Sukses

83.085 kWh Meter Listrik Pelanggan PLN Diganti, Kenapa?

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan PLN melakukan penggantian kWh meter listrik pelanggan.

Liputan6.com, Jakarta PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya mengganti kWh meter pelanggan. Hingga Juni 2021, total kWh meter yang diganti secara bertahap mencapai 83.085 meter yang terdiri dari 39.812 meter pascabayar dan 43.273 meter prabayar.

Penggantian kWh meter demi menjaga akurasi pengukuran penggunaan listrik di rumah pelanggan.

Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN UID Jakarta Raya menjelaskan bahwa ada beberapa kondisi yang mengharuskan PLN melakukan penggantian.

Kondisinya, antara lain apabila kWh meter dalam kondisi kaca buram/pecah, kondisi kotor yang membuat stand meter sulit untuk dibaca, ditemukan kerusakan atau kelainan dalam meter, serta apabila kWh meter sudah masuk kategori tua.

Doddy mengatakan bahwa kategori kWh meter yang disebut tua adalah apabila melebihi usia 15 tahun untuk kWh meter pascabayar dan di atas 10 tahun untuk kWh meter prabayar.Penggantian yang sudah tua maupun rusak ini sendiri tidak dipungut biaya atau gratis.

“kWh meter merupakan aset PLN, kami bertanggungjawab pada pemeliharaannya, sedangkan tanggungjawab pelanggan adalah instalasi dalam rumah dan peralatan elektronik di dalamnya,” jelas dia.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lapor ke Sini Bila Ingin Ganti

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui apakah kWh meternya termasuk kategori usia tua atau tidak, dapat melihat keterangan tahun pembuatan yang tertera pada kWh meter.

Doddy menyebutkan PLN kini terus berupaya untuk melakukan penggantian kWh meter pelanggan secara bertahap berdasarkan data yang dimiliki PLN, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir.

Dalam melaksanakan penggantian meter ke rumah pelanggan PLN tentunya tetap mengedepankan keamanan dan keselamatan dengan mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

Meski demikian, PLN akan tetap membuka berbagai channel untuk pelanggan yang ingin melaporkan perihal penggantian kWh meternya.

Pelaporan bisa dilakukan melalui Contact Center PLN 123, yaitu Telepon (kode area) 123, FB PLN 123, Twitter @pln_123, IG @pln123_official atau melalui aplikasi PLN Mobile.

“Tidak hanya penggantian meter saja, jika pelanggan mengalami kendala pada meternya juga dapat menghubungi salah satu channel Contact Center kami atau via aplikasi PLN Mobile,” pungkas Doddy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.