Sukses

Harga Minyak Brent Amblas ke USD 92,27 per Barel Imbas Prospek Permintaan Lesu

Harga minyak mentah brent berjangka turun USD 2,02 atau 2,14 persen menjadi USD 92,27 per barel

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak berjangka turun untuk hari ketiga pada hari Rabu (Kamis waktu Jakarta). Turunnya harga minyak dunia imbas dari kurs dolar Amerika Serikat (AS) yang lebih kuat dan kekhawatiran tentang permintaan yang lebih lemah serta kenaikan suku bunga melebihi kekhawatiran pasokan yang mengikuti pemotongan OPEC+ minggu lalu ke target produksinya.

Baik OPEC dan Departemen Energi AS memangkas prediksi permintaan minyak mereka. Pekan lalu, bersama dengan sekutu termasuk Rusia, OPEC mengirim harga naik ketika setuju untuk memotong pasokan sebesar 2 juta barel per hari (bph).

Dikutip dari CNBC, Kamis (13/10/2022), harga minyak mentah brent berjangka turun USD 2,02 atau 2,14 persen menjadi USD 92,27 per barel. Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate AS turun USD 2,38, atau 2,66 persen ke level USD 876,97.

OPEC pada hari Rabu memangkas prospek pertumbuhan permintaan tahun ini antara 460.000 barel per hari dan 2,64 juta barel per hari mengikuti kebangkitan langkah-langkah penahanan COVID-19 China dan inflasi yang tinggi.

“Ekonomi dunia telah memasuki masa ketidakpastian yang meningkat dan tantangan yang meningkat," kata OPEC dalam laporan bulanannya.

Departemen Energi AS menurunkan ekspektasi untuk produksi dan permintaan minyak di Amerika Serikat. Sekarang hanya melihat peningkatan 0,9 persen dalam konsumsi pada tahun 2023, turun dari perkiraan sebelumnya untuk kenaikan 1,7 persen. 

Produksi minyak mentah diperkirakan akan tumbuh sebesar 5,2 persen, turun dari perkiraan sebelumnya sebesar 7,2 persen.

Pasar energi juga berada di bawah tekanan dari dolar, yang menguat terhadap mata uang berimbal hasil rendah seperti yen. Komitmen Federal Reserve untuk terus menaikkan suku bunga untuk membendung inflasi yang tinggi telah mendorong imbal hasil, membuat mata uang AS lebih menarik bagi investor asing.

"The Fed akan tetap pada jalurnya saat ini karena kami belum melihat banyak bukti bahwa inflasi yang mendasari," kata Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inflasi

Inflasi tingkat produsen AS mengipasi kekhawatiran pada perdagangan Rabu, karena harga ritel naik lebih dari yang diantisipasi. 

Dolar yang lebih kuat membuat komoditas berdenominasi dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lain dan cenderung membebani minyak dan aset berisiko lainnya.

“Dalam jangka pendek, Anda tidak bisa melawan The Fed,” kata Phil Flynn, analis Price Futures Group di Chicago. 

Keputusan OPEC telah membuat marah Amerika Serikat, dengan Presiden AS Joe Biden bersumpah atas konsekuensi yang tidak ditentukan untuk hubungan dengan Arab Saudi setelah langkah tersebut, karena ketatnya pasokan saat ini di seluruh dunia.

 

3 dari 3 halaman

Kontrak Energi

Satu-satunya kontrak energi utama yang diperdagangkan di wilayah positif pada hari Rabu adalah minyak pemanas, karena kontrak berjangka tersebut naik 1,7 persen. Sinyal bagi para pedagang tentang kekhawatiran berkelanjutan tentang pasokan musim dingin.

Perusahaan monopoli pipa milik negara Rusia Transneft pada hari Rabu mengatakan telah menerima pemberitahuan dari operator Polandia PERN tentang kebocoran pada pipa minyak Druzhba, Interfax melaporkan.

Dana Moneter Internasional pada hari Selasa memangkas perkiraan pertumbuhan global untuk 2023 dan memperingatkan peningkatan risiko resesi global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.