Sukses

Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Jokowi Ucapkan Belasungkawa dari Abu Dhabi

Menpan-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan bela sungkawa dalam lawatannya di Uni Emirat Arab.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refirmasi Birokrasi atau Menpan-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa.

Jokowi saat ini tengah mengadakan lawatan ke luar negeri, tepatnya tengah berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Saya tengah berada dalam lawatan di luar negeri ketika mendengar kabar duka dari Tanah Air bahwa Bapak Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah di Jakarta pada hari Jumat pukul 11.10 WIB. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun," tulis Jokowi dalam Instagram resminya, Jumat (1/7/2022).

Jokowi juga menyampaikan penilaianya terhadap Tjahjo Kumolo semasa hidupnya.

"Semasa hidupnya, almarhum Tjahjo Kumolo adalah seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," tambah Jokowi.

"Atas nama pemerintah, negara, dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya kuat dan tabah," tutup Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tjahjo Kumolo akan Disalatkan di Masjid Kementerian PANRB dan Dimakamkan di TMP Kalibata

Kabar duka kembali muncul, setelah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang ini.

Almarhum dikabarkan berpulang sekitar pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta. Sebelumnya, Tjahjo Kumolo sempat dirawat intensif beberapa hari di tempat tersebut.

Kabarnya, almarhum kelak akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Informasi ini turut dikonfirmasi oleh jajaran Kementerian PANRB, Jumat (1/7/2022).

Menurut informasi yang beredar, Tjahjo Kumolo disemayamkan di Rumah Dinas Menteri PANRB yang betempat di komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Setelahnya, almarhum akan dibawa ke bekas kantornya untuk disholatkan di Masjid Quba Kantor Kementerian PANRB, Jakarta Selatan.

Pasca melalui proses sholat jenazah, almarhum bakal dibawa ke rumah terakhirnya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Namun, sejauh ini belum ada informasi lebih rinci kapan proses itu akan dilakukan. Pun bila ada perubahan, pihak Kementerian PANRB akan menginformasikannya lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Menteri Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, BKN Berduka

Badan Kepegawaian Negara (BKN) turut berbela sungkawa atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo. Menteri Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang ini.

"Keluarga Besar Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Tjahjo Kumolo," tulis Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama BKN, Satya Pratama.

"Semoga Almarhum diampuni segala dosa/khilafnya dan diterima seluruh amal ibadahnya, serta kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan dan kekuatan lahir & batin," ungkapnya.

Kabar duka berpulangnya Tjahjo Kumolo ini ramai tersiar melalui pesan grup WhatsApp pada Jumat siang ini. Dikabarkan almarhum meninggal pada pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

Pria kelahiran Surakarta 1 Desember 1957 ini dalam beberapa hari terakhir kondisi kesehatannya memang menurun, dan perlu dirawat secara intensif di rumah sakit.

Adapun Tjahjo bukan sosok asing di bawah pemerintahan. Sebelum menjabat sebagai Menteri PANRB, beliau sempat mendapuk amanah sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di era periode pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seusai jatuh sakit, posisinya sebagai Menteri PANRB digantikan oleh Menkopolhukan Mahfud MD, selaku Menteri PANRB ad interim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.