Sukses

Dalam Sehari 160 Ribu Orang Divaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Ketua KPC PEN, Airlangga Hartarto, mengatakan dalam satu hari sudah ada sekitar 160 ribu orang yang menerima vaksin Covid-19. Dengan begitu, pemerintah akan menargetkan imunisasi untuk mencegah dari paparan virus Corona ini bisa meningkat menjadi 500 ribu per hari.

"Sekarang sekitar 160 ribuan per hari. Nanti targetnya naik jadi 500 ribu per hari," kata Airlangga dalam Rapat Kerja Nasional BNPB di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Bila target 500 ribu vaksinasi berhasil dilakukan, pemerintah akan kembali meningkatkan targetnya menjadi 1 juta orang divaksin setiap harinya.

"Nanti akan naik lagi jadi 1 juta per hari," ujarnya.

Target peningkatan penerima vaksin ini sangat penting baginya. Sebab, dia ingin vaksinasi selesai dilakukan.

"Rate vaksin ini jadi penting (karena) targetnya tahun ini bisa vaksinasi semua," kata dia.

Meski begitu, Airlangga mengakui perlu didorong dengan berbagai alat kelengkapannya. Seperti ketersediaan vaksin dan vaksinatornya.

"Tentu hal ini harus seimbang dengan vaksinator dan ketersediaan vaksin," kata dia mengakhiri.

Anisyah Al Faqir

Merdeka.com

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Menko Airlangga: Vaksinasi Covid-19 Selesai Akhir 2021

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah menargetkan program vaksinasi nasional akan selesai pada akhir tahun ini. Vaksinasi ini menargetkan 182 juta masyarakat di luar usia 19 tahun ke bawah.

Vaksinasi ini, kata Airlangga, merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi yang sehat untuk mencapai imunitas keseluruhan atau herd immunity.

"Arahan Bapak Presiden, 182 juta masyarakat yang di luar usia 19 tahun ke bawah itu divaksin secara keseluruhan. Hingga targetnya akhir tahun ini semuanya bisa divaksin," kata Airlangga dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 Hari ke-4 pada Selasa (9/3/2021).

Untuk mencapai target, tingkat vaksinasi akan menentukan pencapaiannya. Oleh sebab itu, pemerintah akan menaikkan target vaksinasi secara bertahap.

"Sekarang sekitar 160 ribuan, kemudian target berikutnya dinaikkan menjadi 500 ribuan, lalu satu juta per hari. Tentu harus seimbang antara kesiapan vaksinator dan ketersediaan vaksin," kata Airlangga yang juga merupakan Ketua KPCPEN.

Program vaksinasi bertujuan untuk menekan angka positif Covid-19 dan mendorong pergerakan ekonomi.

Pemerintah pun memastikan masyarakat mendapatkan vaksin Covid-19 agar bisa melakukan mobilitas dan menggerakkan perekonomian.

Selain menjaga protokol kesehatan, ia pun menekankan pentingnya tracing, testing, dan treatment (3T).

"3T Ini menjadi kunci karena penanganan dari hulu itu sehat dulu, yang sehat itu yang bergerak punya mobilitas. Untuk yang sakit agar mendapatkan penanganan yang baik, dan kita mendorong agar penanganannya secara nasional itu relatif punya standar lebih baik," ungkapnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: