Sukses

Jangan Sepelekan, Generasi Muda Melek Digital Bisa Dongkrak PDB Indonesia di 2030

Kemampuan digital yang dimiliki generasi muda diprediksi bisa mendongkrak Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar Rp 4.434 triliun pada 2030.

Liputan6.com, Jakarta Kemampuan digital yang dimiliki generasi muda diprediksi bisa mendongkrak Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar Rp 4.434 triliun pada 2030. Oleh karena itu, generasi ini berperan untuk mendorong aktivitas kewirausahaan.

Tercatat rasio kewirausahaan di Indonesia masih berada di angka 3,47 persen dan didominasi pelaku usaha berusia 25-34 tahun.

Selain mendorong aktivitas kewirausahaan, kemampuan digital generasi muda diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi generasi muda, antara lain kemampuan adaptasi yang tinggi, kompetitif, berjiwa entrepreneur, dan berkarakter.

Ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberi kuliah umum pada kegiatan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Rabu (15/9/2021). 

Ia berharap mahasiswa bisa termotivasi, mengingat Indonesia menjadi digital market terbesar di ASEAN sehingga membuka peluang yang besar.

Upaya untuk mengembangkan ekosistem kewirausahaan diwujudkan melalui kerja sama antara pemerintah dan stakeholder.

Lembaga inkubator dalam hal ini turut berperan mendorong pengembangan dan pertumbuhan wirausaha, seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

“Saya juga berharap perguruan tinggi dapat berkontribusi menjadi inkubator bisnis baru yang mampu mencetak wirausahawan baru yang berkualitas,” papar Menko Airlangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama Antara Pemerintah dan Stakeholder

 

Dukungan pengembangan kemampuan digital diberikan pemerintah melalui Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship, dan Digital Leadership Academy. Tujuannya membantu pengembangan kemampuan digital dari level basic hingga advance.

Selain itu, Pemerintah juga mendorong digitalisasi UMKM untuk meningkatkan produktivitas UMKM.

Selain memberikan kuliah tamu, Menko Airlangga meresmikan Gedung Pusat Inkubasi Bisnis Kewirausahaan UMJ dan menandatangani kerja sama di bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat antara Kemenko Perekonomian dengan UMJ.

“Saya mengucapkan selamat atas pelaksanaan kegiatan PPKMB Universitas Muhammadiyah Jakarta dan semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat mahasiswa, serta membantu menghasilkan pemikiran-pemikiran baru untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi pascapandemi COVID-19.”

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini