Sukses

PLN Siap Pasok Setrum Listrik 1.000 MW ke Kawasan Industri Mongondow

Dalam pembangunan proyek Kawasan Industri Kimong, PLN berkomitmen menjaga ketersediaan energi listrik yang andal.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) siap memasok listrik ke Kawasan Industri Mongondow (Kimong), Sulawesi Utara, agar dapat menarik investor menanamkan modalnya di wilayah tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UIW Suluttenggo) Leo Basuki mengatakan, dalam pembangunan proyek Kawasan Industri Kimong, PLN berkomitmen menjaga ketersediaan energi listrik yang andal.

Ini dimulai dari proyek pembangunan hingga nanti sudah beroperasi penuh sesuai kebutuhan investor. Proyeksi kebutuhan daya listrik di kawasan ini mencapai 1.000 MW.

“Kami siap menyediakan kebutuhan listrik yang dibutuhkan dan tidak hanya itu kami menyediakan layanan Renewable Energy Certificate (REC) sebagai bagian dari kampanye energi baru terbarukan oleh PLN,” tutur dia dalam keterangannya, Kamis (19/5/2022).

Turut hadir Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow dan perwakilan pihak investor yang berinvestasi dalam pembangunan Proyek Kimong yaitu Peng Cheng dan Kentjana mengunjungi lokasi rencana dibangunnya beberapa infrastruktur di Kawasan Industri Mongondow (Kimong).

PLN membawa serta Investor untuk mengunjungi langsung infrastruktur kelistrikan PLN, yaitu Gardu Induk Lolak untuk meyakinkan investor bahwa PLN siap secara infrastruktur dalam mendorong percepatan investasi yang direncanakan.

Pertemuan antara Pemerintah, PLN dan investor ini menjadi sinyal komitmen baik untuk mempercepat rencana pengembangan pembangunan proyek strategis ini.

Dalam kawasan industri Kimong direncanakan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter dengan jenis mineral aluminium, kapasitas produksi tahap pertama diperkirakan hingga 500 ribu ton logam dan investasinya kurang lebih USD 1 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana

Pembangunan kawasan industri Kimong berpotensi mendorong pembangunan ekonomi daerah dan nasional dengan program hilirisasi yang ada.

Menurut Kentjana, jaminan keandalan pasokan listrik dari PLN meyakinkan pihak investor Kimong untuk mantap berinvestasi pada proyek yang bertujuan menjadikan Bolaang Mongondow sebagai salah satu kiblat industri di Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak PLN dibawa langsung ke site PLN. Dan kami harap di masa depan saat kami sudah turun berinvestasi, kami bisa kerja sama lebih lancar dan lebih lanjut dan menbantu perkembangan ekonomi”, ujar Kentjana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.