Sukses

Turis Asing Bebas Karantina Bisa Jadi Blunder, Waspada!

Pengamat menilai wacana pembebasan karantina bagi wisatawan mancanegara akan jadi kebijakan yang blunder.

Liputan6.com, Jakarta Pengamat menilai wacana pembebasan karantina bagi wisatawan mancanegara akan jadi kebijakan yang blunder. Pasalnya, jumlah karantina tak bisa jadi kunci mendorong tingkat kunjungan wisata.

Ekonom dari Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) Nailul Huda menyebut pembebasan karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dikhawatirkan meningkatkan sebaran kasus.

"Dari sisi wisman, pembebasan karantina saya rasa bisa menjadi blunder ketika kasus naik kembali dan menurunkan lagi pariwisata dari domestik. Saya rasa saat ini perlu karantina sembari mendorong pariwisata dari wisawatan domestik," kata dia kepada Liputan6.com, Selasa (1/3/2022).

Diketahui, sebelumnya Menteri Kooridnator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut akan mulai uji coba PPLN tanpa karantina di Bali. Ini jadi salah satu langkah pemerintah mendorong minat pariwisata ke tanah air.

Menurut data yang dimilikinya, Bali jadi wilayah yang paling terdampak pandemi. Alasannya, kegiatan pariwisata tak bergerak leluasa akibat berbagai pembatasan

"Pada Q4 2021 meskipun pengetatan mobilitas dilonggarkan namun ancaman omicorn nampaknya membuat masyarakat masih enggan berwisata utamanya ke Bali karena faktor 'wisman asing' yang kerap dicap sebagai pembawa virus omicorn. Adanya karantina maupun travel bubble saya rasa belum meningkatkan permintaan pariwisata," terangnya.

Ia menilai dalam mendorong pariwisata itu perlu memperhatikan faktor-faktor lainnya. Misalnya, laju kasus positif covid-19 di Bali atau daerah wisata lain. Hal ini, kata Huda sangat berperan dalam memengaruhi keinginan masyarakat berwisata.

Husa mengamini kondisi Bali masih belum bangun akibat dampak pandemi. Pada kuartal IV 2021, pertumbuhan ekononi Bali hanya tumbuh 0,51 persen. Sedangkan pada kuartal sebelumnya terkontraksi meski secara nasional tumbuh positif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisatawan Domestik

Lebih lanjut, Huda menuturkan pemerintah lebih baik konsentrasi terlebih dahulu pada wisatawan domestik. Alasannya, wisatawan domestik ini juga sedang gencar berwidata.

"Ini kan sudah mulai nanjak lagi permintaan pariwisata tp memang dari domestik. Contohnya puncak yang kemarin macet," kata dia.

Malahan, kata dia, wisatawan domestik pun tak kalah dengan wisatawan mancanegara, apalagi terkait multiplier effect yang diciptakan. Harapannya, semakin meningkatnya wisatawan domestik, akan memperkuat peetumbuhan ekonomi.

"Wisatawan domestik ini bisa menjadi pemicu pemulihan sektor ekonomi. Ketika wisatawan mancanegara dilarang masuk karena kekhawatiran membawa virus, maka kita menggenjot wisatawan domestik. Toh ya wisatawan domestik juga bisa menggenjot perekonomian karena muliplier effectnya besar," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.