Sukses

Harga Minyak Menguat Tipis, Brent Dipatok USD 92,48 per Barel

Harga minyak mentah berjangka Brent terangkat 85 sen atau 0,9 persen, menjadi diperdagangkan di USD 92,48 per barel pada pukul 00.19 GMT, pulih dari penurunan 6,4 persen minggu lalu.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak hari ini menguat dalam perdagangan tipis pada Senin pagi, karena penguatan dolar AS mereda sementara investor menunggu data dari China untuk mengukur permintaan di importir minyak mentah utama dunia itu.

Dikutip dari Antara, Senin (17/10/2022), harga minyak mentah berjangka Brent terangkat 85 sen atau 0,9 persen, menjadi diperdagangkan di USD 92,48 per barel pada pukul 00.19 GMT, pulih dari penurunan 6,4 persen minggu lalu.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS diperdagangkan di USD 86,34 per barel, terdongkrak 73 sen atau 0,9 persen, setelah mencatat penurunan 7,6 persen minggu lalu.

Harga minyak mendapat dukungan dari kombinasi beberapa faktor, termasuk komentar Presiden China Xi Jinping di Kongres Partai yang meyakinkan kebijakan akomodatif untuk ekonomi, tanda positif untuk prospek permintaan, kata Analis CMC Markets, Tina Teng.

"Indeks dolar AS berjangka lebih rendah hari ini, yang juga memberikan peluang rebound untuk pasar minyak," tambahnya. Dolar yang lebih lemah membuat minyak lebih terjangkau bagi pemegang mata uang lainnya.

China diperkirakan akan merilis data perdagangan dan ekonomi minggu ini. Meskipun pertumbuhan PDB kuartal ketiga dapat pulih dari kuartal sebelumnya, kebijakan ketat COVID-19 Xi membuat ekonomi nomor dua dunia itu menghadapi apa yang kemungkinan besar akan menjadi tahun dengan kinerja terburuk dalam hampir setengah abad.

Ke depan, harga minyak diperkirakan akan tetap fluktuatif karena pengurangan produksi oleh OPEC+ akan memperketat pasokan menjelang embargo Uni Eropa terhadap minyak Rusia, sementara dolar AS yang kuat dan kenaikan suku bunga lebih lanjut dari Federal Reserve AS membatasi kenaikan harga.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengurangan Produksi

Presiden The Fed St Louis James Bullard mengatakan pada Jumat (14/10/2022) inflasi telah "merusak" dan sulit untuk ditahan, dan menjamin kelanjutan kebijakan agresif melalui peningkatan suku bunga yang lebih besar dari tiga perempat poin persentase.

Negara-negara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutu mereka, termasuk Rusia, pada Minggu (16/10/2022) berbaris untuk mendukung pengurangan produksi curam yang disepakati bulan ini setelah Gedung Putih, meningkatkan perang kata-kata dengan Arab Saudi, menuduh Riyadh memaksa negara lain untuk mendukung langkah tersebut.

OPEC+ berjanji pada 5 Oktober untuk memangkas produksi sebesar 2 juta barel per hari, yang akan menyebabkan penurunan aktual sekitar 1 juta barel per hari karena beberapa anggota sudah berproduksi di bawah target mereka.

Meskipun demikian, eksportir utama Arab Saudi akan menjaga ekspor ke pasar utama Asia stabil pada November.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Anjlok Lebih dari 3 Persen Dibayangi Kekhawatiran Resesi

Sebelumnya, haarga minyak anjlok lebih dari 3 persen pada perdagangan Jumat karena kekhawatiran resesi global dan permintaan minyak yang lemah, terutama di China. Hal ini melebihi dukungan dari pemotongan besar-besaran terhadap target pasokan minyak negara-negara OPEC+.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (15/10/2022), harga minyak mentah berjangka Brent turun USD 2,94 atau 3,1 persen menjadi USD 91,63 per barel. Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun USD 3,50 atau 3,9 persen menjadi USD 85,61.

Harga minyak Brent dan WTI terombang-ambing antara wilayah positif dan negatif pada perdagangan Jumat tetapi turun sepanjang minggu ini masing-masing sebesar 6,4 persen dan 7,6 persen.

Inflasi inti AS mencatat kenaikan tahunan terbesar dalam 40 tahun, memperkuat pandangan bahwa suku bunga akan tetap lebih tinggi lebih  lama dengan risiko resesi global. Keputusan suku bunga AS berikutnya akan jatuh tempo pada 1-2 November.

Sebuah survei menunjukkan bahwa sentimen konsumen AS terus membaik pada bulan Oktober, tetapi ekspektasi inflasi rumah tangga sedikit menurun.

"(Peningkatan sentimen konsumen) dipandang sebagai negatif karena itu berarti Fed perlu mematahkan semangat konsumen dan memperlambat ekonomi lebih lanjut, dan itu menyebabkan kenaikan dolar dan tekanan ke bawah pada pasar minyak,” kata Analis Price Futures Group Chicago, Phil Flynn.

Kurs dolar AS naik sekitar 0,8 persen. Dolar yang menguat mengurangi permintaan minyak dengan membuat bahan bakar lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

4 dari 4 halaman

Pasokan AS

Dalam pasokan AS, perusahaan energi minggu ini menambahkan delapan rig minyak sehingga totalnya menjadi 610, tertinggi sejak Maret 2020, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.

China, importir minyak mentah terbesar di dunia, telah memerangi wabah COVID-19 setelah liburan selama seminggu. Penghitungan infeksi negara itu kecil menurut standar global, tetapi mematuhi  kebijakan nol-COVID  yang sangat membebani kegiatan ekonomi dan dengan demikian permintaan minyak.

Badan Energi Internasional (IEA) pada hari Kamis memangkas perkiraan permintaan minyak untuk tahun ini dan tahun depan, memperingatkan  potensi resesi global .

Pasar masih mencerna keputusan minggu lalu dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama dikenal sebagai OPEC+, ketika mereka mengumumkan pemotongan 2 juta barel per hari (bph) untuk target produksi minyak.

Kurangnya produksi di antara kelompok berarti ini mungkin akan diterjemahkan menjadi pemotongan 1 juta barel per hari, perkiraan IEA.

Arab Saudi dan Amerika Serikat telah  bentrok atas keputusan tersebut .

Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) mengatakan, pengelola uang menaikkan posisi net long minyak mentah berjangka AS dan posisi opsi sebesar 20.215 kontrak menjadi 194.780 dalam pekan hingga 11 Oktober. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.