Sukses

ID FOOD Sebar 5.000 Paket Sembako Murah di Purwakarta

Liputan6.com, Jakarta Holding pangan ID FOOD komitmen wujudkan pemerataan pangan di sejumlah wilayah, termasuk wilayah Purwakarta Jawa Barat melalui Gelar Pasar Murah BUMN.

Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan, mengatakan ID FOOD terus berkontribusi untuk Indonesia dengan mewujudkan pemerataan pangan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kegiatan ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk meringankan beban masyarakat dan menjaga keseimbangan pasar dengan menyediakan dan mendistribusikan paket sembako pangan dengan harga terjangkau,” jelas Frans, Sabtu (24/9/2022).

Frans menjelaskan, langkah ini merupakan wujud BUMN Pangan hadir meringankan beban rakyat melalui kegiatan operasi pasar murah. ID FOOD berperan sebagai penyedia pangan sebanyak 5000 paket berisi 5 kg beras, 1 kg gula dan 1 liter minyak goreng dengan harga terjangkau.

Paket sembako yang setara dengan harga Rp 90 ribu ini disediakan untuk 5 ribu kupon dan masyarakat menukar kupon seharga Rp 55 ribu dalam operasi pasar murah BUMN berlokasi di GOR Purnawarman Purwakarta.

“ID FOOD Komitmen jaga pasokan pangan sebagai upaya antisipasi krisis pangan, wilayah Jawa Barat potensi untuk pengembangan pangan lokal melalui program Makmur sektor pertanian dengan   perbaikan hulu pangan seperti perluasan lahan komoditas tebu dan di hilir potensi pengembangan distribusi produk retail ke seluruh wilayah,” ungkap Frans.

Selain itu, pemerataan pangan juga diwujudkan ke pelosok wilayah lainnya, lebih lanjut Frans mengatakan bahwa dalam waktu dekat ID FOOD bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan akan mendistribusikan lagi minyak goreng MINYAKITA melalui optimalisasi tol laut ke Maluku Utara Indonesia Timur sebanyak 20 kontainer dengan volume sekitar 392.140 liter melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Ini wujud komitmen kami dalam mewujudkan pemerataan pangan hingga ke pelosok negeri,” pungkasnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Sebar 5 Ribu Paket Sembako Murah di Purwakarta

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir membagikan 5 ribu paket sembako murah melalui program pasar murah BUMN di Purwakarta. Langkah ini disebut sebagai upaya meringankan beban masyarakat.

Dalam pasar murah tersebut, masyarakat cukup membayar Rp 55.000 untuk mendapatkan kupon sembako. Kemudian, bisa menukarkannya untuk mendapatkan paket sembako.

Jika dihitung secara keekonomian, paket yang berisi beras 5 kg, 1 kg gula, dan 1 liter minyak goreng ini menyentuh Rp 90.000. Jadi ada penghematan kurang lebih Rp 35.000 per paket sembako.

Ditambah adanya bazaar UMKM terpusat pada pemberian stand bazaar secara gratis kepada puluhan UMKM untuk menjual produk makanan serta kerajinan lokal.

Erick Thohir berharap operasi pasar murah dapat meringankan beban masyarakat sekaligus menjaga keseimbangan pasar. Bagi Erick, masyarakat yang menghadapi kenaikan harga pada beberapa bahan baku harus diberikan solusi oleh BUMN sebagai komitmen kehadiran pemerintah dan negara untuk menyediakan sembako dan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

"Saat ini, ketika tekanan dan gejolak ekonomi sedang tinggi, kita harus bersama-sama mengatasi kesulitan di masyarakat. Operasi pasar murah BUMN bersama Pemda dan TNI-Polri ini untuk membantu dan berbagi ke masyarakat yang sudah mendukung pemerintah dan BUMN selama ini. Semoga pasar murah ini dapat meringankan beban rakyat," ujar Erick Thohir di acara Pasar Murah dan Bazar UMKM yang berlangsung di GOR Purnawarman, Purwakarta, Jawa Barat, mengutip keterangan resmi, Jumat (23/9/2022)

Dalam kegiatan yang dihadiri Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan melibatkan Bio Farma dan Perum Jasa Tirta II, Erick menambahkan bahwa operasi pasar murah dan bazar UMKM yang digelar secara bersamaan juga bertujuan meningkatkan geliat perekonomian daerah.

"UMKM sebagai ujung tombak ekonomi Indonesia juga menyediakan lapangan kerja. Karena itu, kami di pemerintahan siap membantu dan memberikan kemudahan usaha. Salah satunya pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) agar mereka punya akses ke pemodalan dan juga pendampingan," tambah Erick Thohir.

3 dari 3 halaman

Program Lainnya

Erick menambahkan, BUMN memiliki sejumlah program BUMN lainnya yang membantu masyarakat. Seperti program Makmur untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian atau perkebunan.

Hingga Juli 2022, secara nasional program Makmur telah terlaksana di atas lahan seluas 184.305 hektar atau 73 persen dari target 250.000 hektar pada akhir tahun 2022, dengan jumlah petani binaan 94.431 orang.

"Saya optimistis, program-program BUMN akan membuka lapangan kerja, kesempatan berusaha, dan kemajuan UMKM Purwakarta agar warganya bisa lebih makmur dan maju," ungkap Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.