Sukses

Surveyor Indonesia Untung Rp 155 Miliar sepanjang 2021

PT Surveyor Indonesia kembali mencatatkan pendapatan positif sepanjang 2021.

Liputan6.com, Jakarta PT Surveyor Indonesia kembali mencatatkan pendapatan positif  sepanjang 2021. Perseroan mampu meningkatkan pendapatan 13,07 persen serta laba bersih yang naik 51,88 persen setelah audit (audited) dibandingkan 2020.

Perolehan tersebut dipaparkan Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono dalam Closing Meeting Laporan Keuangan PT Surveyor Indonesia dan Entitas Anak Tahun Buku 2021.

"Pendapatan 2021 mengalami peningkatan dari Rp 1,4 triliun di 2020 menjadi Rp 1,6 triliun. Sedangkan laba bersih naik dari Rp 102 miliar di 2020 menjadi Rp 155 miliar di 2021," ujar Haris, Senin (7/3/2022).

Haris menyampaikan pencapaian positif BUMN ini juga terjadi pada jumlah aset Surveyor Indonesia yang mencapai Rp 1,9 triliun pada 2021 atau tumbuh delapan persen dibanding 2020 yang sebesar Rp 159 miliar.

Haris menyebut torehan positif tersebut tak lepas dari transformasi perusahaan seperti yang diarahkan Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam beberapa tahun terakhir, SI telah melakukan sejumlah transformasi yang meliputi penerapan nilai AKHLAK pada aspek-aspek kinerja dan layanan perusahaan, serta hadir melalui layanan-layanan yang membantu mendorong pergerakan ekonomi nasional di tengah situasi pandemi, salah satunya melalui SafeGuard Label SIBV

"Kami menyadari situasi pandemi menyulitkan banyak bisnis dan tempat-tempat aktivitas masyarakat, maka dengan mengedepankan nilai Harmonis dan Kolaboratif, kami bekerja bersama banyak pihak untuk menghadirkan rasa nyaman bagi masyarakat untuk tetap produktif di tengah pandemi," ujar Haris.

"Kami juga hadir bersama industri dalam berbagai skala, membantu mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri, industri halal nasional, serta pertumbuhan industri kecil dan menengah," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen

Haris mengungkapkan hasil audit keuangan ini akan dijadikan pegangan dalam menentukan arahan dan kebijakan strategis perusahaan.

“Terlepas dari hasil audit ini, mari bersama-sama berkomitmen untuk melakukan tindak lanjut yang sesuai dan diperlukan, serta bersama-sama memantau kegiatan di masing-masing direktorat agar dapat bergerak dengan lebih efisien dan impactful dalam mengeksekusi keputusan-keputusan strategis,” tegas Haris.

Berdasarkan hasil audit tersebut, Laporan Keuangan Konsolidasian PT Surveyor Indonesia dan Entitas Anak Tahun Buku 2021 diberikan penilaian opini Wajar Tanpa Modifikasian dengan kategori “sehat” dengan tingkat penggolongan AA dengan skor penilaian 89,50.

Dengan kata lain, PT Surveyor Indonesia merupakan perusahaan yang “sehat” dalam aspek keuangan, operasional, dan administrasi. Opini yang sama turut diberikan untuk Laporan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Surveyor Indonesia yaitu Wajar Tanpa Modifikasian.

Haris mengatakan manajemen akan terus melakukan transformasi dalam menjaga pertumbuhan dan meningkatkan kinerja perusahaan ke depan. Surveyor Indonesia, Haris katakan, telah memiliki sejumlah rencana strategis seperti peningkatan kompetensi SDM yang mampu mendorong pertumbuhan dan penyebaran layanan secara lebih luas, serta fokus pada regional dan inovasi yang sesuai dengan potensi kewilayahan.

Acara ini yang turut dihadiri oleh Dewan Komisaris dan Jajaran Direksi PT Surveyor Indonesia, serta perwakilan dari Kantor Akuntan Publik (KAP) PKF Hadiwinata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.