Sukses

Mengenang Haji Lulung, Pengusaha yang Memulai Bisnis dari Kios Kecil di Tanah Abang

Semasa hidupnya, Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Haji Lulung sempat beberapa kali menjadi sorotan.

Liputan6.com, Jakarta - Abraham Lunggana atau yang kerap disapa Haji Lulung meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, pada Selasa 14 Desember 21 pukul 10.51 WIB. Haji lulung adalah pengusaha dan politisi kawakan.

Semasa hidupnya, Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini sempat beberapa kali menjadi sorotan.  Selain berpolitik, Haji Lulung juga merupakan seorang pengusaha di kompleks Tanah Abang.

Sejak 1997, ia mulai membangun kios-kios kecil di pinggir tembok Blok F dan dipercaya menjadi manajer di Pertokoan Metro Tanah Abang. Pria kelahiran Jakarta 24 Juli 1959 itu pun diketahui mengelola keamanan, perparkiran dan penagihan utang di wilayah Tanah Abang.

haji Lulung juga pernah menjadi sorotan setelah membawa Lamborghini ketika ia terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta 2014-2019.

Dengan banyaknya lini bisnis yang ia miliki, membuat jumlah kekayaan Haji Lulung menjadi sorotan.

Namun,  jumlah harta kekayaannya tidak diketahui secara detail.

Hal itu dikarenakan ia tidak pernah melaporkan aset atau harta kekayaannya ke KPK dan tidak adanya nama Haji Lulung dalam laman elhkpn.kpk.go.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Haji Lulung Meninggal Dunia, Dimakamkan di TPU Karet Bivak

Haji Lulung meninggal dunia pada Selasa (14/12).

Almarhum disebut menghembuskan nafas terakhir di RS Harapan Kita, Jakarta Barat.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Ketua DPP PPP Ahmad Baidowi, atau yang dikenal sebagai Awiek.

"Inna Lillaahi Wa Innaa Ilaihi Raaji'uun. Baru saja kabar duka cita. Ketua DPW PPP DKI abanda Haji Lulung Meninggal Dunia pada Selasa, 14 Desember 2021 Jam 10.51," kata Awiek pada wartawan, Selasa (14/12/2021).

Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi pada Selasa (14/12) juga mengatakan, almarhum akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

"Rencananya almarhum Haji Lulung akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, sore ini setelah salat Asar," kata Arwani di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.