Sukses

Pendaftaran CPNS 2021 Ditutup, Kapan Mulai Tes?

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengimbau peserta tes CPNS 2021 untuk mulai fokus pada tes setelah alur pendaftaran ditutup Senin (26/7/2021) lalu. Pendaftar yang telah submit dokumen persyaratan diminta untuk menunggu alur selanjutnya CPNS 2021.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono mengatakan saat ini panitia sedang melakukan verifikasi berkas yang di-submit oleh peserta. Ia meminta peserta untuk menunggu hasil seleksi administrasi hingga selesai.

“Saat ini panitia instansi sedang melakukan verifikasi dari para pelamar. Kita tunggu saja yang rencananya pengumuman seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 2-3 Agustus 2021,” katanya saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (28/7/2021).

Lebih lanjut ia meminta peserta untuk menyiapkan diri menghadapi tes CPNS tertulis setelah pengumuman administrasi nanti.

“Para pelamar hendaknya mempersiapkan diri dari sekarang, belajar, menjaga kesehatan,” katanya.

Seperti diketahui, peserta akan menghadapi seleksi kompetensi dasar yang mencakup pengetahuan-pengetahuan kenegaraan dasar termasuk tes wawasan kebangsaan.

Pada masa pembatasan saat ini, Paryono juga mengingatkan peserta untuk sementara mengurangi mobilitas. Pasalnya, memburuknya kondisi dari mobilitas yang dilakukan, dikhawatirkan akan menjadi halangan pada saat tes nanti.

“Mengurangi mobilitas agar pada saat tes CPNS 2021 nanti bisa mengikuti tes tanpa ada halangan,” katanya.

 

 

2 dari 3 halaman

Lokasi Tes CPNS 2021

Sebelumnya, pada sesi tanya jawab yang diadakan oleh Tim Pengaduan dari BKN melalui akun Instagram, disampaikan bahwa lokasi tes CPNS 2021 akan diumumkan pada waktunya.

Menjawab pertanyaan terkait lokasi tes, Tim Pengaduan mengatakan lokasi tes akan disesuaikan dan diumumkan setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.

Kendati beberapa kategori seperti CASN telah bisa memilih lokasi tes, untuk kategori pendaftar PPPK tidak mampu untuk memilih lokasi tes sejak masa pendaftaran.

Meski begitu, Tim Pengaduan memastikan, sekalipun pendaftar telah bisa memilih lokasi tes, fiksasi tempat pendaftar melaksanakan tes akan menunggu informasi resmi dari BKN dan instansi terkait.

“Itu diperhatikan dulu aja. Meski temen-teman sudah bisa milih tempat tesnya, tetap dipastikan nanti pas pengumuman,” katanya.

Hal ini berlaku juga untuk pendaftar CASN yang berada di luar negeri. Sebelumnya, tes dilakukan di KBRI yang ada di negara domisili pendaftar.

“Terkait kondisi saat ini yang masih berlangsung pandemi covid-19, BKN akan meninjau sesuai dengan data yang masuk, jadi teman-teman harap menunggu pengumuman resminya,” tutupnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: