Sukses

Pelajari 3 Trik Jawab Pertanyaan Wawancara Kerja Soal Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Memulai karier di bidang keuangan bisa jadi hal yang sulit. Apalagi bagi mereka para lulusan baru yang harus merasakan wawancara kerja pertama kali pada saat tahap rekrutmen.

Saat-saat sekarang ini adalah waktu yang tepat bagi mahasiswa keuangan dan ekonomi untuk memasuki dunia kerja.

Sebagai informasi, magang di Wall Street bisa menghasilkan 30 persen lebih banyak di tahun ini, dengan beberapa penghasilan hampir USD 10.000 per bulan.

Akan tetapi, ada beberapa persyaratan untuk bisa mendapatkan peluang tersebut, seperti memenuhi kualifikasi, IPK tinggi, dan pengalaman yang relevan.

Di samping itu, kandidat juga harus mampu melewati proses wawancara hingga akhirnya mendapatkan pekerjaan.

Menurut pendiri sekaligus CEO Wall Street Oasis (WSO) Patrick Curtis, bisnis pelatihan pemodelan dan wawancara keuangan untuk bidang-bidang, seperti perbankan investasi dan keuangan, jaringan adalah kunci untuk mendapatkan terobosan besar Anda.

“Ini semua tentang hubungan. Anda mengenal seseorang di dalam, dan hanya itu. Begitulah cara Anda mendapatkan wawancara,” katanya seperti melansir CNBC, Kamis (26/5/2022).

“Dan kemudian jika Anda mendapatkan wawancara, Anda sudah siap dan Anda telah menggali pertanyaan teknis Anda, mengapa Anda ingin berada di sana dan tentang pekerjaan apa karena Anda telah berbicara dan belajar dari orang-orang yang sudah berada di industri,” sambungnya.

Curtis mengatakan bahwa proses wawancara bisa membuat stres, tetapi persiapan yang matang dapat membantu Anda menjawab beberapa pertanyaan sulit.

Kira-kira apa saja yang perlu disiapkan?

Terkait hal itu, Tim di Wall Street Oasis menyusun daftar pertanyaan wawancara potensial yang harus disiapkan oleh kandidat. Berikut adalah tiga pertanyaan wawancara teratas menurut mereka dan cara menjawabnya.

 

 

2 dari 4 halaman

Ceritakan tentang waktu yang…

Menurut WSO, pertanyaan ini sering muncul saat wawancara untuk posisi di perbankan investasi. Meskipun ada banyak variasi dari pertanyaan ini, mereka menyarankan untuk memiliki “tanggapan yang terlatih dengan baik untuk masing-masing pertanyaan dan pedoman umum untuk diikuti”.

“Idealnya, Anda dapat membuat 6-8 cerita yang mencakup 30-40 pertanyaan dasar, hanya dengan sedikit modifikasi. Jangan sayap itu. ”

WSO menyarankan untuk menggunakan metode SOAR untuk memetakan cerita Anda, yaitu:

S: situation atau situasi, atur cerita dalam waktu sekitar 10-15 detik

O: obstacle atau kendala, jelaskan apa masalahnya dalam 10-15 detik

A: action atau tindakan, beri tahu mereka bagaimana Anda berencana untuk menyelesaikan masalah dalam 60-75 detik

R: result atau hasil, jelaskan apa yang terjadi setelah Anda mengambil tindakan dalam 15-30 detik

 

 

3 dari 4 halaman

Apa pendapat teman/teman sekamar/manajer sebelumnya tentang Anda?

WSO mengatakan pertanyaan ini sering dilontarkan oleh perekrut dalam wawancara ekuitas swasta. Biasanya pewawancara mencari jawaban yang menunjukkan “kepercayaan diri bercampur dengan kerendahan hati”.

Kecuali jika ditanya secara khusus, WSO mengatakan para kandidat tidak perlu merasa tertekan untuk menyebutkan kelemahan mereka selain kelebihan mereka. Alih-alih, gunakan pertanyaan ini untuk menunjukkan kekuatan Anda kepada pewawancara dan gunakan cerita atau contoh jika ada.

“Ketika dihadapkan dengan pertanyaan ini, beberapa kandidat merasa sulit untuk memuji diri sendiri dan gagal menonjolkan kualitas terbaik mereka. Kandidat lain bertindak berlebihan dan menggambarkan diri mereka dalam istilah yang tidak masuk akal. Titik manis untuk pertanyaan ini adalah untuk menggambarkan diri Anda dalam beberapa istilah positif yang masuk akal yang Anda harap ada di dalam diri Anda atau yang dilihat orang lain dalam diri Anda,” menurut WSO.

 

 

4 dari 4 halaman

Jika Anda memiliki USD 1 juta untuk memulai bisnis apa pun sekarang, apa yang akan Anda lakukan?

Jika Anda akan wawancara untuk pekerjaan hedge fund, kemungkinan besar, Anda akan ditanyai pertanyaan ini. Ada beberapa cara untuk menjawab pertanyaan tersebut, tetapi semuanya harus “focus dengan dana”. WSO mengatakan tanggapan Anda mungkin dihargai, pengembalian modal, pertumbuhan, oportunistik, atau bahkan berorientasi pada situasi khusus.

“Untuk pendekatan pertumbuhan, bicaralah tentang bisnis yang dapat meningkatkan penjualan, pengguna, dan kemungkinan pangsa pasar dengan cepat, dan jangan khawatir tentang keuntungan. Tujuan akhirnya dapat meningkatkan modal luar tambahan dari malaikat atau perusahaan ventura atau keluar dari perusahaan dengan diakuisisi.”

Dalam dana situasi oportunistik atau khusus, Anda dapat mendiskusikan memulai perusahaan induk untuk membeli aset produktif dengan harga lebih rendah yang akan menawarkan pengembalian investasi yang wajar, termasuk “real estat murah, rumah mobil, atau aset tertekan lainnya yang tidak disukai”.

Untuk pendekatan nilai, profitabilitas, dan pengembalian modal, WSO menyarankan untuk berfokus pada ide bisnis “margin tinggi dan persaingan rendah” yang dapat menunjukkan pertumbuhan pendapatan dan profitabilitas yang konsisten.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati