Sukses

BERANI BERUBAH: Bos EO Banting Setir Jadi Kurir Pengantar Makanan

Liputan6.com, Jakarta - Malvin Juan Metekohi dulunya memiliki bisnis Event Organizer (EO). Namun saat pandemi hadir di Tanah Air, dia harus berberat hati menghentikan usahanya. Sebab, aturan jaga jarak membuat acara besar tak mungkin dilakukan.

Meski begitu, dia tak bisa hanya terdiam merenungkan nasib. Malvin harus tetap mencari cara agar bisa berpenghasilan. Tak lama pun terbersit ide untuk menjadi kurir pengantar makanan. Walau terbilang drastis, dia memilih untuk Berani Berubah untuk menambah pendapatan.

“Saya tidak ada perasaan gengsi. Karena menurut saya, apa pun pekerjaan yang saya lakukan, selama ini halal, buat saya itu akan menjadi berkah tersendiri,” tutur Malvin kepada Tim Berani Berubah.

“Jadi saya tidak ada rasa gengsi sedikit pun. Baik dengan saudara, dengan teman, sahabat, atau dengan orang-orang yang mengenal saya sebelumnya,” lanjut dia.

Dimulai sejak awal 2020, sekarang Malvin menikmati profesi barunya sebagai kurir pengantar makanan. Selama menjalani profesinya, banyak hal unik yang dia alami. Hal-hal kecil seperti itulah yang menjadi penyemangat dia setiap harinya.

Malvin pun tidak menggunakan motor. Dia asyik mengantar makanan dengan bersepeda. Meski begitu, makanan selalu sampai tepat waktu pada pelanggan.

“Dukanya sendiri menurut saya, ketika situasinya sedang hujan. Tapi dengan tekat, saya tetap mengantarkan,” ujar Malvin.

“Saya terobos dengan jas hujan secepat-cepatnya untuk bisa mengantarkan makanan ini kepada pelanggan, supaya makanannya tidak keburu dingin,” sambungnya.

 

2 dari 3 halaman

Buang Gengsi Demi Bertahan

Malvin pun kembali menekankan pentingnya membuang rasa gengsi di tengah kondisi pandemi. Sebab, situasi sulit ini sudah berat untuk dilalui, apalagi dengan ditambah gengsi.

“Bagi saya bekerja itu sebuah keharusan. Jadi selama apa yang kita lakukan itu halal, kita nggak perlu malu, nggak perlu gengsi,” ungkapnya.

“Saya merasa bahwa pekerjaan mengantar makanan dengan sepeda ini cukup menolong saya. Pendapatan sendiri saya stabil setiap bulannya,” Malvin mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTVIndosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: