Bandara Soekarno-Hatta akan berbasis kendaraan listrik,” tambah Muhammad Awaluddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Kota Mandiri

Keberadaan SPKLU ini juga wujud Angkasa Pura II mendukung inisiatif global terkait keberlanjutan (sustainability).

“Industri aviasi global bersepakat mengurangi emisi karbon yang dicanangkan dalam program Net-zero Carbon Emissions by 2050. AP II mewujudkan hal ini melalui berbagai inisiatif, termasuk mendorong penggunaan kendaraan listrik,” jelas Muhammad Awaluddin.

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin menuturkan keberadaan SPKLU semakin melengkapi beragam fasilitas publik di Bandara Soekarno-Hatta.

“Bandara Soekarno-Hatta sudah menjadi semacam kota kecil atau kota mandiri dengan beragam fasilitas dan AP II tidak berhenti terus menambah berbagai fasilitas publik,” jelas Muhammad Awaluddin.

SPKLU di lingkungan AP II sendiri dikelola oleh PT Angkasa Pura Solusi (APS) yang merupakan anak usaha AP II.

 

3 dari 4 halaman

Bandara Lain Menyusul

Direktur Utama APS Dorma Manalu menuturkan setelah di Terminal 3 dalam waktu dekat SPKLU juga akan hadir di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta lalu kemudian secara bertahap di bandara-bandara lain yang dikelola AP II.

“Pengembangan terus dilakukan dan nanti ke depannya dilakukan komersialisasi dengan sistem pembayaran cashless menggunakan aplikasi,” jelas Dorma Manalu.

Turut hadir dalam peresmian SPKLU di Terminal 3 antara lain President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, VP of Central Operation Blue Bird Aris Budiarto dan Kasatlantas Polres Bandara Soekarno-Hatta Kompol Bambang Askar Sodiq.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menuturkan SPKLU di Terminal 3 merupakan bentuk dukungan penuh terhadap ekosistem kendaraan listrik di Bandara Soekarno-Hatta.

“Ini dukungan yang baik untuk ekosistem kendaraan listrik. Saat ini terdapat 20 unit kendaraan listrik Grab di Bandara Soekarno-Hatta dan akan bertambah lagi,” jelas Ridzki Kramadibrata.

VP of Central Operation Blue Bird Aris Budiarto mengatakan Blue Bird sangat mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Bandara Soekarno-Hatta.

“Kendaraan listrik di Bandara Soekarno-Hatta antara lain Tesla dan BYD, untuk taksi reguler dan rental. Ke depannya jumlah armada kendaraan listrik akan terus bertambah,” jelas Aris Budiarto.

 

4 dari 4 halaman

Bandara Kelas Dunia

Adapun Polres Bandara Soekarno-Hatta juga melengkapi armadanya dengan kendaraan listrik.

Kasatlantas Polres Bandara Soekarno-Hatta Kompol Bambang Askar Sodiq menyampaikan kehadiran SPKLU ini membuktikan bahwa mewujudkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara kelas dunia bukan retorika.

“Kepolisian di Bandara Soekarno-Hatta juga telah menggunakan kendaraan listrik yang di mana juga untuk penanganan keamanaan G20 dan sekarang didukung juga dengan adanya SPKLU,” ujar Kompol Bambang Askar Sodiq.

Melalui kolaborasi seluruh stakeholder, ekosistem kendaraan listrik akan terus berkembang di Bandara Soekarno-Hatta dan turut mendukung program pemerintah yang menargetkan penggunaan kendaraan listrik mencapai 80 persen pada 2030.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.