Sukses

Menko Luhut: Kasus Omicron Terkendali

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengklaim, kasus penyebaran Covid-19 varian omicron kini sudah cukup terkendali.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengklaim, kasus penyebaran Covid-19 varian omicron kini sudah cukup terkendali. 

Pernyataan itu keluar pasca menggelar rapat terbatas evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berlevel bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya.

"Saya sampaikan, kasus omicron terkendali," kata Luhut dalam sesi teleconference, Senin (21/2/2022).

Namun, Luhut tak menyangkal jika penularan omicron di Indonesia saat ini masih sangat tinggi. Itu terlihat dari angka kematian akibat Covid-19 yang masih di atas 100 orang per hari.

Menurut data yang dibacakannya, mayoritas kasus meninggal dialami para penderita komorbid. Paling banyak terjadi pada penderita diabetes militus, dan 69 persen diantaranya belum mendapat vaksin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Baik dari Kasus Delta

Kendati begitu, Luhut menyatakan situasinya masih jauh lebih baik dibandingkan puncak kasus varian delta pada pertengahan tahun lalu.

"Meski penambahan kasus melebihi tren delta, tapi kondisi rawat inap dan kematian masih di bawah delta," ujar Luhut.

Itu terlihat dari catatan pemerintah, dimana kasus konfirmasi harian di DKI Jakarta, Banten, dan Bali sudah mengalami penurunan selama 7 hari terakhir. Selain itu, tingkat keterisian di rumah sakit di juga menurun.

 

"Hingga hari ini jumlah keterisian rawat inap rumah sakit di Jawa-Bali masih jauh di bawah keterisian varian Delta," tegas Luhut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
    Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

    Luhut Binsar Pandjaitan

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Omicron Covid

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

    PPKM

  • Luhut