Sukses

Tips Efektif Kelola Keuangan agar Bayar Tagihan Tepat Waktu

Oleh sebab itu, lebih baik Anda menghindari hal ini jika memang tidak memiliki alasan yang kuat untuk melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta Selain membeli secara cash atau tunai, banyak orang pun tertarik dengan pembelian barang dengan sistem kredit. Namun, pembelian dengan cara ini sebaiknya dihindari jika memang tidak memiliki alasan yang kuat.

Pembelian barang dengan sistem pinjaman atau kredit hanya akan menambahkan kewajiban Anda untuk ke depannya. Tentunya Anda harus membayar tagihan tersebut setiap bulannya hingga barang lunas terbayarkan. Oleh sebab itu, lebih baik Anda menghindari hal ini jika memang tidak memiliki alasan yang kuat untuk melakukannya.

Salah satu CEO sekaligus Co-founder SmartCoin Rohit Garg mengatakan, setiap orang sebaiknya memiliki kemampuan mengelola uang yang baik. Keterampilan itu pun perlu ditanamkan sejak dini.

“Kemampuan paling berguna yang harus Anda miliki adalah mengelola keuangan dengan baik. Ini adalah keterampilan yang harus ditanamkan pada seseorang sejak dini.

Di samping itu, tetap saja bebas utang adalah pembebasan tertinggi. Mendapatkan kredit atau pinjaman tidaklah sulit, namun beberapa orang sering kesulitan untuk mengembalikan pinjaman tepat waktu,” jelasnya seperti melansir laman Financial Express, Sabtu (25/12/2021).

Jika memang memiliki alasan yang kuat untuk mengambil pinjaman atau kredit, Anda harus pandai mengelola keuangan menjadi lebih baik lagi. Selain untuk membayar tagihan tepat waktu, Anda juga harus memikirkan kesuksesan finansial di masa depan.

Bila Anda bingung harus melakukannya mulai dari mana, Garg memiliki solusinya. Menurutnya, berikut ini adalah beberapa prinsip atau praktik keuangan yang bisa diterapkan dalam pengelolaan uang secara efektif.

Anda juga bisa melakukannya ketika bingung bagaimana mengelola keuangan supaya bisa membayar tagihan dengan cepat dan tepat waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengumpulkan dana darurat

Hidup tidak selalu berjalan dengan mulus. Musibah atau hal tak terduga lainnya pasti akan terjadi. Atas dasar itu, setiap orang seharusnya memiliki dana darurat. Pada saat terdesak, uang itulah yang kemudian digunakan.

Selain menyisihkan uang untuk membayar tagihan tepat waktu, Anda juga harus menabung sejumlah uang dari gaji untuk dana darurat. Mungkin Anda dapat menyimpannya dalam aset likuid atau apa pun yang fungsinya mirip dengan deposito tetap. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa Anda akan terus menerima sejumlah pemasukan di samping uang tunai lain yang digunakan untuk keperluan lain.

Berpegang teguh pada anggaran

Hanya karena mampu menghasilkan banyak uang, bukan berarti Anda harus berfoya-foya. Tidak ada gunanya jika Anda menghabiskan uang untuk hal-hal yang bukan termasuk kebutuhan. Oleh karena itu, tetap berpegang teguh pada anggaran dan menaatinya maka Anda bisa mengelola keuangan secara lebih efektif bahkan mampu mencapai kesuksesan finansial.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan tentunya mencegah pembelian secara impulsif. Selain itu, Anda pun perlu mengontrol penggunaan kartu kredit. Sebab, kartu kredit merupakan salah satu sumber utang yang bias menghasilkan bunga cukup besar.

Pertahankan skor kredit

Untuk bisa melakukan pinjaman atau kredit, Anda perlu memiliki skor atau riwayat kredit yang baik. Semakin baik atau tinggi skor, semakin cepat pula Anda mendapat persetujuan.

Di samping itu, mempertahankan skor kredit ini berhubungan dengan pembayaran tagihan. Ketika Anda mampu membayar tepat waktu, maka skor kredit akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika Anda selalu telat dalam pembayaran maka skor kredit menjadi buruk dan sulit mendapat persetujuan. Jadi, bayarlah tagihan tepat waktu agar Anda bisa mempertahankan skor kredit tetap baik.

“Mengurus keuangan adalah pekerjaan besar. Namun, jika Anda tetap berpegang pada strategi keuangan yang disebutkan di atas, Anda akan dapat mengatasi masalah apa pun yang menghadang, ”kata Garg.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.