Sukses

Deretan Direksi BUMN yang Dirombak Erick Thohir Sepanjang 2021

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah gencar melakukan transformasi. Apalagi sejak Erick Thohir menjabat sebagai menteri.

Imbasnya sejumlah perusahaan pelat merah di bawah Kementerian BUMN pun ikut menyesuaikan sejumlah perubahan. Misalnya dengan merubah susunan direksi untuk mendorong transformasi di tubuh perusahaan negara.

Paling baru, sekitar sepekan lalu, Erick merombak direksi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. Donny Arsal didapuk jadi Direktur Utama SIG,, hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

RUPSLB juga mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Hendi Prio Santoso sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk .

RUPSLB Semen Indonesia juga memberhentikan dengan hormat Benny Wendry Sebagai Direktur Produksi; Tri Abdisatrijo sebagai Direktur Engineering dan Proyek; Fadjar Judisiawan sebagai Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha; dan Tina T Kemala Intan sebagai Direktur SDM dan Hukum.

“Rapat juga mengubah nomenklatur jabatan Direksi Perseroan yaitu semula Direktur Produksi menjadi Direktur Operasi; Direktur SDM dan Hukum menjadi Direktur SDM dan Umum, serta meniadakan jabatan Direktur Engineering dan Proyek,”demikian mengutip dari keterangan tertulis, Selasa pekan ini.

Selanjutnya, Rapat mengangkat Donny Arsal Sebagai Direktur Utama. Selain itu, Yosviandri ditunjuk sebagai Direktur Operasi; Aulia Mulki Oemar sebagai Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha; dan Agung Wiharto sebagai sebagai Direktur SDM dan Umum.

Direksi Bukit Asam

Selang dua hari sejak penunjukkan Donny Arsal menjadi Dirut SIG, Menteri Erick menunjuk pucuk direksi di PT Bukit Asam Tbk. Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memutuskan perubahan susunan direksi dan komisaris pada Kamis, (23/12/2021).

Hasil RUPSLB PT Bukit Asam Tbk mengangkat Arsal Ismail sebagai Direktur Utama (Dirut) perseroan. Arsal Ismail menggantikan Suryo Eko Hadianto

Dalam RUPSLB PT Bukit Asam Tbk juga mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Suryo Eko Hadianto sebagai direktur utama perseroan. Selain itu, Dwi Fatan Lilyana sebagai direktur sumber daya manusia (SDM), dan Fuad Iskandar Zulkarnain Fachroeddin sebagai direktur pengembangan usaha. Selain itu, pemberhentian dengan hormat Jhoni Ginting sebagai komisaris.

"RUPSLB juga menyetujui pengangkatan bapak Arsal Ismail sebagai direktur utama, dan bapak Suherman sebagai direktur sumber daya manusia (SDM), bapak Raviandra sebagai direktur pengembangan dan usaha, dan ibu Devy Praditya Paramita sebagai komisaris," ujar Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam Tbk, Apollonius Andwie saat konferensi pers, Kamis pekan ini.

Direksi Antam

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menyetujui perubahan jajaran manajemen perusahaan. RUPSLB memutuskan mengangkat Nicolas D. Kanter sebagai Direktur Utama Antam, menggantikan Dana Amin.

“Perseroan mengucapkan terima kasih atas dedikasi kepada yang diganti. Terima kasih atas kontribusi pengurus yang diganti,” kata Corporate Secretary Antam Yulan Kustiyan dalam video konferensi usai RUPSLB, Kamis (23/12/2021).

Sebagai informasi, Nicolas sebelumnya merupakan Komisaris PT Vale Indonesia Tbk (INCO) sejak 29 April 2021. Dia juga pernah menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO PT Vale Indonesia Tbk selama sembilan tahun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Direksi PT Timah

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tahun buku 2021 PT Timah Tbk (TINS) menetapkan perubahan direksi dan komisaris perseroan pada Kamis, (23/12/2021).

Hasil RUPSLB PT Timah Tbk memutuskan mengangkat Achmad Ardianto sebagai Direktur Utama PT Timah Tbk. Ia menggantikan M.Riza Pahlevi Tabrani.

Direktur Keuangan PT Timah Tbk yang semula dijabat oleh Wibisono digantikan oleh M Krisna Sjarif. Kemudian posisi Direktur SDM semula dijabat oleh Muhammad Rizki digantikan oleh Yenita. Selanjutnya Direktur Operasi yang semula dijabat oleh Agung Pratama berganti dengan Alwin Albar dan Direktur Pengembangan Usaha yang semula dijabat oleh Alwin Albar digantikan oleh Purwoko.

Dirut PLN

Diawal Desember 2021, Menteri Erick juga menggeser jabatan Direktur Utama PT PLN (Persero). Ia menunjuk wakil direktur utama, Darmawan Prasodjo menggantikan Zulkifli Zaini mengemban posisi Direktur Utama BUMN listrik itu.

Surat Keputusan RUPS penunjukkan Darmawan Prasodjo disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Pusat PT PLN (Persero) di Jakarta dan berlaku sejak 6 Desember 2021.

Erick pun berpesan kepada Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN yang baru, untuk melanjutkan upaya transformasi yang telah dilakukan dapat terus ditingkatkan.

“Transisi energi yang dilakukan PLN perlu dilakukan terobosan sehingga tidak membebani negara dan masyarakat,” ungkap Erick.

Direksi Sang Hyang Seri

Perusahaan pelat merah dalam klaster pangan pun tak luput dari perhatian Menteri Erick. Pada awal Desember 2021, berdekatan dengan penggantian Dirut PLN, Erick munjuk Dirut baru untuk PT Sang Hyang Seri (Persero).

Menteri BUMN, Erick Thohir menunjuk Maryono sebagai Direktur Utama PT Sang Hyang Seri (Persero) pasca penggabungan atau merger. Diketahui, Maryono bukan sosok baru di BUMN. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertani (Persero).

Hasil RUPS tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-380/MBU/12/2021 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi PT Sang Hyang Seri (Persero).

"Selain mengangkat Maryono sebagai Dirut PT Sang Hyang Seri (Persero), RUPS juga menunjuk Karyawan Gunarso sebagai Direktur Produksi PT Sang Hyang Seri (Persero), Ferry sebagai Direktur Komersial PT Sang Hyang Seri (Persero) dan Kaspiyah sebagai Direktur Keuangan dan SDM PT Sang Hyang Seri (Persero)," kata Sekretaris Perusahaan Sang Hyang Seri, Muslih di Jakarta.

 

3 dari 4 halaman

Direksi RNI

Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI.

Penetapan itu sesuai Keputusan Menteri BUMN SK-377/MBU/12/ 2021 tanggal 2 Desember 2021.

Kementerian BUMN juga mengalihkan Penugasan kepada dua Direksi RNI diantaranya Endang Suraningsih, yang semula menjabat sebagai Direktur Manajemen Aset dan SDM menjadi Direktur SDM.

Kedua, Thomas Hadinata, yang semula menjabat sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Pupuk Indonesia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak susunan dan nomenklatur direksi PT Pupuk Indonesia (Persero). Perombakan tersebut tertuang dalam SK-237/MBU/07/2021 tanggal 16 Juli 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas, Dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Pupuk Indonesia.

Erick Thohir mengangkat Listiarini Dewajanti menjadi Direktur Keuangan dan Investasi. Posisi  Listiarini ini menggantikan Eko Taufik Wibowo. Listiarini sebelumnya menjabat sebagai Senior Executive Vice President (SEVP) Treasury & Global Service BRI.

Erick Thohir juga menambah nomenklatur Pupuk Indonesia yaitu Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha. Untuk menduduki posisi ini diangkat Jamsaton Nababan yang sebelumnya adalah Direktur Utama PT Pertamina EP Cepu.

Nomenklatur Direktorat SDM & Tata Kelola juga diubah menjadi Direktorat SDM, Tata Kelola, dan Manajemen Risiko. Saat ini posisi tersebut dijabat oleh Winardi.

 

4 dari 4 halaman

Brantas Abipraya

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Brantas Abipraya (Persero) dengan mengangkat dua direksi baru. Perombakan direksi guna memperkuat kinerja perusahaan. 

Hal ini pun tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor SK-231/MBU/07/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Brantas Abipraya.

“Iya benar terdapat pergantian susunan direksi, telah ditetapkan Sugeng Rochadi sebagai Direktur Utama Brantas Abipraya menggantikan Bambang E. Marsono yang telah berakhir masa jabatannya selama dua periode memimpin,” ujar Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Miftakhul Anas  di Jakarta, Senin (12/7/2021).

Dalam Kepmen tersebut, juga telah diangkat Mohammad Toha Fauzi sebagai Direktur Operasi I menempati posisi yang sebelumnya dijabat oleh Catur Prabowo.

Direksi PT PAL

Menteri BUMN Erick Thohir mengubah nomenklatur dan merombak jabatan Direksi PT PAL Indonesia (Persero). Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK- 196/MBU/06/2021 tanggal 15 Juni 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero).

Dalam Surat keputusan tersebut, Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat kepada Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan Bapak Kuntjoro Pinardi dan Direktur Keuangan Bapak Irianto dan mengukuhkan pemberhentian dengan hormat untuk (Alm) Ibu Etty Soewardani.

Selain itu juga dilakukan pengangkatan kepada Cut Meutia Adrina sebagai Komisaris Independen Perusahaan Perseroan (Persero), Oggy Achmad Kosasih sebagai Direktur Keuangan Manajemen Resiko, Wing Antariksa sebagai Direktur SDM dan Umum, Wilgo Zainar sebagai Direktur Pemasaran.

Kementerian BUMN juga memutuskan untuk mengubah nomenklatur jabatan Direktur Keuangan menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko yang kini dijabat oleh Oggy Achmad Antariksa. Sementara itu, Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan menjadi Direktur Pemasaran yang kini dijabat oleh Wilgo Zainar.