Sukses

Harga Perak Melonjak 8 Persen, Sentuh Level Tertinggi dalam 8 Tahun

Harga perak berjangka naik 8 persen menjadi USD 29,06 per ounce, menandai kenaikan harga perak dalam satu hari terbesar setidaknya sejak 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Harga perak melonjak pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi waktu Jakarta). Pendorong utama kenaikan harga perak karena ledakan pembelian yang dilakukan oleh investor ritel dari komunitas online Reddit.

Gerakan investor dari komunitas online Reddit tersebut tampaknya mulai melebar dari semula hanya di pasar saham ke pasar logam mulia.

Mengutip CNBC, Selasa (2/2/2021), harga perak berjangka naik 8 persen menjadi USD 29,06 per ounce, menandai kenaikan harga perak dalam satu hari terbesar setidaknya sejak 2013.

Kenaikan harga logam mulia perak ini mengikuti kenaikan harga saham yang berhubungan dengan perak yang sudah dimulai sejak pekan lalu.

The iShares Silver Trust, sebuah reksa dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang dapat dibeli oleh investor ritel naik 8,1 persen pada perdagangan Senin. Ini kenaikan yang cukup besar.

Saham pertambangan perak Coeur Mining dan Pan American Silver masing-masing melonjak 23,1 persen dan 12,1 persen pada perdagangan Senin. Pada perdagangan Kamis dan Jumat pekan sebelumnya, kedua harga saham tersebut sudah naik masing-masing 16,9 persen dan 14,7 persen.

Lonjakan permintaan perak tampaknya terkait dengan investor ritel di forum Reddit WallStreetBets. Investor di forum ini juga telah membantu mendorong aktivitas perdagangan di saham yang sangat pendek seperti GameStop dan AMC Entertainment dalam beberapa pekan terakhir.

Forum tersebut memiliki beberapa utas aktif yang didedikasikan untuk perak pada Minggu malam, dan frasa "#silversqueeze" juga menjadi tren di Twitter.

“Ini adalah target yang sangat berbeda, tetapi fakta bahwa investor ritel dapat menggerakkan harga perak dengan harga yang cukup tinggi, merupakan indikasi bagi semua orang bahwa mereka harus menganggap serius teknis baru ini,” kata kepala analis Allianz Mohamed El-Erian.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipuji

Pergerakan harga perak ini dipuji oleh investor cryptocurrency seperti Bitcoin. Mereka melihat aset digital baru sebagai bagian dari pengganti logam tradisional.

Salah satu pendiri perusahaan cryptocurrency Gemini Cameron Winklevoss mengatakan di twitter. Konsekuensi dari #silversqueeze tidak dapat diremehkan.

Menurutnya, jika terungkap bahwa ada lebih banyak klaim di kertas atas perak daripada jumlah yang tersedia atau jumlah sebenarnya, maka harganya bakal melonjak tajam.

"Bukan tidak mungkin emas akan menjadi yang berikutnya. #Bitcoin memperbaiki ini.” tulis dia.

Lonjakan dramatis harga saham GameStop awal mula dipicu oleh ulah para bandar untuk short sell.

Short sell adalah transaksi pinjam saham untuk dijual ke orang lain dan berharap nanti harganya turun. Setelah harga turun, kamu beli lagi itu saham dan dapat selisih keuntungan dari hasil pembeliannya.

Dalam kasus GameStop, bandar telah menjalankan aksi short sell dengan kuantitas yang besar berharap harganya bisa jatuh.

namun kemudian investor ritel yang tergabung dari Reddit melakukan pembelian besar-besaran sehingga harga saham GameStop tak jadi jatuh sehingga membuat rugi para bandar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.