Sukses

BERANI BERUBAH: Menangguk Rezeki dari Budidaya Lele Bioflok

Rama sukses melakukan budidaya lele bioflok sejak terkena PHK pada bulan Oktober 2020.

Liputan6.com, Jakarta- Terkena PHK di masa pandemi adalah suatu malapetaka. Namun, terkadang musibah justru harus terjadi sebelum jalan rezeki yang jauh lebih baik lagi bisa terbuka.

Hal itulah yang dialami Rama saat dia terkena PHK pada Oktober 2020 dari salah satu pabrik tekstil di Tangerang.

Kehilangan pekerjaan justru membawanya menuju jalan kesuksesan yang lain. Tak ingin hanya berdiam di rumah, akhirnya muncul ide untuk melakukan budidaya lele bioflok.

“Sistem bioflok itu kita harus menggunakan oksigen. Aeratornya kalau untuk di akuarium yang sudah terkenalnya. Dengan kita persiapan pakai probiotik dan obat-obatan yang alami tanpa kimia,” ungkap Rama kepada Tim Berani Berubah.

“Sistem bioflok itu, kita tidak perlu ganti air sampai panen dan air tidak bau,” dia melanjutkan.

Rama memang sempat mengalami kegagalan saat awal mencoba. Namun, dia pantang menyerah, dan tekun belajar secara otodidak melalui Youtube serta teman-teman komunitas di Facebook.

Terus Rama berusaha, sampai akhirnya dia berhasil melakukan panen yang sukses. Sekarang, dia bahkan sudah bisa mengajarkan warga lainnya bagaimana cara melakukan budidaya lele bioflok. 

Menurutnya, budidaya lele bioflok cocok dilakukan saat masa PPKM. Sebab, tantangan mencari pekerjaan membuat banyak orang memiliki banyak waktu di rumah. Waktu yang tentunya bisa dimanfaatkan untuk tetap produktif.

“Sekarang sampai saat ini saya sudah tiga kali panen dan berhasil, tanpa mengganggu lingkungan yang lain,” ujar Rama.

“Apalagi selama Covid-19 ini, PPKM ini, banyak orang yang tadinya kerja, pengin beralih profesi mencoba-coba budidaya di rumah,” Rama mengakhiri.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Air Lele untuk Kangkung

Budidaya lele bioflok ini juga cocok dilakukan bersamaan dengan menanam sayur. Lani Hidayat, Anggota Kelompok Wanita Tani yang juga melakoni budidaya ini, memanfaatkan air kolam lele untuk menanam kangkung.

“Selain lele, kita juga coba-coba tanam sayuran kangkung, yang biasanya kita tanam di tanah, juga ini tanam di aquaponik, dengan memanfaatkan air lele,” ucap Lani.

“Manfaatnya untuk kegiatan ibu-ibu sebagai waktu iseng dan menghasilkan uang untuk tambah-tambah kas RT juga,” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTVIndosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.