Sukses

Ingin Bangun Bisnis Bersama Pasangan? Ini Tipsnya Biar Sukses

Berikut ini tips membangun bisnis yang sukses bersama pasangan.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang salah ketika sebuah pasangan merencanakan hingga membangun bisnis bersama-sama. Namun, lebih baik pahami beberapa poin penting terlebih dahulu sebelum memulainya agar usaha tersebut mampu bertahan jangka panjang.

Di samping itu, hal yang perlu diingat ketika membangun bisnis bersama pasangan adalah pasti akan terjadinya pasang surut. Selain itu, menyatukan dua kepala untuk tetap sejalan pun tentu tidak mudah.

Karenanya, Anda harus memikirkan beberapa hal penting sebelum mulai memutuskan untuk berbisnis dengan pasangan.

Melansir laman Enterpreneur, Jumat (11/3/2022), berikut ini tips membangun bisnis yang sukses bersama pasangan.

1. Pastikan memiliki hubungan yang sehat sebelum mulai berbisnis

Jika Anda dan pasangan tidak saling membahagiakan, memilih membangun bisnis mungkin justru akan membuat stres. Tuntutan yang datang ketika memiliki bisnis bersama akan sangat menguji hubungan Anda lebih besar.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memiliki fondasi yang kuat ketika memutuskan untuk membangun bisnis bersama pasangan. Hal yang pertama adalah memastikan bahwa Anda memiliki hubungan yang sehat bersama pasangan.

2. Tetapkan tujuan dan fokus

Setelah mengetahui bahwa hubungan Anda bersama pasangan termasuk yang sehat, langkah selanjutnya adalah menetapkan tujuan agar bisa fokus.

Kendala terbesar adalah terkait waktu. Anda perlu tahu bagaimana memfokuskan waktu agar menjadi efisien dengan tetap menjaga keseimbangan antara hubungan dan bisnis.

Ini akan menjadi salah satu rintangan terbesar. Sebab, Anda perlu memahami bahwa kesuksesan itu dibangun dari pengorbanan wakt.

Ingat, sebagian besar pasangan tidak akan pernah berhasil membangun bisnis bersama karena mereka tidak akan mampu mempertahankan fokus dan meluangkan waktu dengan baik. Tentunya waktu untuk hubungan dan bisnis yang dijalankan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Temukan gairah dan kembangkan visi

Setelah Anda menetapkan tujuan dan harapan, selanjutnya Anda harus fokus pada bisnis yang dapat mencapai kesuksesan. Misalnya pada saat mengembangkan ide, Anda fokus dengan apa yang dikuasai atau disukai.

Jangan takut dengan kegagalan. Yakinlah bahwa setelah gagal Anda akan menjadi seseorang yang sukses.

Terlebih ketika Anda saling memahami kekuatan bersama pasangan, memiliki visi yang kohesif, dan menghormati peran masing-masing. Hal-hal seperti itu yang akan mendukung Anda dan pasangan mengembangkan bisnis bersama.

4. Ambil langkah pertama

Setelah membuat tujuan dan mencapai pemahaman bersama tentang peran masing-masing, bersiaplah untuk memulai bisnis.

Anda harus bekerja keras, meminta pertanggungjawaban satu sama lain, dan saling memotivasi dan memberdayakan untuk maju bersama.

Ke depannya, Anda mungkin akan memiliki argumen dan memiliki sudut pandang yang berbeda dengan pasangan.

Kunci untuk menghadapi hal itu adalah perspektif. Luangkan waktu untuk melihat sesuatu dari sudut pandang pasangan. Terima seluruh pendapat pasangan dan meresponsnya dengan baik.

5. Rayakan kemenangan

Terakhir, luangkan waktu untuk merayakan kemenangan dari bisnis yang sudah dijalankan bersama pasangan. Misalnya Anda dan pasangan melakukan perjalanan bersama ketika ada waktu luang. Hal ini dilakukan bukan untuk menjaga bisnis tetap berjalan baik saja, tetapi juga menjaga keharmonisan hubungan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.