Sukses

3 Alasan Pentingnya Membuka Rekening Tabungan

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dapat dilakukan rekening tabungan untuk Anda? Selain mendapatkan bunga, ada banyak alasan yang meyakinkan mengapa membuka rekening tabungan masuk akal secara finansial.

Selama pandemi Covid-19 banyak orang yang berjuang untuk menabung, sementara sebagian lainnya tidak menabung. Salah satu alasan potensial untuk hal ini mungkin karena banyak yang tidak aktif menggunakan rekening tabungan.

Sederhananya, rekening tabungan memungkinkan Anda menyimpan uang yang ingin Anda akses kapan saja. Uang yang disimpan di rekening tabungan menghasilkan bunga setiap tahunnya.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengapa Anda harus memiliki rekening tabungan dan beberapa cara untuk membuatnya bekerja untuk Anda, dilansir dari Citibank.ae, Minggu (29/5/2021).

Dapatkan bunga dan imbalan

Salah satu manfaat yang jelas dari rekening tabungan adalah Anda dapat membuat uang Anda bekerja untuk Anda hanya dengan membiarkannya duduk dan menghasilkan bunga. Ingatlah bahwa semakin banyak Anda menyetor, semakin banyak bunga yang dapat Anda hasilkan seiring waktu.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga mendapatkan suku bunga preferensial untuk simpanan yang lebih besar jadi pastikan Anda memeriksa dengan bank Anda.

Selain mendapatkan bunga, beberapa bank menawarkan fasilitas dan hadiah kepada pelanggan yang menabung dan mempertahankan saldo tertentu dari waktu ke waktu. Banyak bank memiliki program hak istimewa yang mendorong pelanggan untuk menabung dengan menghadiahi mereka.

Jadikanlah menabung sebagai kebiasaan

Menyimpan bisa jadi sulit. Menyisihkan sejumlah uang segera setelah gaji Anda dikreditkan adalah salah satu cara efektif untuk mengekang pengeluaran impulsif dan memastikan bahwa Anda menabung secara teratur.

Setelah rekening tabungan Anda disiapkan, proses pengelolaannya sebenarnya cukup sederhana dan tidak merepotkan. Anda kemungkinan besar tidak perlu melakukan banyak hal selain memeriksa laporan bulanan untuk melihat saldo dan bunga yang diperoleh.

Orang yang tidak menabung untuk tujuan tertentu dapat menggunakan rekening tabungannya sebagai dana darurat. Pakar keuangan pribadi merekomendasikan memiliki setidaknya tiga hingga enam bulan biaya hidup dalam tabungan yang dapat membantu Anda jika terjadi kesulitan keuangan.

Sederhanakan keuangan Anda

Jika tabungan dan giro Anda berada di bank yang sama, menghubungkan keduanya terbukti praktis dan nyaman. Misalnya, Anda dapat dengan mudah mentransfer uang antar kedua akun saat dibutuhkan.

Anda juga dapat mengatur agar dana secara otomatis dikurangkan dari rekening tabungan Anda, jika saldo pada rekening Anda saat ini tidak cukup untuk menutupi tagihan dan pembayaran. Opsi ini dapat membantu Anda menghindari biaya atau denda; namun, fitur tersebut dapat berbeda dari satu bank ke bank lain, jadi pastikan untuk memeriksa dengan penyedia Anda.

 

2 dari 3 halaman

Tips Memulai Menabung

Beberapa tips untuk Anda mulai menabung:

1. Tetapkan tujuan: Anda lebih cenderung menumbuhkan tabungan Anda jika Anda menetapkan target realistis yang dapat Anda capai.

2. Otomatis: Siapkan transfer otomatis ke rekening tabungan Anda setiap bulan. Ini akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah karena akan sulit untuk tetap disiplin jika tidak.

3. Baca syarat dan ketentuan: Syarat dan ketentuan pada rekening tabungan mungkin sangat berbeda dari satu lembaga keuangan ke lembaga keuangan lainnya. Meskipun beberapa bank mungkin memerlukan saldo minimum token, yang lain mungkin menetapkan ambang batas yang relatif curam untuk mempertahankan akun Anda atau memenuhi syarat untuk mendapatkan bunga.

Dengan mengikuti tip-tip ini, Anda dapat menemukan manfaat luas dari membuka dan memelihara rekening tabungan. Begitu Anda terbiasa menyisihkan uang, pola pikir dan kebiasaan Anda akan berangsur-angsur berubah hingga menabung menjadi semudah membelanjakannya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: