Sukses

Buat Anak Sekolah, Simak Yuk Cara Benar Atur Duit

Liputan6.com, Jakarta Ketika lulus dari sekolah menengah atas (SMA), berbagai macam pilihan telah tersedia. Mungkin Anda berencana untuk meneruskan pendidikan dengan berkuliah atau mungkin bekerja. Ada kemungkinan pula untuk berencana mengambil cuti atau memutuskan apa yang harus dilakukan dengan hidup.

Orang tua mungkin bersedia membantu untuk bersiap-siap, atau mereka mungkin mengharapkan Anda untuk menanggung sebagian besar pengeluaran sendiri.

Melansir dari laman the balance, berikut beberapa tips keuangan yang akan membantu para siswa SMA dalam menyiapkan masa depan.

1. Siapkan Anggaran

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan anggaran. Jika berencana untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, Anda harus memasukkan biaya sekolah dan membuat anggaran perguruan tinggi. 

Jika berencana untuk bekerja, Anda perlu memperkirakan berapa biaya untuk modal pindah dan berapa banyak yang perlu disiapkan untuk menabung. Penganggaran mengenai pengeluaran utilitas, pakaian, makanan, dan kesenangan pun perlu dipikirkan. 

2. Bekerja untuk Membangun Kredit

Penting untuk membangun kredit mulai sekarang. Melakukan pembayaran tepat waktu untuk pinjaman mobil atau apartemen dapat membantu melakukan ini. Salah satu pilihan adalah membangun kredit dengan menggunakan kartu kredit, tetapi jika saldo habis, Anda mungkin pada akhirnya akan merugikan diri sendiri dalam jangka panjang. 

Bagian dari membangun kredit yang baik adalah memastikan bahwa Anda tidak membuat kesalahan. Pastikan untuk melunasi saldo secara penuh dan tepat waktu setiap bulan.

3. Rencanakan Masa Depan

Jika tidak membuat rencana keuangan, kemungkinan besar tidak akan siap saat ingin mengambil langkah selanjutnya. Ini dapat mencakup hal-hal seperti membeli mobil baru, membeli rumah, atau menikah. Meskipun acara ini mungkin terdengar seperti akan berlangsung lama, Anda dapat merencanakannya mulai sekarang.

Menyisihkan uang untuk membayar uang muka atau biaya tambahan akan memungkinkan Anda melakukan hal-hal yang  diinginkan saat siap. Jika melanjutkan untuk berkuliah, fokuslah untuk menghindari utang pinjaman mahasiswa. 

Namun, jika ingin langsung bekerja, sebaiknya mulai menabung dari sekarang. Buatlah rencana untuk lima tahun yang akan menguraikan langkah-langkah yang ingin Anda ambil dalam beberapa tahun mendatang.

2 dari 3 halaman

4. Lindungi Diri Sendiri

Pengeluaran biasanya selalu muncul dengan tidak sesuai harapan mulai dari perbaikan mobil hingga tagihan medis. Jika orang tua dapat membantu Anda melalui perguruan tinggi, mereka mungkin bersedia untuk ikut campur dalam hal ini, tetapi pada akhirnya Anda yang akan bertanggung jawab atas pengeluaran ini. 

Sebuah dana darurat dapat membantu untuk menutupi kejadian tak terduga. Mulailah dengan menabung dari penghasilan, kemudian tingkatkan hingga gaji satu tahun saat mengerjakan tujuan keuangan Anda yang lain.

5. Buat Rencana untuk Kuliah

Menyelesaikan gelar sarjana atau mengejar pelatihan kejuruan dapat meningkatkan masa depan keuangan. Jika Anda belum berencana untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, carilah opsi pelatihan lain atau mencari cara lain untuk menyiapkan diri menuju karier yang sukses.

Jika sudah berencana kuliah, Anda perlu menyiapkan anggaran perguruan tinggi dan menentukan berapa banyak yang perlu dihasilkan untuk menutupi biaya kuliah. Meskipun orang tua juga membantu, Anda tetap harus bekerja untuk menghemat uang untuk keperluan tak terduga dan kesenangan lainnya.

6. Cerdas Mengatur Uang

Pastikan Anda membuat pilihan uang yang cerdas ketika lulus. Ini termasuk membayar tagihan tepat waktu dan mengevaluasi keputusan dengan cermat seperti kapan harus mengambil utang tambahan untuk keperluan lain misalnya mobil atau kartu kredit. 

Memulai dengan kebiasaan finansial yang kokoh akan membentuk fondasi yang baik. Alih-alih menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk pulih dari kesalahan, Anda akan berada di depan karena pilihan yang bijak.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini