Sukses

Mengenal Rijani Tirtoso, Sosok Ketua Dewan Direktur Baru LPEI

Sri Mulyani Indrawati, baru saja melantik Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Rijani Tirtoso

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, baru saja melantik Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Rijani Tirtoso menggantikan Daniel James Rompas.

Menkeu berharap, Direktur Eksekutif LPEI yang baru Rijani Tirtoso bisa menjalankan tugasnya secara profesional dan berintegritas.

“Semoga sosok Bu Rijani sebagai nahkoda baru @indonesiaeximbank yang baru ini dapat kuat, tegar, dan confident dalam melanjutkan kepemimpinan dan menjalankan mission LPEI sebagai fasilitator, aggregator, dan connector dalam mendorong ekspor nasional Indonesia dengan terus menjunjung tinggi nilai profesionalisme dan integritas,” kata Menkeu Sri Mulyani dikutip dari akun instagram @smindrawati, Rabu (5/1/2022).

Tak hanya itu, Menkeu berpesan kepada Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif yang baru dilantik agar bersama-sama seluruh jajaran, untuk terus memperbaiki kinerja LPEI baik dari sisi keuangan maupun dalam fungsi dan tugas guna mendorong ekspor di Indonesia.

Lantaran, Ekspor merupakan engine of growth penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Sebab, LPEI merupakan Special Mission Vehicle (SMV) Kemenkeu yang didesain untuk mampu menjawab masalah-masalah ekspor yang tidak bisa dijawab oleh institusi biasa.

Lantas siapa soso Rijani Tirtoso? Berikut profilnya yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (5/1/2022).

Nama Rijani Tirtoso memang jarang terdengar di kalangan masyarakat. Namun, perempuan kelahiran Jakarta, 5 November 1961 ini aktif di Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern (FKSPI).

Dia merampungkan pendidikan tingginya di Institut Pertanian Bogor dan lulus pada 1984 dengan gelar Sarjana - Keahlian Tanah. Kemudian, Riyani mengambil S2 Magister - General Management di University Of Illinois At Urbana-Champaign Amerika Serikat pada 1994.

Setelah terjun ke dunia kerja, banyak jabatan yang pernah diemban. Salah satunya, RIjani pernah menjabat sebagai Group Head Corporate Credit Risk Management PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2005 - 2008).

Jabatannya berlanjut sebagai Group Head Internal Audit PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2008), SEVP Internal Audit PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2008 - 2015), SEVP Retail Risk PT Bank Mandiri (Persero) Tbk  (2015 - 2019), Project Advisor of Business Process Reengineering PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (2019), dan Member of the Board of Directors of Indonesia Eximbank (2019 - sekarang).

Rijani juga pernah menjadi sekretaris eksekutif Agus Martowardojo saat menjabat sebagai Direktur Utama Bank Exim, Rijani disebut-sebut sebagai orang dekat dan tangan kanan Agus yang saat itu menjabat sebagai Menteri Keuangan RI.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Nyalon Dewan Komisioner OJK

Menariknya, nama Rijani Tirtoso muncul di media terkait dengan pencalonan dirinya sebagai Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) pada saat itu. Rijani menjalani serangkaian tahapan proses seleksi fit and proper test calon anggota komisioner Otoritas Jasa Keuangan.

Rijani sendiri mendapatkan rekomendasi dari presiden SBY untuk mengisi posisi Ketua Dewan Audit, bersaing dengan Ilya Avianti, Plt. Auditor Utama VII keuangan negara dan staf ahli BPK RI. Hasil akhirnya, Rijani gagal maju sebagai anggota DK OJK dengan perolehan suara hanya 1 suara.

Kendati begitu, pengalaman pencalonan tersebut membuktikan banyak ke publik seperti apa kiprah dan keahliannya di bidang audit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.