Sukses

4 Upaya Bank Indonesia Sukseskan Karya Kreatif Indonesia 2021

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, mengatakan ada 4 hal upaya yang dilakukan BI dalam rangka mendukung Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 "Eksotisme Lombok" Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia.

“Dalam kesempatan ini kami sampaikan 4 hal untuk mendukung karya kreatif pemerintah dan gernas BBI dan  gerakan nasional berwisata di Indonesia saja, yang pertama disampaikan untuk kali ini adalah eksotisme Lombok,” kata Perry dalam Pembukaan KKI, secara virtual, Rabu (3/3/2021).

Menurutnya KKI seri 1 “Eksotisme Lombok” ini tidak hanya ajakan untuk berwisata ke alam Lombok, melainkan juga menawarkan berbagai produk-produk daerah budaya lokal unggulan.

Upaya kedua, BI terus memperkuat, memperluas,  penggunaan QR Indonesia standar di masyarakat. Dan BI berupaya menjadikan QR Indonesia Standar sebagai satu-satunya  alat pembayaran yang mudah dan cepat.

“Kami kerahkan 46 kantor kantor, terima kasih Pak Menko dan seluruh menteri Kementerian Lembaga. Kami terima kasih para Pemda, kepada para perbankan, para asosiasi sistem pembayaran fintech, para marketplace yang terus melancarkan gerakan untuk QR Indonesia standar,” ungkapnya.

Perry pun meyakini target 12 juta merchant yang menggunakan QR Indonesia Standar akan tercapai dalam waktu dekat. Oleh karena itu BI terus memperbaiki fitur-fiturnya, seperti fitur tanpa tatap muka, tarik dan setor serta transfer akan semakin dipermudah.

“Ketiga adalah sebagai arahan dari Pak Menko juga kami mengunggah dengan platform digital kami sudah lakukan E-katalog. E-katalog baik produknya UMKM Bank Indonesia maupun juga dari Pemda yang sudah kami dan kurator beserta dekranas maupun dekranasda nanti di unggah,” katanya.

Keempat, BI terus melakukan berbagai Sinergi dengan berbagai Kementerian/Lembaga. Karena ia tahu untuk mensukseskan UMKM adalah kolaborasi.

 “Kami tahu bahwa suksesnya UMKM adalah atas dasar kolaborasi Sinergi. Terima kasih Pak Menko yang sangat kuat mengajak kita semua, Pak sandiaga Uno, para gubernur bupati semuanya terus bersinergi gotong royong. Mari kita terus kuatkan Sinergi ini agar betul-betul gernas BBI dan bangga berwisata di Indonesia terus kita lakukan,” pungkasnya.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Gubernur BI: Ayo Belanja, Belanja, dan Belanja

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk belanja produk UMKM. Belanja ini khususnya di NTB baik jajaran Menteri, pimpinan Eselon 1 dan 2 serta pegawai Bank Indonesia.

Instruksi ini dilakukan untuk turut mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata.

“Akhirnya ini Gubernur BI dengan sengaja hari ini langsung meminta ayo belanja, belanja, belanja. Pak Menko terima kasih nanti setelah ini harus belanja Pak Teten, Pak Sandiaga Uno, Pak Joni Pak Gubernur NTB ayo belanja-belanja UMKM,” kata Perry dalam Pembukaan KKI 2021, Eksotisme Lombok, Rabu (3/3/2021).

Untuk mempermudah belanja produk UMKM, Bank Indonesia menciptakan kemudahan melalui QR Indonesia Standar (QRIS) dan e-catalog. Sehingga berbagai pihak baik dari Kementerian/Lembaga bisa dengan mudah berbelanja produk UMKM.

 “Begitu mudah dengan QRIS dan e-katalog, dengan e-catalog mari kita dengan juga Eselon 1 dan 2 Kami juga perintahkan para pimpinan dan pegawai  belanja-belanja UMKM para perbankan ayo belanja belanja ibu-ibu ayo belanja untuk mensukseskan UMKM ini,” ajaknya.

Dirinya menjamin produk-produk UMKM yang diunggah di platform digital melalui e-catalog itu kualitasnya baik. Ini lantaran sudah melalui kurasi dari Dekranas maupun Dekranasda, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai kualitasnya.

“Sebagai arahan dari Pak Menko juga, kami mengunggah dengan platform digital kami sudah lakukan E-catalog. E-catalog baik produknya UMKM Bank Indonesia maupun juga dari Pemda yang sudah kami dan kurator bersama dekranas maupun dekranasda,” katanya.

“Kami juga ajak  bahwa belanja UMKM begitu mudahnya ada QR Indonesia Standar dan E-catalog tinggal sentuh dan kemudian bisa kita lakukan. Mari kita terus kuatkan Sinergi ini agar betul-betul gernas BBI dan bangga berwisata di Indonesia terus kita lakukan,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: