Sukses

Buruh Tak Izin Ikut Demo BBM, Siap-Siap Kena Sanksi dari Pengusaha

Aksi demo BBM naik yang digelar oleh kelompok buruh hingga mahasiswa turut menarik perhatian pihak pengusaha

Liputan6.com, Jakarta Aksi demo BBM naik yang digelar oleh kelompok buruh hingga mahasiswa turut menarik perhatian pihak pengusaha. Pasalnya, kegiatan usaha ditenggarai turut terdampak akibat unjuk rasa tersebut.

"Tentu karena ada buruh/pekerja yang ikut demo, maka mengganggu aktivitas di perusahaan," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno kepada Liputan6.com, Selasa (6/9/2022).

Benny menyatakan, buruh yang tidak mengantongi izin dari pemberi kerja pun terancam mendapat sanksi.

"Sepanjang tidak ada ijin maka akan diberikan sanksi sesuai perjanjian kerjanya," tegas dia.

Kendati begitu, ia menghormati aksi demo BBM oleh para pekerja sebagai bentuk asas demokrasi. Kelompok pengusaha pun disebutnya akan terus memantau aksi unjuk rasa ke depan yang turut melibatkan para pekerjanya.

"Demo bagian dari era demokrasi. Kita selalu antisipasi dengan komunikasi dengan SP setempat," ungkap Benny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buruh Menolak

Seperti diketahui, kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM membuat buruh meradang. Mereka pun menggelar aksi demo BBM hari ini dengan tujuan Gedung DPR RI di Jakarta. Aksi serupa dilakukan buruh di kantor gubernur dan sentra industri di sejumlah kota besar.

Selain para buruh, demo kenaikan BBM juga akan diikuti mahasiswa dari berbagai kampus.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang juga Presiden Partai Buruh Said Iqbal menegaskan, puluhan ribu buruh akan melakukan aksi demo BBM pada Selasa, 6 September 2022 di sejumlah kota besar.

"Aksi ini diorganisir Partai Buruh dan organisasi serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, PRT, buruh migran, miskin kota, dan organisasi perempuan di 34 provinsi. Aksi serentak akan dilakukan di kantor gubernur," kata Said Iqbal, seperti dikutip Selasa (6/9/2022).

Demo BBM dikabarkan dihadiri ribuan orang dari berbagai elemen buruh yang tersebar di kawasan Jabodetabek. Tuntutan terutama mendesak kepada pihak pemerintah untuk membatalkan kenaikan BBM tersebut.

3 dari 3 halaman

Momen Anggota DPR Rayakan Ultah Puan Maharani Saat Demo BBM

Ruang rapat paripurna DPR RI ramai perayaan ulang tahun Ketua DPR RI Puan Maharani. Para anggota DPR RI yang hadir dalam rapat paripurna riuh menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' milik Band Jamrud.

Saat itu, DPR menggelar rapat paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 DPR RI dan penyampaian laporan kinerja DPR RI tahun sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Kemudian, ketika agenda pertama rapat paripurna ditutup, lagu selamat ulang tahun diputar ruang sidang. Mayoritas anggota DPR bertepuk tangan dan berjoget.

"Kami, seluruh peserta sidang dan undangan mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ketua DPR RI Ibu Puan Maharani. Semoga panjang umur, sehat dan sukses selalu serta dalam lindungan Allah. Mari kita nyanyikan bersama lagu ulang tahun untuk Ketua DPR RI," kata pembawa acara rapat paripurna.

Sementara itu, Puan terlihat ikut berdiri dan bertepuk tangan. Wajahnya terlihat bahagia. Dia tersenyum semringah.

Selanjutnya agenda kedua rapat paripurna digelar. Yaitu pengambilan keputusan RUU Pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN tahun anggaran 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demo kenaikan Bahan Bakar Minyak atau demo BBM dilakukan sejumlah elemen massa di kawasan Istana dan Gedung DPR, Senayan, Jakarta.
    Demo kenaikan Bahan Bakar Minyak atau demo BBM dilakukan sejumlah elemen massa di kawasan Istana dan Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

    Demo BBM Naik

  • Demo kenaikan Bahan Bakar Minyak atau demo BBM dilakukan sejumlah elemen massa di kawasan Istana dan Gedung DPR, Senayan, Jakarta.
    Demo kenaikan Bahan Bakar Minyak atau demo BBM dilakukan sejumlah elemen massa di kawasan Istana dan Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

    Demo Kenaikan BBM

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha

  • Buruh adalah sebutan lain dari seorang yang bekerja untuk orang lain.

    Buruh

  • Harga BBM naik menyebabkan masyarakat melakukan aksi demo di Gedung DPR, MPR RI, Senayan.

    demo bbm

  • Harga BBM