Sukses

Pengunjung Mal di Jakarta Melonjak pada Libur Waisak 2021

Liputan6.com, Jakarta - Mal-mal di ibu kota Jakarta mencatatkan kenaikan pengunjung pada hari libur Waisak 2021 ini. Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja.

"Terpantau ada peningkatan tingkat kunjungan ke Pusat Perbelanjaan (di libur Waisak)," ungkap dia saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (26/5).

Kendati demikian, Alphonzus mengaku belum bisa memberikan data peningkatan jumlah pengunjung mal hingga Rabu siang ini. Mengingat, proses rekapitulasi data pengunjung baru bisa dilakukan pengelola ketika waktu operasional mal telah berakhir.

"Jumlah presentasi kenaikan belum dapat dipastikan karena harus menunggu data sampai dengan jam operasional selesai nanti malam ya," ungkapnya.

Dia memastikan, pengelola mal tetap patuh untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam mengantisipasi kenaikan pengunjung. Tujuannya untuk mencegah risiko penularan virus Covid-19.

Selain itu, aturan untuk penerapan protokol kesehatan juga mengacu pada ketentuan yang berlaku. Mengingat, pemerintah masih terus berupaya untuk memerangi penularan virus corona jenis baru tersebut di Indonesia.

"Mungkin itu yang bisa disampaikan, Terima kasih," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Mal Tetap Sepi Meskipun Ada Larangan Mudik

Larangan mudik di tengah libur Lebaran ternyata tidak memberikan dampak ebsar kepada tingkat kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan atau mal. Tingkat kunjungan warga ke mal justru turun selama Idul Fitri. 

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan selama Idul Fitri  pada 13 dan 14 Mei 2021 masih di bawah tingkat kunjungan pada saat puncak yaitu menjelang Idul Fitri yang lalu atau pada 1 dan 2 Mei 2021.

"Tingkat kunjungan ke mal selama dua hari lalu adalah hanya sekitar 70 persen - 80 persen dibandingkan tingkat kunjungan pada saat puncak kunjungan menjelang Idul Fitri yang lalu (1 dan 2 Mei 2021)," jelasnya kepada merdeka.com, Senin (17/5/2021).

Adapun peningkatan tingkat kunjungan terjadi lebih tinggi sedikit di kota-kota besar khususnya di Jabodetabek dibandingkan kota-kota lainnya sehubungan dengan adanya ketentuan larangan mudik.

Di samping itu, dia juga memprediksi tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan atau mal pada beberapa hari kedepan diperkirakan kurang lebih akan sama saja dan bahkan akan cenderung mulai melandai.

"Karena akan mulai memasuki low season mulai hari Senin ini," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: