Sukses

Sandiaga Uno Minta Masyarakat Manfaatkan Libur Lebaran dengan Berwisata Lokal

Seluruh masyarakat yang berwisata harus mematuhi kebijakan PPKM skala mikro yang diterapkan pemerintah daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno meminta masyarakat untuk memanfaatkan waktu libur Lebaran dengan berkunjung ke lokasi wisata lokal. mengingat pada tahun ini pemerintah melarang masyarakat untuk mudik. 

"Masyarakat dapat tetap berwisata ke sejumlah destinasi lokal selama libur lebaran," kata Sandiaga Uno dalam keterangan persnya, Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Hanya saja, seluruh masyarakat yang berwisata katanya harus mematuhi kebijakan PPKM skala mikro yang diterapkan pemerintah daerah. Termasuk, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplindi destinasi wisata.

"Mudik dilarang, kegiatan (masyarakat) pun mengacu kepada PPKM skala mikro, termasuk juga kegiatan masyarakat berwisata lokal," papar Sandiaga Uno.

"Dan ada aglomerasi-aglomerasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah untuk dipatuhi," sambung Sandiaga Uno.

Sandiaga menjelaskan berdasarkan data, setiap usai masa liburan, akan ada peningkatan kasus terkonfirmasi positif . Seperti halnya pasca libur lebaran, libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun lalu.

Jumlah peningkatan kasus covid-19 pasca libur lebaran melonjak hingga 94 persen. Sedangkan peningkatan kasus covid-19 pasca libur Nataru mencapai sebesar 70 persen.

"Jadi keputusan pemerintah untuk meniadakan mudik dan secara tegas melarang mudik itu betul-betul dilandasi dari data-data, bahwa kalau ada pergerakan secara masif seperti lebaran dan Nataru mengakibatkan lonjakan yang sangat signifikan dari penularan virus covid-19," papar Sandiaga Uno.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbuah Manis

Lewat sejumlah langkah tersebut, Sandiaga berharap agar kepatuhan masyarakat untuk tidak mudik dan menjaga protokol kesehatan dapat berbuah manis. Sehingga penularan covid-19 pasca libur lebaran bisa terkendali. Pada akhirnya, perekonomian, termasuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan kembali pulih.

"Saya harap dengan kepatuhan kita terhadap keputusan pemerintah, maka kita bisa menekan angka penularan covid-19 yang agak sedikit merangkak naik sekarang," ungkap Sandiaga.

Untuk itu butuh kerja sama semua pihak. Dia memohon agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Jadi ini butuh seluruh kerjasama, saya mohon sekali bantuan dari segenap masyarakat di seluruh pelosok nusantara untuk patuh terhadap protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.