Sukses

Kementan Gelar Pangan Murah di Sumatera Selatan Jelang Idulfitri

Hal ini dilakukan untuk memperlancar distribusi dan mendekatkan kebutuhan pangan dari daerah surplus ke daerah defisit sehingga setiap daerah tercukupi.

Liputan6.com, Palembang Dalam menghadapi tingginya permintaan kebutuhan pokok menghadapi bulan Ramadhan dan menjelang Idulfitri, Kementerian Pertanian RI (Kementan) terus memastikan stok kebutuhan pokok di pasar dalam kondisi aman. 

Melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Gelar Pangan Murah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Idulfitri 1443 Hijriyah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan sesuai arahan Presiden Joko Widodo sinergi lintas Kementerian harus terus diperkuat dalam memastikan bahan pokok dapat terjangkau oleh masyarakat. Caranya yakni memperlancar distribusi dan mendekatkan kebutuhan pangan dari daerah surplus ke daerah defisit sehingga setiap daerah tercukupi.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi menambahkan, jaminan ketersediaan pangan merupakan salah satu pilar yang menjadi fokus perhatian Kementan.

"Penting untuk harus terus menjamin kebutuhan pangan agar tak ada satu orang pun yang luput pemenuhan kebutuhan pangannya. Oleh karenanya, mari kita bahu membahu dalam hal swasembada pangan agar ketahanan pangan kita terjamin," ujar Dedi.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (26/4) ini menghadirkan para produsen dan pedagang berbagai produk bahan pangan pokok serta olahan hasil pertanian dengan harga yang terjangkau.

Rohma, salah satu pembeli yang datang mengungkapkan bahwa harga pangan yang dijual pada gelaran pangan murah ini jauh lebih murah dibandingkan harga di pasar. Dia berharap agar kegiatan serupa agar sering dilakukan karena sangat membantu masyarakat dalam memperoleh pangan yang murah dan tentunya berkualitas.

Senada dengan yang diungkapkan Rohma, terlihat salah satu kios yang menjual produk sapi dengan harga Rp129 ribu/kg bahkan terdapat daging promo yang dijual seharga Rp80 ribu/kg. Biki selaku penjual menyatakan sampai pada pukul 10.00 daging yang dijualnya sudah laku sebanyak 30 kg, hal ini karena adanya antusiasme yang tinggi dari masyarakat yang melihat bahwa harga yang dijual disini lebih murah.

Walaupun kegiatan gelar pangan murah ini belum dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, namun dapat terlihat antusiasme masyarakat yang berbondong bondong menghadiri serta membeli produk-produk yang dijual di gelar pangan murah hari pertama.

Gelar Pangan Murah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Idulfitri 1443 Hijriyah ini akan berlangsung selama tiga hari (26-28 April), bertempat di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.