Sukses

Biar Tidak Kecewa, Perhatikan 4 Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Asuransi kesehatan semakin dibutuhkan terlebih sejak adanya pandemi Covid-19. Bahkan yang awalnya tidak tahu dan menggunakan, kemudian berkeinginan besar untuk bergabung.

Namun untuk memilih asuransi kesehatan ini, perlu beberapa pertimbangan supaya tidak menyesal di kemudian hari ketika digunakan.

Salah satu pendiri sekaligus CEO Bimaplan Vikul Goyal mengatakan, asuransi kesehatan digunakan tentunya untuk membantu seseorang dalam masa pengobatan.

“Sebuah polis asuransi kesehatan dicari untuk membantu meringankan sejumlah besar biaya pengobatan. Meskipun penting untuk membeli paket kesehatan yang memenuhi kebutuhan medis Anda dan keluarga, tetapi tetap penting untuk menyesuaikannya dengan anggaran,” tuturnya seperti melansir laman Financial Express, Rabu (29/12/2021).

Oleh karena itu, pilihlah paket yang terjangkau. Akan tetapi, pastikan pula asuransi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Supaya tidak menyesal, berikut ini hal-hal yang harus Anda pastikan sebelum membeli asuransi kesehatan.

1. Cek pengeluaran asuransi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa pengeluaran kesehatan keluarga dan perkirakan kebutuhannya.

Mungkin hal ini harus didasarkan pada pengalaman Anda, teman, atau keluarga lainnya. Selain itu, coba perkirakan kemungkinan biaya rawat inap jika hal itu harus terjadi.

Ini mungkin termasuk biaya perawatan dan operasi selama kecelakaan, penyakit kritis, infeksi musiman, atau bahkan karena Covid-19.

Faktor-faktor ini akan membantu Anda memutuskan asuransi mana yang sekiranya cocok dengan mempertimbangkan jumlahnya.

2. Cari paket dengan fitur yang diinginkan

Selanjutnya carilah paket dengan fitur sesuai keinginan Anda. Mungkin Anda bisa mempertimbangkannya berdasarkan kebutuhan, preferensi, dan keterjangkauan.

Di sisi lain para ahli menyarankan bahwa tiap orang sebaiknya memilih fitur paket termasuk batas sewa kamar, manfaat bersalin, ambulans darurat, durasi pra dan pasca rawat inap, prosedur penitipan anak, pemeriksaan kesehatan pelengkap, hingga rawat inap di rumah.

 

2 dari 2 halaman

3. Cek layanan tambahan

Selain pilih asuransi sesuai keinginan, lebih baik lagi bila Anda bisa mendapat layanan tambahan. Jadi, coba cek layanan tambahan yang tersedia di asuransi yang sudah Anda pilih tersebut.

Ini bisa berupa cakupan atau manfaat tambahan yang akan memberikan OPD/konsultasi jarak jauh atay uang tunai rumah sakit untuk manfaat harian tetap.

“Manfaat tambahan ini dapat membantu menutupi hilangnya pendapatan harian atau biaya tak terduga lainnya seperti perjalanan, makanan, dan penginapan. Pilih paket top-up untuk cakupan ekstra dengan biaya rendah, ”tambah Goyal.

4. Cari perusahaan yang berkualitas dan cek proses klaim

Terakhir, untuk menggunakan asuransi saat Anda sedang butuh, jangan lupa untuk memilih perusahaan asuransi atau perantara yang berkualitas. Di samping itu, coba cari tahu bagaimana proses klaim asuransi kesehatan tersebut.

Goyal menjelaskan, “Lihatlah tingkat penyelesaian klaim dari perusahaan asuransi. Informasi ini biasanya tersedia di situs web perusahaan asuransi. Anda juga dapat meminta agen Anda untuk informasi yang diperlukan.”

Lebih lanjut dia mengatakan, “Di saat-saat yang tidak pasti seperti inilah asuransi jiwa dapat memberikan perlindungan dari kejadian yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting untuk mengedukasi keluarga dan memanfaatkan asuransi sebagai kebutuhan di tengah pandemi.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati