Sukses

Emtek Group Suntik Dana Rp 5,4 Triliun ke Grab Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Emtek Group mengonfirmasi telah berinvestasi sebesar USD 375 juta ( berkisar Rp 5,4 triliun) di perusahaan ride-hailing PT Grab Teknologi Indonesia (Grab). Investasi ini akan diikuti sejumlah kolaborasi antara kedua perusahaan.

"PT Elang Mahkota Teknologi Tbk telah menginvestasikan USD 375 juta di PT Grab Teknologi Indonesia," kata Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek Group), Sutanto Hartono, dalam konferensi pers pada Senin (26/7/2021).

Sutanto mengatakan, dengan investasi ini maka Emtek Group dan Grab akan dapat menjalin suatu kerja sama yang lebih strategis. Kolaborasi keduanya tidak hanya dalam memadukan bisnis yang sudah ada.

"Namun sinergi yang terbentuk akan membuka kesempatan dari kedua entitas untuk dapat mengeksplorasi bisnis di ekosistem bisnis lain yang dapat digarap secara bersama," jelasnya.

Kerja sama keduanya diawali dengan menghadirkan Festival Kota Mapan di Solo, Jawa Tengah, pada September 2021. Program ini untuk mendorong percepatan transformasi digital para pelaku UMKM.

Dijelaskan Sutanto, transformasi bisnis model di Emtek diwujudkan dengan berbagai investasi di berbagai platform. Selain Grab, Emtek juga berinvestasi di perusahaan e-commerce Tanah Air, Bukalapak.

Emtek memulai investasinya di Bukalapak pada 2014, sebuah startup yang berdiri sejak 2010. Keputusan untuk berinvestasi diambil dengan salah satu alasan karena memiliki kesamaan visi, yaitu ingin menciptakan taraf hidup yang lebih baik bagi masyarakat di semua lapisan dengan memajukan UMKM melalui teknologi.

"Dalam upaya mendorong digitalisasi UMKM, kami yakin Emtek Group melalui Grab dan Bukalapak dapat memberikan kontribusi yang konkrit dan bermakna," ungkap Sutanto.

2 dari 3 halaman

Ajak UMKM Masuk Ekosistem Digital

Emtek Grup dan Grab mengumumkan kerja sama dalam upaya memajukan UMKM di Indonesia. Kedua belah pihak bersepakat mempercepat transformasi digital bagi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Indonesia.

Langkah Grab dan Emtek ini juga bagian dalam memperluas inklusi digital dan keuangan untuk seluruh masyarakat Indonesia secara umum serta UMKM secara khusus.

Kedua belah pihak akan memanfaatkan jangkauan dan kekuatan ekosistem yang dimiliki untuk memajukan ekonomi digital di Indonesia. Kerja sama ini akan diawali dengan menghadirkan Festival Kota Mapan.

Peresmian kerja sama dihadiri Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek Group) Sutanto Hartono, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Kemudian Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi serta CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin.

Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek Group) Sutanto Hartono berharap, melalui kerja sama ini semakin banyak UMKM melek digital sehingga bisa bersaing dengan usaha lainnya.

"Kerja sama ini juga memberikan akses terhadap pasar Indonesia dan pasar internasional," kata Sutanto dalam diskusi daring, Jakarta, Senin (26/7/2021).

Acara ini turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

  • PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek) didirikan pada 1983 meliputi industri media, telekomunikasi, dan infrastruktur.
    PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek) didirikan pada 1983 meliputi industri media, telekomunikasi, dan infrastruktur.
    Emtek
  • Grab adalah sebuah perusahaan layanan dan jasa berbasis aplikasi yang berlokasi di Singapura.
    Grab adalah sebuah perusahaan layanan dan jasa berbasis aplikasi yang berlokasi di Singapura.
    Grab