Sukses

60 Persen BUMN Belum Punya Direksi Perempuan

Wakil Menteri I BUMN Pahala Mansury mengatakan pentingnya keterwakilan perempuan dalam mengambil keputusan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Womens Day 2021 yang diperingati setiap 8 Maret, Wakil Menteri I BUMN Pahala Mansury mengatakan pentingnya keterwakilan perempuan dalam mengambil keputusan.

“Kami percaya perempuan bisa dan berhak untuk menjadi apapun. Keterwakilan perempuan untuk pengambilan keputusan adalah merupakan keharusan bagi kita. Namun harus diwujudkan secara berkelanjutan,” kata Pahala dalam acara Ring the Bell for Gender Equality 2021, Selasa (9/8/2021).

Pahala percaya perusahaan dengan talenta dan pemimpin perempuan yang berdaya dan berperan besar, tentunya juga akan berpengaruh terhadap  sisi ekonomi dan sosial perusahaan.

Artinya perusahaan-perusahaan khususnya di BUMN yang nanti akan memiliki peran bagaimana mengembangkan talenta terbaik yang berasal dari perempuan.

“Di BUMN sendiri khususnya di level direksi sudah 33,6 persen BUMN yang memiliki keterwakilan perempuannya di atas 15 persen. Jadi untuk BUMN saat ini meskipun belum sangat baik, keterwakilan dari perempuan sudah cukup baik,” katanya.

Namun masih ada 7 persen BUMN yang memiliki keterwakilan di bawah 15 persen. Bahkan saat ini masih ada 60 persen BUMN yang di level direksi sama sekali belum memiliki keterwakilan perempuan di direksinya.

“Tentunya ini menjadi sebuah momen penting bagi kita semua untuk menyatukan langkah dan juga visi kita bersama bagaimana kita secara bersama-sama bisa melakukan berbagai upaya inisiatif untuk bisa melakukan peningkatan keterwakilan perempuan di segala level yang ada di BUMN maupun di berbagai institusi yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BUMN Penggerak Ekonomi

Lebih lanjut Pahala mengatakan, BUMN saat ini merupakan salah satu penggerak ekonomi di Indonesia. Sepertiga dari perekonomian di Indonesia saat ini disumbangkan oleh BUMN, BUMN bisa berperan untuk mentransformasikan menjadi tempat yang aman didorong oleh peran perempuan di dalam berbagai bagian aktivitas yang dilakukan oleh BUMN-BUMN.

“Bagaimana perempuan bisa berdaya, berkarya dan berperan lebih lagi hingga ke level tingkat pimpinan bahkan ke tingkat pimpinan yang paling tertinggi sekalipun,” ujarnya.

Oleh karena itu berbagai transformasi dan upaya-upaya  yang sudah dilakukan oleh Menteri Erick  Thohir yang ingin dan akan mewujudkan untuk kemajuan fundamental BUMN ini adalah bagaimana dapat meningkatkan keterampilan perempuan dan milenial BUMN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.