Sukses

BGR Logistics Perkuat Bisnis Berbasis Digital Lewat Aplikasi Warung Pangan

BGR Logistics kembali merilis fitur baru aplikasi yaitu WP Supplier yang merupakan salah satu fitur baru pada aplikasi Warung Pangan

Liputan6.com, Jakarta BGR Logistics terus memperkuat sistem bisnisnya berbasis digital. Aplikasi Warung Pangan terus diperkuat demi memaksimalkan sistem bisnis perusahaan.

Sedikit mengulas kembali tentang aplikasi mobile Warung Pangan yang awal mulanya diinisiasi oleh Kementerian Koperasi & UKM dan Kementerian BUMN untuk membantu warung UMKM dalam mendapatkan pasokan bahan pangan dimasa pandemi covid 19 di bulan April tahun 2021 dan memudahkan masyarakat membeli kebutuhan pokok pangan melalui program “Belanja di Warung Tetangga”.

Aplikasi mobile Warung Pangan (WP) resmi di launching pada tanggal 12 Agustus 2020, dan didukung oleh BUMN Klaster Pangan yang diketuai oleh RNI sebagai induk holding dengan anggotanya BUMN yang bergerak di Pangan yaitu Pertani, SHS, Garam, Berdikari, Perinus, Perindo, BGR Logistics dan PPI serta beberapa BUMN lain seperti Bulog dan PTPN.

Adapun BGR logistics berperan sebagai integrator hulu dan hilir dalam bentuk penyediaan aplikasi mobile yang bisa di donload lewat apps store dan google play serta menyediakan fasilitas gudang dan armada logistics yang tersebar di selurih provinsi di Indonesia.

“Saat ini Warung Pangan sudah hadir di 7 kota besar yaitu Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya dan Pangkal Pinang. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 44.000 mitra warung yang terdaftar dan Aplikasi WP ini sudah terkoneksi dengan Bank Himbara, Dana dan Link Aja serta sudah terintegrasi dengan pengusaha kecil dan menengan serta Koperasi dalam pasokan produk pangannya,” tutur Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo dalam keterangannya, Jumat (3/9/2021).

Kuncoro menambahkan bahwa keistimewaan dari aplikasi Warung Pangan ini adalah produk pangan yang di pasok dari daerah pemasok akan di jual di daerah asalnya, sehingga memotong biaya logistik yang selalu menjadi kendala selama ini.

Aplikasi mobile Warung Pangan sudah memiliki beberapa fitur unggulan seperti e-commerce lain yaitu WP Asik untuk pendanaan UMKM yang bisnisnya sudah berjalan melalui dana TJSL dan pendistribusiannya lewat Link Aja, WP fund yang bekerjsama dengan BRI dan Mandiri untuk permodalan Warung UMKM dan juga Koperasi atau pengusaha UMKM yang memasok bahan pangan ke aplikasi WP

Selain itu, masih ada WP Grosir untuk masyarakat yang berminat menjadi pengusaha tapi tidak mempunyai tempat atau warung, WP Enterpreneur yang bekerjasama dengan Jakpro dan Mandiri untuk pemberdayaa mitra WP dalam mengkonsep atau membuat rencana pengembangan bisnis warung atau Usahanya. Dan yang terbaru adalah WP Supplier yang dapat digunakan oleh perorangan atau pengusaha kecil menengah jika ingin memasok produk pangan nya.

Ada juga fitur “mitra get mitra”, yaitu sistem referal code di mana ketika UMKM atau Mitra Warung Pangan merekomendasikan sesama UMKM lainnya untuk bergabung menjadi Mitra Warung Pangan menggunakan referral codel yang dimiliki, maka UMKM yang merekomendasikan akan mendapatkan voucher belanja sebesar 25 ribu secara otomatis di aplikasi Warung Pangan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Baru

Pada kesempatan kali ini BGR Logistics kembali merilis fitur baru aplikasi yaitu WP Supplier yang merupakan salah satu fitur baru pada aplikasi Warung Pangan untuk para pemasok produk pangan agar dapat menjual produk pangannya melalui aplikasi Warung Pangan.

“WP Supplier ini merupakan fitur Warung Pangan berbasis web-based. Bagi perorangan atau pengusaha yang ingin bergabung menjadi pemasok bahan pangan bisa langsung mengakses di website resmi Warung Pangan di www.warungpangan.com” Jelas Kuncoro dalam Talkshow “Warung Pangan, Sahabat Usaha Pangan Untuk Negeri," tambah Dirut.

Chief Operating Officer TaniHub, Sariyo menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Warung Pangan dan memastikan semua pihak di TaniHub bakal terlibat dalam kerjasama yang terjalin antara Warung Pangan dan TaniHub. Dampak yang diberikan tidak hanya ke petani saja tetapi juga menyasar para pelaku UMKM. Ia menegaskan Tanihub siap mensuplai produk pertanian yang masih fresh di Warung Pangan.

“Jadi banyak yang akan bisa dikembangkan mulai dari saling suplai, saling jualan yang memungkinkan, itu paling cepat terjadi. Warung Pangan dan TaniHub sudah menjalin kerjasama dengan pendistibusian buah-buahan ke tenaga kesehatan di Rumah Sakit BUMN dan selanjutnya akan disinergikan terkait logistik pangan dari Hulu ke Hilir,” ujar Sariyo.

Frans Marganda Tambunan, Direktur Komersial RNI mengapresiasi usaha teman-teman dari BGR Logistics untuk pencapaian aplikasi Warung Pangan selama setahun ini.

“Bagi Klaster Pangan, aplikasi Warung Pangan ini melengkapi dari hulu sampai ke hilir, dan adanya BGR Logistics ini menjadi pelengkap sinergitas dari BUMN Klaster Pangan yang dapat menjadi kontrol bagi Pemerintah dalam upaya stabiliisasi stok kesediaan bahan pangan di Indonesia,” ujarnya.

WP Supplier adalah aplikasi web based yang bisa dipakai oleh para pengusaha kecil atau menengah maupun perorangan atau koperasi untuk memasok produk pangan di aplikasi Warung Pangan. WP Supplier dibentuk sebagai salah satu fitur pendukung aplikasi Warung Pangan dalam upaya mendukung ketahanan pangan nasional bersama dengan seluruh pemasok untuk penyerapan produk pangan dan sembako yang lebih optimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.