Sukses

Sambut MotoGP dan G20, Luhut Minta Hotel Sajikan Kuliner Khas Indonesia

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta pengusaha hotel manfaatkan peluang dalam kegiatan internasional, seperti Presidensi G20 dan MotoGP di Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha hotel dan restoran di Indonesia diingatkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan supaya bisa memanfaatkan peluang dalam kegiatan internasional, seperti Presidensi G20 dan MotoGP di Mandalika.

"Ini merupakan, bagi Indonesia untuk bisa mengambil peluang dalam penyelenggaraan G20 dan MotoGP di Indonesia. Inilah kesempatan sekaligus tantangan bagi kita untuk memberikan layanan terbaik para pengunjung," kata Luhut dalam Rakernas PHRI 2022, Rabu (9/2/2022).

Di sisi lain, momentum internasional itu juga bisa memberikan kesempatan untuk membantu UMKM lokal. Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mewajibkan kementerian/lembaga (K/L) untuk membeli produk dalam negeri 40-50 persen.

"Di mana kita tahu APBN mengalokasikan Rp 1.200 triliun untuk pengadaan berbagai macam barang. Nah, itu dari pemerintah didorong mungkin secara bertahap Rp 500 triliun itu diproduksi oleh UMKM kita. Di sinilah pariwisata memainkan perannya," ujar Luhut.

Menko Luhut juga mendorong pengusaha hotel dan restoran untuk menduniakan kuliner, bumbu atau rempah Indonesia melalui program Spice Up The World.

"Kiranya hotel dan restoran mampu mengambil bagian untuk menyajikan kuliner khas Nusantara dari olahan bumbu dan rempah Indonesia. Juru masak Indonesia di mancanegara juga diimbau untuk mulai memperkenalkan masakan khas Indonesia di hotel dan restoran mancanegara dan menambah restoran di mancanegara," imbuhnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkenalkan Masakan Khas Indonesia

Begitu juga para juru masak Indonesia di mancanegara diimbau untuk mulai memperkenalkan masakan khas Indonesia di hotel dan restoran mancanegara, dengan menghadirkan makanan Indonesia dan menambah jumlah restoran di mancanegara.

 “Diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Saya optimistis untuk membangun industri pariwisata melalui hotel dan restoran dengan cara yang luar biasa,” pungkas Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.